Analisis Kinerja Sistem Photovoltaic Management Platform pada Implementasi Sistem PLTS Hybrid Berbasis Internet of Things Area R&D Syngenta Cikampek

https://doi.org/10.22146/juliet.v5i2.93486

Kurniawan Aprilianto(1), Unan Yusmaniar Oktiawati(2*)

(1) Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) hybrid yang menggabungkan energi surya dengan sumber daya lain seperti baterai atau grid listrik konvensional menjadi pilihan yang relevan untuk memastikan ketersediaan energi yang dapat diandalkan, stabil, dan berkelanjutan. Kinerja photovoltaic management platform yang mengelola proses produksi, distribusi, dan konsumsi energi surya, menjadi kritis dalam menghadapi kompleksitas sistem ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kinerja photovoltaic management platform dalam konteks penerapan PLTS hybrid berbasis internet of things (IoT). Metode analisis data melibatkan pengukuran kualitas pengiriman data (quality of service/QoS) menggunakan standar ITU-T G.1010 pada sistem IoT pemantauan PLTS, serta pengujian Nielsen Attributes of Usability (NAU) pada penggunaan platform manajemen photovoltaic Solarman Smart. Hasil utama penelitian menunjukkan bahwa sistem PLTS yang diuji berkinerja optimal, dengan kualitas layanan jaringan yang tinggi. Platform manajemen PLTS menunjukkan tingkat kinerja usability yang baik, dengan keunggulan usability seperti pemahaman sistem, efisiensi, kemudahan diingat, tingkat error, dan kepuasan pengguna dalam memanfaatkan PV plant Management Platform. Hasil ini memberikan kontribusi positif terhadap kualitas, keandalan, serta kepuasan pemantauan kinerja PLTS secara keseluruhan. Terdapat hubungan yang berbanding lurus antara kualitas jaringan, tingkat kinerja, dan kepentingan usability.


Full Text:

PDF


References

Zulkifli, W. Wilopo, and M. K. Ridwan, “Analisis Kinerja PLTS Rooftop On Grid Pada Gedung Pemerintah dalam Skema Ekspor Impor Energi Studi Kasus : Gedung Kantor Setjen KESDM - Jakarta,” Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 2020.

PT PLN (Persero), “Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik 2021-2030,” Jakarta, 2021.

B. Kencana et al., Panduan Studi Kelayakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat. Jakarta: Indonesia Clean Energy Development II, 2018.

A. Mikola and M. Sari, ‘Analisis Sistem Jaringan Berbasis QoS untuk Hot-Spot Di Institut Shanti Bhuana’, Journal of Information Technology, vol. 2, no. 1, pp. 31–35, 2022, doi: 10.46229/jifotech.v2i1.398.

E. Halim, N. K. Soeprapto Putri, N. Anisa, A. A. Arif, and M. Hebrard, “Usability Testing of Vocabulary Game Prototype Using the Nielsen’s Attributes of Usability (NAU) Method,” in 2021 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), Aug. 2021, pp. 590–594. doi: 10.1109/ICIMTech53080.2021.9534970.

R. Wulandari, ‘Analisis QoS (Quality of Service) Pada Jaringan Internet (STUDI KASUS : UPT LOKA UJI TEKNIK PENAMBANGAN JAMPANG KULON – LIPI)’, Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 162–172, 2016.

K. Benmoussa, M. Laaziri, S. Khoulji, M. L. Kerkeb, and A. El Yamami, ‘Evaluating the Usability of a Moroccan University Research Management Web Platform’, Procedia Manufacturing, vol. 32, pp. 1008–1016, 2019, doi: 10.1016/j.promfg.2019.02.315.

M. G. Pae, ‘Analisis Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid (Angin dan Surya) Di Baron Techno Park Gunungkidul Yogyakarta’, 2018.

A. Syukraini and U. Y. Oktiawati, “Analisis Quality of Service (QoS) pada Sistem Pemantauan Status Kesehatan Berbasis Aplikasi Telegram,” Universitas Gadjah Mada, 2020.

S. Hidayatuloh and N. Zalfayana, ‘Usability Testing Pada Website Bisnis Pikapp Indonesia Dengan Kuesioner Nielsen Attributes Of Usability (NAU)’, TEKINFO, vol. 24, 2023, doi: https://doi.org/10.37817/tekinfo.v24i1.2790.

A. Charisma, A. D. Setiawan, G. Megiyanto Rahmatullah, and M. R. Hidayat, ‘Analysis Quality of Service (QoS) on 4G Telkomsel Networks in Soreang’, TSSA 2019 - 13th International Conference on Telecommunication Systems, Services, and Applications, Proceedings, pp. 145–148, 2019, doi: 10.1109/TSSA48701.2019.8985489.

K. Aelani and Falahah, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire (Studi Kasus Aplikasi Perwalian Online STMIK ‘Amikbandung’),” presented at the Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2012 (SNATI 2012), Yogyakarta, Jun. 2012. [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/2913/2676.

J. Nielsen, Usability Engineering. San Francisco, CA, USA: Morgan Kaufmann Publishers Inc., 1994.

H. Fahmi, ‘Analisis Qos (Quality of Service) Pengukuran Delay, Jitter, Packet Lost Dan Throughput Untuk Mendapatkan Kualitas Kerja Radio Streaming Yang Baik’, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 7, no. 2, pp. 98–105, 2018.

P. R. Utami, ‘Analisis Perbandingan Quality of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless Pada Layanan Internet Service Provider (Isp) Indihome Dan First Media’, Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 25, no. 2, pp. 125–137, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i2.2723.

ITU-T, ‘G.1010: End-user multimedia QoS categories’, International Telecommunications Union, vol. 1010, 2002.

Apriadi, A. Zainuddin, and L. A. S. Irfan, ‘Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Internet Kampus’, Nucl. Phys., vol. 13, no. 1, pp. 104–116, 2017.



DOI: https://doi.org/10.22146/juliet.v5i2.93486

Article Metrics

Abstract views : 574 | views : 991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SINTA 4 accredited based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 225/E/KPT/2022, Vol. 2 No. 1 (2020) - Vol. 6 No. 1 (2025)

e-ISSN: 2746-2536