Prototipe Desain Ruang Produktif Kelompok Ibu Rumah Tangga Nelayan di Kampung Ujung Kassi Kelurahan Barombong Kota Makassar

https://doi.org/10.22146/jp2m.53415

Andi Annisa Amalia(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Masyarakat di Kampung Nelayan Ujung Kassi seringkali memanfaatkan bagian kolong rumahnya (siring) sebagai gudang, penyimpanan peralatan melaut, tempat istirahat, tempat jualan, tempat menidurkan anak serta aktivitas kelompok khususnya ibu rumah tangga nelayan. Karena beragamnya fungsi dan aktivitas yang dilakukan pada kolong rumah dengan luasan yang terbatas, maka dibuat prototype kolong rumah panggung yang dapat difungsikan sebagai ruang produktif bagi kelompok ibu rumah tangga nelayan. Metode yang digunakan adalah workshop dan Focus Group Discussion (FGD) dengan menggunakan pendekatan partisipatif desain.  Hasil kegiatan Pengabdian  ini adalah rancangan ruang produktif kolong rumah panggung, storage multifungsi, pelatihan membuat tanaman hias, dan aturan bersama dalam penggunaan ruang produktif nelayan. Rancangan  ruang ini berimplikasi pada terbentuknya fungsi baru pada bagian bawah rumah panggung nelayan untuk melakukan aktivitas yang lebih bernilai produktif secara ekonomi dan berpotensi menunjang perekonomian rumah tangga nelayan. Selain itu, dengan adanya prototype tersebut eksistensi nilai sosial pada kolong rumah panggung nelayan sebagai sebagai ruang komunal tetap dipertahankan


Keywords


Kampung Nelayan, Kolong Rumah Panggung, Ruang Produktif, Komunal

Full Text:

PDF


References

Aminah, F. (2011). Makna Wanita Tentang Perubahan Peran (Hasil Kajian Disertasi Wanita Istri Nelayan Suku Kaili dalam Perubahan Peran dari Domestik Tradisional ke Publik Produktif. Media Litbang Sulsel, IV, 12-23.

Hikmah, Yulisti, M., Nasution, Z. (2009). Pola Pembagian Kerja dan Kontribusi Gender terhadap Pendapatan Keluarga: Studi Kasus Rumah Tangga Nelayan di Desa Batanjung Kabupaten Kapuas. Bijak dan Riset Sosek KP, 4, 93-103.

Istiana, Hikmah, Mursidin. Optimalisasi Peran Gender dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Nelayan. Bijak dan Riset Sosek KP, 3, 199-212.

Nadjmi, Nurul. (2019). Kearifan Lokal, Fasilitas Ruang Terbuka Hijau dan Fasilitas Nelayan di Desa Nelayan Pantai Bahari. TALENTA Conference Series 01, 16-28.

Oentoro, K., Elsafany, B. (2016). Pengembangan Desain Furnitur Anak Berbahan Kertas Semen Bekas dengan Teknik Laminasi dan Spiral Wound Tubing. Jurnal IDEALOG, Jurnal Desain Interior dan Desain Produk, 1, 97-112.

Permanasari, E., Nugraha, H., Nurhidayah, F. (2018). Metode Partisipatif sebagai Model Pembangunan 6RTPTRA DKI Jakarta. Universitas Pembangunan Jaya Jakarta.

Wigati, S., Fauziyah, N., Afandi, A. (2015). Saving Group Perempuan Nelayan: Penguatan Ekonomi Nelayan Tradisional Berbasis Komunitas Pengajian Perempuan Desa Kaliuntu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Kementrian Agama Republik Indonesia, Direktorat Pendidikan Islam Ditjen Pendidikan Tinggi Islam.



DOI: https://doi.org/10.22146/jp2m.53415

Article Metrics

Abstract views : 689 | views : 833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.