Kontribusi Virtual Tour Terhadap Pembentukan Citra Afektif Destinasi Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta Selama Masa Pandemi COVID-19
Cerry Surya Pradana(1*), Elisa Dwi Rohani(2), Alfian William Yudhistira(3), Sukma Suci Safitri(4)
(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, menyebabkan penyesuaian pada berbagai macam kegiatan, termasuk dalam bidang pariwisata. Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang terkena dampak pandemi tersebut. Beberapa penyesuaian yang dibuat, misalnya dengan adanya penutupan sementara destinasi wisata, pembatasan kunjungan, hingga penerapan protokol kesehatan pada seluruh aktivitas. Terbatasnya akses bagi wisatawan, menjadi hal yang berdampak besar baik bagi keberlangsungan pariwisata di destinasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan memahami persepsi wisatawan terhadap citra afektif destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, baik yang pernah maupun belum pernah mengunjungi destinasi ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara menggunakan kuisioner, dan studi pustaka. Observasi dilakukan pada aktivitas terkini yang ada di beberapa platform virtual tour. Wawancara dilakukan menggunakan sampel secara convenience sampling, pada 141 orang responden yang telah mengikuti virtual tour. Kuesioner diberikan dalam bentuk daring, yang disajikan dalam google form. Pustaka terkait dengan citra afektif juga digunakan untuk menyiapkan tahapan analisis. Hasil yang diharapkan, penelitian ini mampu menunjukkan persepsi wisatawan terhadap citra afektif di Daerah Istimewa Yogyakarta, selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini memiliki keterbatasan, dikarenakan hanya melihat dari citra afektif tanpa melanjutkannya dengan citra kognitif. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lainnya yang berkaitan dengan citra kognitif dengan tema yang sama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahar, Y.N. (2014). Aplikasi Teknologi Virtual Reality Bagi Pelestarian Bangunan Arsitektur. Jurnal Kostruksi, 13(2), 34-45.
Baloglu, S., & Brinberg, D. (1997). Affective Images of Tourism Destinations. Journal of Travel Research, 35(4), 11–15. https://doi.org/10.1177/004728759703500402.
Baloglu, S., & McCleary, K. W. (1999a). A model of destination image formation. Annals of Tourism Research, 26(4), 868-897. http://dx.doi.org/10.1016/S0160-7383(99)00030-4.
Barnard, D. (2019). History of VR – Timeline of Events and Tech Development. https://virtualspeech.com/blog/history-of-vr. Diakses pada 9 Juni 2020 pukul 19.30 WIB.
Beck, J. Rainoldi, M. and Egger, R. (2019). Virtual reality in tourism: a state- of-the-art review. Tourism Review, https://doi.org/10.1108/TR-03-2017-0049.
Beerli, A., & Martin, J. D. (2004a). Factors influencing destination image. International Annals of Tourism Research, 31(3), 657-681. http://dx.doi.org/10.1016/j.annals.2004.01.010.
Biantoro, D.L. & Harianto, W. (2019). Implementasi Sistem Virtual Reality pada Objek Wisata di Jatim Park. Seminar Nasional FST 2019, 2, 790-796.
Dormehl, L. (2017). 8 Virtual Reality Milestones that Took it from Sci-fi to Your Living Room. https://www.digitaltrends.com/cool-tech/history-of-virtual-reality/. Diakses pada 9 Juni 2020 pukul 19.30 WIB.
Farabi, R., Hidayat, A, & Paulus, E. (2016). Implementasi Simulasi Wisata Shark Cage Diving Dengan Perangkat Virtual Reality Google Cardboard Menggunakan Game Engine Unity 3D. Jurnal Informatika Universitas Padjajaran, https://doi.org/10.24198/jin.v1i1.8606.
Franklin Instutute. (2020). History of Virtual Reality. https://www.fi.edu/virtual- reality/history-of-virtual-reality. Diakses pada 9 Juni 2020 pukul 19.30 WIB.
Guttentag, D. (2010). Virtual Reality: Applications and Implications for Tourism. Tourism Management, 31 (2010) 637-651.
Griffin, T., Giberson, J., Lee, S.H.M., Guttentag, D., & Kandaurova, M. (2017). Virtual Reality and Implications for Destination Marketing. Travel and Tourism Research Association International Conference: advancing Tourism Research Globally 2017, Canada.
Herlando, H. & Kasimun, P.R. (2019). Teknologi Augmented Reality dan Konsep Kontekstual Perancangan Wisata Permainan Tradisional di Kota Tua. Jurnal STUPA, 1(1), 616-623.
Jamil, M. (2018). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality (VR) di Perpustakaan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 1(1) 2018, 99-113.
Karni, N. 2018. Zona Teknologi Popular Taman Pintar Mencuri Perhatian Pengunjung. https://gudeg.net/read/10873/zona-teknologi-popular-taman-pintar-mencuri-perhatian- pengunjung.html. Diakses pada 11 Juni 2020 pukul 18.30 WIB.
Lengkong, O., Kusen, V., & Dauhan, C.B. (2017). Perancangan Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Tempat Wisata di Sulawesi Utara Berbasis Android. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2017 STMIK STIKOM Bali, 10 Agustus 2017, 575-580.
Papadimitriou, D., Apostolopoulou, A., & Kaplanidou, K. (2015). Destination Personality, Affective Image, and Behavioral Intentions in Domestic Urban Tourism. Journal of Travel Research, 54(3), 302–315.
Putra, E.Y., Wahyudi, A., & Tumilaar, A. (2018). Virtual Reality 360 Interaktif Wisata Digital Kota Tomohon dengan Tampilan Stereoscopic. Cogito Smart Journal, http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v4i1.106.104-112.
Putra, P., Firdaus., M. A., & Farhan, M. (2019). Penerapan Teknologi Virtual Reality Photography pada Sistem Informasi Objek Wisata. Journal of Computer Engineering System and Science, https://doi.org/10.24114/cess.v4i1.11461.
Rudež, H. N. (2014). Affective Tourism Destination Image : the Case of Portorož. Tourism and Hospitality Industry Congress Proceedings, (1993), 245–255.
Ruswianto, N., Akhsani, Ra., Dewi Y, B., Yudha, S., M Rizeky., & Lutfi K, M. (2016). Jogja Mobile Aplication Berbasis Augmented Reality untuk Info Layanan Wisata Budaya. Prosiding Seminar Nasional XI “Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi 2016”, hlm. 181-185. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta.
Saurik, H.T.T., Purwanto, D.D., dan Hadikusuma, J.I. (2019). Teknologi Virtual Reality untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, http://dx.doi.org/10.25126/jtiik.2019611238.
Stylidis, D., Belhassen, Y., & Shani, A. (2017). Destination image, on-site experience and behavioural intentions: path analytic validation of a marketing model on domestic tourists. Current Issues in Tourism, 20(15), 1653–1670. https://doi.org/10.1080/13683500.2015.1051011.
Sudjatmiko, T. (2019). Dampak Covid-19, Pariwisata DIY Rugi Rp 67M. https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/dampak-covid-19-pariwisata-diy- rugi-rp-67-m/. diakses pada 11 Juni 2020 pukul 23.30 WIB.
Surasa, Hendra., Lukman, Musfirah Putri., dan Hasrwati. (2018). Aplikasi Pemandu Wisata Kabupaten Kepulauan Selayar Menggunakan Google Maps API Pada Platform Android. Jurnal Insypro, 3(1), 1-6.
Tamanpintar.co.id. (2018). Zona Teknologi Populer. https://www.tamanpintar.co.id/zona- teknologi-populer. Diakses pada 9 Juni 2020 pukul 19.40 WIB.
Utama, A.Y. (2017). Penggunaan Augmented Reality sebagai Media Promosi Pariwisata di Kabupaten Karnganyar. Skripsi. Surakarta: Uviversitas Muhammadiyah Surakarta.
Vidiardi, S. (2015). Pengembangan Musem Virtual Interaktif Menggunakan Teknologi Desktop Virtual Reality Pada Museum Ranggawarsita. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Vrs.org.uk. (2017). History of Virtual Reality. https://www.vrs.org.uk/virtual- reality/history.html. Diakses pada 9 Juni 2020 pukul 19.30 WIB.
Vrs.org.uk. (2017). VPL Research Jaron Lanier. https://www.vrs.org.uk/virtual-reality- profiles/vpl-research.html. Diakses pada 11 Juni 2020 pukul 18.25 WIB.
DOI: https://doi.org/10.22146/jpt.72353
Article Metrics
Abstract views : 1362 | views : 1075Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cerry Surya Pradana, Elisa Dwi Rohani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pariwisata Terapan is published by Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia with registered number ISSN 2580-1031 (Print) and ISSN 2580-104x (Online). This website is licensed under a Creative Commons Attribute-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
View My Stats =======