Analisis kerusakan engine high blow-by pressure pada mesin unit crawler dozer tipe straight tilt dozer

https://doi.org/10.22146/jmtp.69458

Damar Jati Sribantolo(1), Bambang Suharnadi(2*)

(1) Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Bulldozer merupakan alat berat yang digunakan untuk mendorong material dan untuk pembukaan jalan. Dalam melakukan pekerjaannya, bulldozer banyak menggunakan tenaga mesin sehingga sering terjadi kerusakan pada komponen mesinnya. Kerusakan high blow-by pressure pada mesin bulldozer merupakan hal yang perlu diperhatikan karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen di dalam mesin dan mengakibatkan menurunnya performa mesin. 

Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi data pada technical analysis report, program analisis pelumas, dan hasil overhaul. Technical analysis report dilakukan dengan cara mengukur blow-by pressure dan engine speed untuk mengetahui performa engine. Program analisis pelumas dilakukan dengan mengambil sampel oli pelumas lalu dianalisis di laboratorium untuk mengetahui keausan dan kontaminan pada oli pelumas engine

Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penyebab dari kerusakan high blow-by pressure adalah masuknya kontaminan berupa debu kedalam ruang bakar dan menyebabkan gesekan abnormal pada piston, piston ring, dan cylinder liner. Gesekan abnormal ini mengakibatkan celah antara piston, piston ring, dan cylinder liner semakin besar sehingga tekanan hasil pembakaran bocor menuju crankcase melewati celah tersebut. Dampak yang ditimbulkan dari kerusakan high blow-by pressure adalah penurunan tenaga mesin, sehingga unit bulldozer harus dilakukan perbaikan dengan mengganti komponen yang rusak agar unit dapat bekerja dengan optimal.

Keywords


mesin diesel, blow-by, kebocoran tekanan, bulldozer

Full Text:

PDF


References

[1] Gargate, S., Aher, R., Jacob. R., Dambhare, S., 2014, “Estimation of Blow-by in Diesel Engine: Case Study of a Heavy Duty Diesel Engine”, International Journal of Emerging Engineering Research and Technology 2, pp. 165-170.

[2] Liu, N., Zheng, Z., Li, G., 2015, “Analysis of the Blow-by in Piston Ring Pack of the Diesel Engine”, Chemical Engineering Transactions, 46, pp. 1045-1050.

[3] Rusuminto, Y., 2017, “Metode Pengukuran Blow-By Menggunakan U-Tube Air Berbasis Persamaan Bernoulli Terhadap Diesel Engine Buldozer”, Jurnal Elemen, 4, (1).

[4] United Tractors. 2003, Shop Manual Engine SA6D125E-2, Komatsu Japan.

[5] Abramek, K.F., 2009, “Measurements of Maximum Crankcase Pressure For Evaluation of the Piston-Rings-Cylinder Assembly”, Journal of KONES Powertrain and Transport, 16 (2).

[6] United Tractors, 2002, Shop Manual Bulldozer D85ESS-2A, Komatsu Japan.

[7] United Tractors, 2002, Parts Book Bulldozer D85ESS-2A, Komatsu Japan.

[8] United Tractors, 2013, PAP Services, Komatsu Japan.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmtp.69458

Article Metrics

Abstract views : 1005 | views : 3071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Material Teknologi Proses: Warta Kemajuan Bidang Material Teknik Teknologi Proses

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Material dan Teknologi Proses (ISSN 2477 - 2135) diterbitkan oleh Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada yang beralamatkan di Jalan Yacaranda, Sekip, Unit IV, Yogyakarta 55281. Konten situs web ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.