Nilai-Nilai Filosofis Gedung Pusat UGM dan Relevansinya Bagi Pengembangan Ilmu

https://doi.org/10.22146/khazanah.50864

Heri Santoso(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk: (1) menginventarisasi, mensistematisasi, dan mengeksplisitasi nilai-nilai filsafat kehidupan yang terkandung dalam unsur-unsur utama arsitektur Gedung Pusat UGM; (2) mengevaluasi secara kritis dan menyusun suatu konsepsi relevansi filsafat kehidupan yang terkandung dalam arsitektur Gedung Pusat UGM bagi pengembangan keilmuan di pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan model penelitian filosofis di lapangan, dengan memadukan data kepustakaan yang ditunjang dengan data lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, nilai-nilai filosofis Gedung Pusat UGM dapat digali dari sejarah dan ajaran filsafat hidup para pendirinya serta makna simbolik yang diwujudkan dalam bentuk arsitektur bangunannya. Kedua, Para pendiri Gedung Pusat UGM mengajarkan tentang keluhuran budi (pengabdian kepada bangsa, keikhlasan, kesabaran, kegigihan, keuletan dan pantang menyerah), serta keluasan ilmu dan pengetahuan yang mampu mengharmoniskan berbagai aliran pemikiran kefilsafatan yang sedang berkembang di masanya, dan merupakan puncak-puncak peradaban dunia; Ketiga, Arsitektur Gedung Pusat UGM mengajarkan tentang keberhasilan ilmuwan UGM, meramu berbagai aliran-aliran pemikiran yang berkembang di dunia dalam ramuan khas Indonesia yang berujung pada karya yang baik, benar, indah dan sakral. Keempat, filosofi Gedung Pusat UGM memberi dasar dan orientasi bagi pengembangan ilmu di UGM pada khususnya dan perguruan tinggi di Indonesia pada umumnya untuk senantiasa membangun berdasarkan jati diri, dengan tetap belajar dan bekerjasama dengan dunia luar demi kemanfaatan dan peningkatan peradaban umat manusia.


Keywords


nilai-nilai; filosofi; gedung pusat; UGM

Full Text:

PDF


References

Bakker, A. & Zubair, A.C., 1994, Metodologi Penelitian Filsafat, Kanisius, Yogyakarta.

Djajadihardja, S., 1956, Etika, Penerbit Soeroengan, Jakarta.

Hadinegoro, GPH, 1951, “Pada peletakan batu pertama pembangunan Gedung Pusat UGM”.

Hadinegoro, Harun, 2008, “Gusti Pangeran Haryo Hadinegoro Sang Arsitek Gedung Pusat UGM”, dalam Filosofi Gedung Pusat UGM, penyunting Sutaryo dan Heri Santoso, PSP Press, PSP UGM, Yogyakarta.

Prodjopangarso, Hardjoso, 2000, “Keterangan Mengenai Gedung Induk (Pusat) Universitas Gadjah Mada”, dalam Filosofi Gedung Pusat UGM, penyunting Sutaryo dan Heri Santoso, PSP Press, PSP UGM, Yogyakarta.

Notonagoro, 1968, Pengantar dan Asas Filsafat, Diktat Kuliah, Fakultas Filsafat UGM.

Santoso, Heri, 2008, Filosofi UGM, SA UGM, Dir PPKB Dirmawa UGM, dan PSP UGM.

___________, 2015, Heri Santoso, 2015, “Nilai-Nilai Ke-UGM-an sebagai Landasan Filosofis Pengembangan Ilmu”, Disertasi, Program Doktor Ilmu Filsafat, Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.

Soekarno, 1959, Pidato Presiden pada Pembukaan Gedung UGM, di Bulaksumur, Yogyarta, 19 Desember 1959.

Sudaryono, 2012, “Filosofi Arsitektur Gedung Pusat, Tinjauan Intertekstual”, dalam Seminar Filosofi dan Arsitektur Gedung Pusat, UGM, Yogyakarta.

Suhartono, Suparlan, 2004, Dasar-Dasar Filsafat, Penerbit Ar Ruzz, Yogyakarta.

Sutaryo dan Heri Santoso, ed., 2008, Filosofi Gedung Pusat UGM, PSP UGM, Yogyakarta.

Dokumen dan Peraturan Perundang Undangan

Peraturan Pemerintah RI No. 67 Tahun 2013 tentang Statuta Universitas Gadjah Mada.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.50864

Article Metrics

Abstract views : 2464 | views : 2235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats