Pendidikan Pemakaian Obat dan Antibiotik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jayapura
Dublin Core | PKP Metadata Items | Metadata for this Document | |
1. | Title | Title of document | Pendidikan Pemakaian Obat dan Antibiotik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jayapura |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Eva Susanty Simaremare; Program Studi Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih; Indonesia |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Elsye Gunawan; Program Studi Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Krisna Dewi; Program Studi Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Nur Fadilah Bakrie; Program Studi Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Rani Dewi Pratiwi; Program Studi Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih |
2. | Creator | Author's name, affiliation, country | Rizka Agustine; Program Studi Farmasi, Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih |
3. | Subject | Discipline(s) | |
3. | Subject | Keyword(s) | Antibiotik; Edukasi; Obat; Pemakaian; Pengabdian |
4. | Description | Abstract | Banyak penyakit saat ini yang membutuhkan obat dan antibiotik untuk penyembuhannya. Akan tetapi pasien terkadang tidak disiplin untuk meminum obat dan antibiotik. Kurangnya pengetahuan tentang efek obat dan resistensi antibiotik dapat menimbulkan penurunan kualitas kesehatan masyarakat. Pengetahuan tentang obat dan antibiotik mutlak dimiliki olehsetiap penggunanya sehingga setiap orang dapat memilih dan mengidentifikasi obat, serta secara khusus dapat disiplin dalam minum antibiotik. Kegiatan ini dilakukan di SMP Negeri 11 Jayapura pada Agustus 2019 yang diawali dengan responsi tentang obat dan antibiotik kemudian mengidentifikasi secara kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner pretest, edukasi, dan post-test. Kuesioner dilihatvalidasi dan reliabilitasnya terlebih dahulu dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang dengan menggunakan program SPSS. Data skoring/interval diolah dan selanjutnya dianalisis dengan SPSS juga. Data skor pre dan post dibuat dalam persen dan dilihat kategorinya meliputi: 81–100% dikategori sangat baik, 61–80% baik, 41–60 % cukup baik, 21–40% kurang, serta < 20% tidak baik. Hasil kegiatan menyatakan ada perubahan tingkat pengetahuan siswa-siswi tentang obat dan antibiotik setelah mengikuti kegiatan dan di akhir kegiatan sudah masuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya 95, 7% siswa/i menyatakan sangat berguna bagi peserta dan 67,5% berkomitmen menjadi duta menyampaikan informasi tentang pengetahuan pemakaian obat dan antibiotik kepada orang lain. |
5. | Publisher | Organizing agency, location | Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada |
6. | Contributor | Sponsor(s) | PNBP Universitas Cenderawasih pada hibah pengabdian tahun 2019 |
7. | Date | (YYYY-MM-DD) | 2020-12-30 |
8. | Type | Status & genre | Peer-reviewed Article |
8. | Type | Type | |
9. | Format | File format | |
10. | Identifier | Uniform Resource Identifier | https://jurnal.ugm.ac.id/jpkm/article/view/49485 |
10. | Identifier | Digital Object Identifier (DOI) | https://doi.org/10.22146/jpkm.49485 |
11. | Source | Title; vol., no. (year) | Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement); Vol 6, No 4 (2020) |
12. | Language | English=en | id |
13. | Relation | Supp. Files | |
14. | Coverage | Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.) | |
15. | Rights | Copyright and permissions |
Copyright (c) Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)![]() This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |