Pelatihan Basic Safety Training (BST) & SKK 30 /60 Mil kepada Kru Kapal untuk Meningkatkan Keselamatan Pelayaran Kapal Penyeberangan Penumpang di Kawasan Wisata Labuan Bajo

https://doi.org/10.22146/jp2m.65535

Vega Fonsula Andromeda(1*)

(1) PIP Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Polikteknik Ilmu Pelayaran Semarang bekerjasama dengan KUPP Labuan baju menyelenggarakan DPM KLM dan SKK 30/60 Mil Labuan Bajo. Tim Diklat Keterampilan Khusus Pelaut memberikan pelatihan Basic Safety Training (BST) kepada crew kapal penyebrangan di Labuan Bajo pada kegiatan pengabdian imasyarakat. PIP iSemarang menugaskan narasumber ahlii dari dosen/praktisi dalam rangka menolong memberikan penyuluhan tentang pentingnyai keselamatan dasar dalam rangka survival di laut. Crew kapal penyebrangan lokal bergegas melakukan prinsip dasar keselamatanl dan bertahan di laut pada saat melakukan pekerjaanya rutinitasnya sehingga sesuaii pada aturan-aturan pelayarani dan menciptakan suasana aman dan nyamani pada saat berlayar.


Keywords


Safety;Basic safety training

Full Text:

PDF


References

Laut, P. P. (2008). Studi Evaluasi Efektivitas Penerapan SOLAS oleh Puslitbang Per_hubungan Laut, Badan Penelitian dan Pengemban_gan Kementerian Perhubungan. Jakarta.

Nurwahida. (2013). Persepsi Pengambilan Keputusan Terha_dap Implementasi Standar Manajamen Keselamatan Kapal-Kapal Pelayaran Rakyat. Makassar.

Subiakto. (2009). Preferensi Pengguna Dan Penyedia Jasa Terhadap Sistem Jaringan Transportasi Jalan (JTJ) Yang Mendukung Pelabuhan Di Kabupaten Belitung (Studi Kasus: Pelabuhan Tanjungpandan Dan Pela_buhan Tanjung Ru). Semarang.

Supendi. 2015. Pedoman Penyelenggaraan Diklat Basic Safety Training. Jakarta: Koperasi STIP Jakarta Press.

Widarbowo. (2018). Analisa Kompetensi Perwira Awak Kapal Pelayaran Rakyat. Program Pasca Sarjana, Universitas Hassanuddin, Makassar.

Prayogo, D. (2020 ). Pelatihan Basic Safety Training (BST) kepada Nelayan Tegal untuk Menunjang Keselamatan Pelayaran.

Bambang, Abdi Kurniawan. (2014). Preferensi Rencana Angkutan Laut Kapal Cepat Padang-Kepulauan Mentawai. Warta Penelitian Perhubungan.



DOI: https://doi.org/10.22146/jp2m.65535

Article Metrics

Abstract views : 1231 | views : 4692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.