Pengaruh Pengarsipan Dokumen Terhadap Kinerja Dosen di Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran

https://doi.org/10.22146/khazanah.42751

Iis Yati Mulyati(1*)

(1) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pengarsipan terhadap kinerja dosen. Pengarsipan dokumen yang ada dapat membantu kinerja dosen dalam membuat Kontrak Kerja Individu (KKI) yang menghasilkan out put berupa Laporan Kinerja Dosen (LKD), Beban Kinerja Dosen (BKD), Sasaran Kinerja Dosen (SKP) dan realisasi kinerja dari Kontrak Kinerja Individu (KKI). Proses pengarsipan dokumen dilakukan secara rutin setiap ada arsip disimpan dan didokumentasikan, baik arsip fisik maupun alih media. Setiap semester bukti arsip alih media di sebarkan kepada setiap dosen, untuk mengunggah realisasi kinerja masing-masing. Data yang digunakan sebanyak 25 (dua puluh lima) orang dosen di Departemen Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Data tersebut merupakan data pokok dengan analisis yang ditunjang oleh data-data sekunder berdasarkan hasil observasi di lapangan dan beberapa sumber pustaka untuk memperkuat serta memperdalam hasil analisis. Analisis data menggunakan regresi linier . Riset menunjukkan bahwa pengarsipan dokumen berpengaruh terhadap kinerja dosen sebesar 20 (dua puluh) persen. Dengan demikian, seorang arsiparis harus lebih aktif lagi dalam mengelola arsip-arsip dosen. Pengarsipan dokumen semakin baik, maka kinerja dosen akan baik pula.

Keywords


arsip; dokumen; kinerja

Full Text:

PDF


References

B. Davis, Gordon. 1995. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manaj emen Bagian I Pengantar. Seri Manajemen. PPm.

Fandy Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta.

Lestanti Sri dan Susana Ardiana Desi. November 2016. Sistem Pengarsipan Dokumen Guru dan Pegawai Menggunakan Metode Mixtura Modelling Berbasis Web. Jurnal Antivirus. 10 (2).

Narbuko dan Achmadi. 2009. Metodologi Penelitian. Bumi Aksara, Jakarta.

Natapriatna.2001. Kinerja Kepala Sekolah Studi Korelasi Antara Pengetahuan Tentang Manajemen Sekolah dan Sikap Terhadap Jabatan dengan Kinerja Kepala SD di Kotamadya Depok Jakarta. Tesis. IKIP, Jakarta.

Pertiwi Husnia dan Ranu Meylia Elizabeth. 2014 Keefektifan Sistem Informasi Manajemen Kearsipan (SEMAR) Terhadap Penerimaan Kembali Arsip di Kantor Perpustakaan dan Kearsipan
Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP). 2 (2).

Prawirosentono. 1999. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. BPFE, Yogyakarta.

Simanjuntak. 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Sugiarto. 2005. Kamus Administrasi. Gunung Agung, Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Jakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/khazanah.42751

Article Metrics

Abstract views : 731 | views : 476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics

View My Stats