Wirausaha Muda Membangun Desa: Dinamika Partisipasi Pembangunan Desa

https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36817

Dewi Cahyani Puspitasari(1*)

(1) Departemen Sosiologi, FISIPOL Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Potret pembangunan desa mengalami perubahan yaitu paska adanya Undang-Undang Desa yang memunculkan visi dan komitmen baru terhadap desa. Harapan baru perubahan pembangunan bagi desa menjadi fokus para pihak termasuk pemuda. Beragam inisiatif pemuda muncul di beberapa wilayah Indonesia yang dapat memberikan kontribusi positif dalam proses perubahan sosial di desa. Kajian ini bertujuan untuk; pertama, mendeskripsikan  ragam peran dan kapasitas pemuda dalam proses membangun desa dan; kedua, menganalisis potensi dan kapasitas pemuda dalam membangun jejaring untuk keberlanjutan peran pemuda dalam membangun desa. Tinjauan teoritis pembangunan desa, kewirausahaan dan partisipasi pemuda menjadi bagian pembahasan analitis dari kajian ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa para wirausaha muda desa ini memiliki kesediaan untuk menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sosial seperti kemiskinan, minimnya tenaga kerja pertanian maupun rendahnya kualitas pelayanan sosial di desa. Kapasitas pemuda dalam memobilisasi elemen masyarakat desa menjadi bagian penting dalam proses menggerakkan partisipasi warga untuk membangun desa. Implikasinya adalah adanya nilai tambah bagi desa yang muncul dari kemampuan kolektif untuk mendayagunakan potensi maupun aset lokal di desa.


Keywords


pemuda; wirausaha; pembangunan desa; partisipasi

Full Text:

PDF


References

Rahardjo. 2004. Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hillyard, Sam. 2007. The Sociology of Rural Life.UnitedKingdom: Berg Publisher.

Rustiadi, Ernan dan Sugimin Pranoto.2007.Agropolitan: Membangun Ekonomi Perdesaan.Bogor: Crestpent Press.

Rukminto Adi, Isbandi.2008.Intervensi Komunitas: Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Puspitasari, Dewi Cahyani. 2012. Pengorganisasian dan Pengembangan Jaringan Untuk Advokasi Kebijakan dalam Modul Kepemimpinan Pemuda, Kerjasama Kemenpora-Youth Studies Centre (You Sure), FISIPOL,UGM.

Kartika, Ray Septianis. 2013. Peluang Mengembangkan Kewirausahaan Desa Berbasis Potensi Desa (Studi Deskriptif di Desa Karang Rejo, Kecamatan Negeri Katon,Kabupaten Pesawaran,Kampung Suka Jawa, Kecamatan Bumi Ratu, Kabupaten Lampung Tengah dan Desa Sidoasri, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lampung Selatan,Propinsi Lampung). Artikel jurnal binapraja,10 November 2013, diunduh dari www.binaprajajournal.com.

Agusta, Ivanovich dan Fujiartanto (ed).2014.Indeks Kemandirian Desa: Metode,Hasil dan Alokasi Program Pembangunan.Jakarta: Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB dengan Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Dumasari. 2014. Dinamika Pengembangan Masyarakat Partisipatif.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kuratko, Donald. 2014. Introduction to Entrepeneurship.Canada: South-Western Cengage-Learning.

Suharto, Didik. 2016. Membangun Kemandirian Desa (Perbandingan UU No.5/1979, UU No.22/1999,&UU No.32/2004 serta Perspektif UU No.6/2014).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iqbal, Mhd dan Ilham. 2016. Membangun Desa,Membangun Indonesia:Seri Buku: Diskusi Online Indonesia.Surabaya: Pustaka Saga.

Asy’arie, Musa. 2016. Filsafat Kewirausahaan dan Implementasinya: Negara dan Individu.Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam (LESFI).

Damsar dan Indrayani.2016.Pengantar Sosiologi Perdesaan. Jakarta: Kencana.

Zid, Muhamad dan Ahmad Tarmiji Alkhudri.2016. Sosiologi Pedesaan: Teorisasi dan Perkembangan Kajian Pedesaan di Indonesia.Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Puspitasari, Dewi Cahyani. 2016. Wirausaha Sosial Muda Desa: Peran Strategis Pemberdayaan Masyarakat Desa.Makalah Seminar Nasional Universitas Negeri Lampug (UNILA), Lampung, 12 November 2016.

Aulia, Nur Agis. 2014. Kunci Pemberdayaan Masyarakat adalah Berkelompok.diunduh melaluiwww.inilah.com bulan Desember 2016.

Dokumentasi sejarah pengelolaan Nglanggeran diakses melalui www.gunungapipurba.com pada bulan September 2016.

Komunitas Banten Bangun Desa (BBD) diunduh dari http://bantenbangundesa.blogspot.co.id/, November 2016.

Radius, Dwi Bayu. 2016. Petani yang Merdeka diunduh dari http://print.kompas.com/baca/sosok/2016/08/18/Petani-yang-Merdeka, Desember 2016.



DOI: https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.36817

Article Metrics

Abstract views : 1351 | views : 3645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Studi Pemuda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 


  Jurnal Studi Pemuda (Print ISSN 2252-9020; Online ISSN 2527-3639)  is published by the Youth Studies Centre in collaboration with Faculty of Social and Political Science, Universitas Gadjah Mada.  

 

View My Stats