ANALISIS PESAN-PESAN PROPAGANDA SELAMA PILPRES 2024 DI X

buyung pambudi(1*)
(1) Prodi Strata-3 Ilmu Komunikasi Fisipol UGM Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Propaganda politik yang menggunakan teknologi digital, pesan-pesan propaganda juga menjadi hal penting untuk dikaji di samping para aktor. Di satu sisi, pesan propaganda menjadi sarana untuk menyampaikan pesan yang bertujuan menjaga citra baik kandidat yang didukung, serta untuk menjatuhkan citra kandidat lawan di sisi lain. Pesan propaganda dapat dipilah ke dalam tiga kategori, yaitu disinformasi, malinformasi, dan misinformasi. Pesan propaganda dapat dilihat dengan mengamati topik-topik tertentu yang berhubungan dengan politik selama pemilihan umum, khususnya pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024. Topik yang ramai diperbincangkan oleh warganet di X selama pilpres 2024 menjadi sarana untuk menyebarkan pesan propaganda baik yang bertujuan mendukung kandidat tertentu atau menyerang kandidat lawan. Selama pilpres tahun 2024 di Indonesia, pesan propaganda banyak bertebaran di media sosial, termasuk di X yang dulunya bernama Twitter. Semua kandidat dalam pilpres tahun 2024 tidak dapat menghindar dari upaya serangan propaganda dengan tujuan menjatuhkan citranya. Pilpres tahun 2024 menunjukkan bahwa warganet di X tidak terbelah seperti Cebong dan Kampret pada pilpres tahun 2019. Oleh karena itu, pesan-pesan propaganda lebih ditujukan kepada para kandidat bukan kepada para pendukung kandidat. Pesan propaganda yang disebarkan di X dapat berupa kalimat naratif, gambar, video, dan audio. Bahkan, terdapat pesan propaganda yang dibuat dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan. Penggunaan teknologi kecerdasan buatan merupakan hal baru dalam propaganda selama pemilihan presiden di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF_2References
Auerbach, J., & Castronovo, R. (2013). Introduction: Thirteen Propositions About Propaganda. The Oxford Handbook of Propaganda Studies, April.
Carmi, E., Yates, S. J., Lockley, E., & Pawluczuk, A. (2020). Data citizenship: Rethinking data literacy in the age of disinformation, misinformation, and malinformation. Internet Policy Review, 9(2). https://doi.org/10.14763/2020.2.1481
Chong, M., Froehlich, T. J., & Shu, K. (2021). Racial Attacks during the COVID ‐19 Pandemic: Politicizing an Epidemic Crisis on Longstanding Racism and Misinformation, Disinformation, and Misconception . Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 58(1). https://doi.org/10.1002/pra2.501
Ellul, J. (1965). Propaganda; The Formationof Men’s Attitudes (1st ed.). Alfred A. Knopf.
Grimes, D. R., & Gorski, D. H. (2022). Malinformation – an emergent problem for medical journals and scientific communication. OSF PREPRINTS. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/g4jwr
Harris, J. L. (2023). Social Media and Political Communication (1st ed.). Routledge.
Hussain, M., & Soomro, T. R. (2023). Social Media: An Exploratory Study of Information, Misinformation, Disinformation, and Malinformation. Applied Computer Systems, 28(1). https://doi.org/10.2478/acss-2023-0002
Hyzen, A. (2023). Propaganda and the Web 3.0: Truth and ideology in the digital age. Nordic Journal of Media Studies, 5(1). https://doi.org/10.2478/njms-2023-0004
Molekandella Boer, K. (2018). Kekuatan Interaksi pada Media Sosial dalam Men-Dikte Arus Komunikasi Politik Indonesia. Dalam Buku New Media & Komunikasi Politik. Telaah Kontestasi Politik dalam Ruang New Media (D. H. Santoso (ed.)). Mbridge Press.
Setiadi, T. (2023). Analisis Jaringan Opini Publik tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar di Twitter. Jurnal Media Dan Komunikasi Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.22146/jmki.82650
Sotirovic, M. (2020). Trumpaganda: The War on Facts, Press, and Democracy. In The SAGE Handbook of Propaganda. https://doi.org/10.4135/9781526477170.n31
Verrall, N. (2022). COVID-19 Disinformation, Misinformation and Malinformation During the Pandemic Infodemic: A View from the United Kingdom. In Advanced Sciences and Technologies for Security Applications. https://doi.org/10.1007/978-3-030-94825-2_4

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia (Online ISSN 2721-396X) is published by the Department of Communication Science (DIKOM), Faculty of Social Science and Political Science (FISIPOL), Gadjah Mada University |