Sistem Informasi Manajemen Arsip Dinamis Berbasis Microsoft Access pada Lembaga Pendidikan Dasar di Kota Pekanbaru Tahun 2020

https://doi.org/10.22146/khazanah.56664

Dwiyantoro Dwiyantoro(1*), Sri Junandi(2)

(1) PT. CPI
(2) Perpustakaan UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Arsip dinamis (rekod) merupakan salah satu hasil samping dari kegiatan lembaga pendidikan. Arsip dinamis sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah karena arsip merupakan pusat ingatan untuk setiap kegiatan lembaga pendidikan. Akan tetapi, dalam penanganan arsip di sekolah/madrasah masih ditemukan belum berjalan efisien karena dikelola dengan sistem informasi konvensional dan memakan waktu yang relatif lama untuk proses temu kembali. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi manajemen rekod yang dapat mempermudah proses temu kembali arsip yang cepat, akurat, dan efisien. Perancangan sistem informasi ini difokuskan pada arsip kegiatan pendidikan sekolah dasar khususnya untuk akreditasi. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksplorasi. Metode yang digunakan adalah analisis data, perancangan, desain aplikasi, pengujian dan implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan program aplikasi dan aplikasi yang dirancang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah pada proses akreditasi sekolah dasar/madrasah. Sistem perancangan berbasis Microsoft Access dapat membantu bagian administrasi sekolah untuk dapat mengelola arsip secara efektif dan efisien. Pengelolaan arsip secara elektronik akan menjamin kecepatan, kemudahan dan keakuratan temu kembali arsip dinamis untuk mendukung kegiatan pendidikan sekolah dasar/madrasah terutama di lokasi pedesaan dan pedalaman.

Keywords


e-arsip, Microsoft Access, sistem informasi

Full Text:

PDF


References

Buku

Fauzi, H.D. (2007). Memahami Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi. Bandung: Armico.


Komputer, W. (2019). Microsoft Access.  Yogyakarta : Penerbit Andi.


Onelin, T.S. (2001). Microsoft Access Version 2002: Step By Step. Jakarta: Elex Media Komputindo.


Pangestu, D.W. (2007). Teori Dasar Sistem Informasi Manajemen (SIM). IlmuKomputer.com.


Pressman, R.S. (2010). Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.


Suarna, N. (2008). Microsoft Access 2007: Pedoman Panduan Praktikum. Bandung: Yrama Widya.


Sutabri, T. (2015). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi. 


Whitehorn, M & Marklyn, B. (2003). Seluk Beluk Database Relasional. Jakarta: Erlangga.


Jurnal


Hariyanto, S. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Publiciana, 9(1), 80-85.


Latifah, F.; Pratama, AW. (2015). Perancangan Sistem Informasi Managemen Arsip Elektronik (E-Arsip) Berbasis Microsoft Access Pada PT.Hi-Test. Jurnal Akuntansi ekonomi dan managemen bisnis, 3 (1);21-31.


Nahlah, and Amirudin. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Microsoft Access pada Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Ujung Pandang. Jurnal Sainsmat, IV(2), 175–95.


Produk Hukum


Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 13 Tahun 2018. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. (30 April 2018). Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 577. Jakarta.


Terbitan Lembaga


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pedoman Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah 2019.


Skripsi

Sinaga, B.K. dan Mardiyanto (2016). Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Microsoft Access pada PT Bahana Security Indonesia lokasi  Daya Grand Square Makassar. Skripsi. Program Studi D-IV Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Ujung Pandang. Makassar.


Sumber Internet


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. “JUMLAH DATA SATUAN PENDIDIKAN (SEKOLAH) PER KABUPATEN/KOTA : Kota Pekanbaru.” data referensi kementerian pendidikan dan kebudayaan. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=096000&level=2 diakses  tanggal 2 februari 2020.


Kusnandar, V.B. (2018). “Berapa Jumlah Sekolah di Indonesia.” Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/06/23/berapa-jumlah-sekolah-di-indonesia  diakses  tanggal 2 februari 2020.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.56664

Article Metrics

Abstract views : 413 | views : 392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats