Persepsi Generasi Z Terhadap Pariwisata Berkelanjutan Pada Destinasi Budaya: Studi Kasus Borobudur

https://doi.org/10.22146/jpt.95415

Kenyo Kharisma Kurniasari(1*), Bonifasius Endo Gauh Perdana(2), Rayhan Alfiano Sukaca Putra(3), Carlos Iban(4)

(1) Universitas Tidar
(2) Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Tidar
(3) Program Studi Pariwisata, Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar
(4) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Generasi Z merupakan generasi yang berpengaruh dalam industri pariwisata. Di masa kini, perilaku mereka dapat mempengaruhi preferensi perjalanan dan persepsi dalam mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan. Generasi ini juga dianggap sebagai generasi yang lebih sadar akan pelestarian lingkungan, sehingga persepsi akan upaya pelestarian lingkungan dan penerapan praktik pariwisata berkelanjutan di suatu destinasi dapat dapat meningkatkan persepsi positif destinasi tersebut. Selain itu, di masa mendatang mereka akan berpartisipasi aktif sebagai pemangku kepentingan pariwisata. Dengan memperhitungkan faktor-faktor yang mempengaruhi dan mengambil langkah-langkah yang sesuai, Destinasi Borobudur dapat memperkuat daya tariknya sebagai tujuan wisata budaya dan mengambil langkah strategis untuk peningkatan upaya pengembangan pariwisata berkelanjutan. Untuk itu, penelitian ini berusaha untuk menungkap faktor yang mempengaruhi persepsi Generasi Z terhadap keberhaasilan penerapan pariwisata berkelanjutan di Destinasi Borobudur. Data didapatkan dengan metode mixed-methods dengan instrumen kuisioner yang dilanjutkan dengan wawancara FGD. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa destinasi Borobudur telah dianggap memberikan dampaik positif bagi industri pariwisata dalam hal peningkatan benefit ekonomi bagi masyarakat sekitar, ikut membantu pelestarian budaya, dan berkontribusi dalam mendukung inklusifitas dengan pemberdayaan perempuan. Namun, strategi pelestarian lingkungan masih dipandang kurang diupayakan, dan pemangku kepentingan di sekitar destinasi perlu untuk menyusun strategi yang lebih baik dalam menjaga keamanan wisatawan pada destinasi.


Keywords


Generasi Z; persepsi wisatawan; pariwisata berkelanjutan; pariwisata budaya

Full Text:

XML


References

Alsaati, T., El-Nakla, S., & El-Nakla, D. (2020). Level of sustainability awareness among university students in the eastern province of Saudi Arabia. Sustainability, 12(8), 3159.

Ardiwidjaja, R. (2020). Pariwisata Budaya. uwais inspirasi indonesia.
BPS. (2020). umlah Penduduk menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, dan Jenis Kelamin, Indonesia. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2/1/0

BPS - Statistics Indonesia. (2020). Hasil Sensus Penduduk 2020. https://demakkab.bps.go.id/news/2021/01/21/67/hasil-sensus-penduduk-2020.html
Du Cros, H., & McKercher, B. (2020). Cultural tourism. Routledge.

Global Sustainable Tourism Council. (2016). GSTC destination criteria. Retrived from: Https://Www. Gstcouncil. Org/Gstc-Criteria/Gstc-Destination-Criteria.

Homer, S. T., & Kanagasapapathy, G. D. (2023). Gen Z perceptions of sustainable tourism: a scale development study. Tourism Recreation Research, 1–16.

Kemenparekraf. (2022). Genpi dan Netas, Perpanjangan Tangan Kemenparekraf Optimalkan Pariwisata dan Ekraf.

Kemenparekraf, R. (n.d.). Destinasi Wisata Berbasis Sustainable Tourism di Indonesia.

Kemenparekraf RI. (2021). ISTC: Mendorong Percepatan Pariwisata Berkelanjutan di Indonesia. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/ISTC%3A-Mendorong-Percepatan-Pariwisata-Berkelanjutan-di-Indonesia

Ketter, E. (2020). Millennial travel: tourism micro-trends of European Generation Y. Journal of Tourism Futures, 7(2), 192–196.
Kurniasari, K. K. (2021). Pariwisata Budaya Berkelanjutan: Persepsi Masyarakat Lokal. Journal of Research on Business and Tourism, 1(1), 62–74.
Lord, B. (2002). Cultural tourism and museums. Cultural Resources Planning and Management Inc, 1, 12.

Mousavi, S. S., Doratli, N., Mousavi, S. N., & Moradiahari, F. (2016). Defining cultural tourism. International Conference on Civil, Architecture and Sustainable Development, 1(2), 70–75.

Nugraheni, A. I. P., Nugraha, B. S., Yuda, N. P., & Pancawati, N. (2019). Persepsi Generasi Milenial Indonesia Terhadap Pariwisata Yang Berkelanjutan. Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah, 13(1).

OECD. (2021). OECD Tourism Trends and Policies 2020. https://www.oecd.org/cfe/tourism/OECD-Tourism-Trends-Policies 2020-Highlights-ENG.pdf
Pranatasari, F. D., & Diva, M. A. (2020). ANALISIS PERBEDAAN PERSEPSI BRAND EQUITY DESTINASI WISATA BOROBUDUR PADA GENERASI X, Y DAN Z. Parsimonia-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 68–79.

Tseng, L.-Y., Chang, J.-H., & Zhu, Y. L. (2021). What drives the travel switching behavior of Chinese Generation Z consumers. Journal of Tourism Futures, ahead-of-print.

UNEP. (2020). The Regional SCP Roadmap. https://www.unep.org/regions/asia-and-pacific/regional-initiatives/supporting-resource-efficiency/asia-pacific-roadmap-3

UNWTO. (2016). The tourism sector and the sustainable development goals: Responsible tourism, a global commitment. UNWTO. http://cf.cdn.unwto.org/sites/all/files/pdf/turismo_responsable_omt_acc.pdf

Widowati, S., Ginaya, G., & Triyuni, N. N. (2019). Penta helix model to develop ecotourism: Empowering the community for economic and ecological sustainability. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 31–46.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpt.95415

Article Metrics

Abstract views : 39 | views : 23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kenyo Kharisma Kurniasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pariwisata Terapan is published by Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia with registered number ISSN 2580-1031 (Print) and ISSN 2580-104x (Online). This website is licensed under a Creative Commons Attribute-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.


free
hit counter View My Stats =======