Analisis Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Vital Digital (E-Arsip) di PT. Pertamina (Persero) Studi Kasus Praktik Kerja Lapangan di Direktorat Manajemen Data Aset PT. Pertamina (Persero) Tahun 2019

https://doi.org/10.22146/khazanah.51057

Chrisna Adhi Pranoto(1*), Samson CMS(2), Nurmaya Prahatmaja(3)

(1) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Padjadjaran
(2) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Padjadjaran
(3) Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem Informasi Pengelolaan Arsip menjadi salah satu bagian penting yang tidak terpisahkan dari kegiatan mengelola Arsip, terutama di lingkungan PT Pertamina yang dimulai tahun 2019 dengan membuat kebijakan untuk melakukan digitalisasi seluruh Arsip Vital yang dimiliki dan mengusung konsep paperless demi kemudahan dalam menggunakan dan memeliharanya. Analisis pada artikel ini didasarkan pada pengalaman praktik kerja lapangan yang dilakukan oleh penulis di Direktorat Manajemen Data Aset milik PT Pertamina. Metode yang dilakukan untuk menyusun artikel ini adalah dengan action research dan penelitian deskriptif. Sistem Informasi Pengelolaan Arsip yang dimiliki PT Pertamina adalah E-Arsip, yang dirancang untuk mengelola setiap Arsip Vital yang dimiliki PT Pertamina. Analisis yang dilakukan berdasarkan pada evaluasi melalui Assessment form yang dibuat dengan mengacu pada poin-poin penting dari Management of Electronic Records Guidance milik Archives and Records Management Division dari UNESCO PBB. Lembar penilaian yang dibuat menghasilkan evaluasi berupa penilaian, pengujicobaan serta masukan untuk bisa diimplementasikan kedalam sistem informasi E-Arsip. Terdapat 3 (tiga) subjek utama dalam lembar penilaian tersebut, diantaranya adalah administrasi & keamanan, tampilan antar muka pengguna serta konten arsip. Lembar penilaian yang telah disusun dalam penelitian E-Arsip sudah cukup baik dan sangat layak digunakan untuk mengelola arsip vital dalam bentuk digital yang dimiliki oleh PT Pertamina.


Keywords


arsip digital; arsip vital; sistem informasi

Full Text:

PDF


References

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, Jakarta.

bin Ladjamudin, A.-B., & Ladjamudin, A.-B. bin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Kemp, T. J. 2017. International Vital Records Handbook. 7th Edition: Births, Marriages, Deaths. Genealogical Publishing Co. Genealogical Publishing Co.

Mulyanto, A. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Prastowo, A. 2016. Memahami Metode-metode Penelitian, Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis. Ar Ruzz Media, Yogyakarta.

Sujarwadi, V. W. 2014. Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Sukoco, B. M. 2006. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Erlangga. Jakarta.

Kemp, T. J. 2017. International Vital Records Handbook. 7th Edition: Births, Marriages, Deaths. Genealogical Publishing Co, Baltimore.

United Nations Educational Scientific and Cultural Organization. 1990. Management of Electronic Records: Issue and Guidelines. United States, New York.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.51057

Article Metrics

Abstract views : 741 | views : 640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats