Simulasi Numerik Pengaruh Jumlah Fuel Injector dan Dimensi Lubang Liner Ruang Bakar Turbojet 200 N

https://doi.org/10.22146/jmdt.63201

Anwar Syarifudin(1*), Muhammad Agung Bramantya(2)

(1) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Jl. Grafika 2, Yogyakarta 55281, Indonesia
(2) Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Jl. Grafika 2, Yogyakarta 55281, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Ruang bakar merupakan salah satu komponen terpenting dalam turbojet karena menentukan gaya dorong turbojet. Tantangan pada turbojet kecil adalah menghasilkan pembakaran sempurna pada ruang yang terbatas. Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh jumlah fuel injector dan lubang liner terhadap temperatur gas dan sisa CO pada outlet ruang bakar turbojet 200 N. Desain ruang bakar yang digunakan adalah reverse flow annular combustion chamber. Metode penelitian ini menggunakan permodelan pembakaran non premixed dan model turbulensi k-ε dengan solver ANSYS Fluent yang memvariasikan jumlah fuel injector dan diameter lubang liner. Model yang akan disimulasikan memiliki 4 buah boundary condition . Batas Inlet-Fuel dengan masukan laju alir kerosin (C12H23) 0.0076 kg/s dan temperatur 293 K. Inlet udara dengan input laju alir udara masuk 0,53kg/s, temperatur udara masuk 407K, batas combustor-wall diasumsikan adiabatik. Batas outlet dengan inputan tekanan 1 atmosfer. Dalam studi ini didapatkan hasil jumlah fuel injector yang optimal berjumlah 8 buah dan penambahan diameter lubang dilution liner akan meningkatkan temperatur dan sisa CO yang tidak terbakar pada outlet. Dapat disimpulkan jumlah fuel injector dan dimensi lubang liner berpengaruh pada kinerja ruang bakar yang selanjutnya pada gaya dorong turbojet.


Keywords


turbojet, 200 N, CFD, ruang bakar, dan fuel injector

Full Text:

PDF


References

Benini,Ernesto,. Giacometti, Stefano, 2007, : Design, Manufacturing and operation of a small turbojet-engine for research purposes, Applied EnergyVolume 84, Issue 11, November 2007, pages 1102-1116

C. Priyant Marka,n , A. Selwyn , 2016, Design and analysis of annular combustion chamber of a low bypass turbofan engine in a jet trainer aircraft , Propulsion and Power Research ;5(2)97-107

Chaudari, K. V. (2012) : Design and CFD Simulation of Annular Combustion Chamber with kerosene as Fuel for 20 kW Gas Turbine Engine, International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA) ISSN: 2248-9622 www.ijera.com Vol. 2, Issue 6, November- December 2012, pp.1641-1645

Dinara, Sint Helent,. 2020, Design and CFD Simulation of Centrifugal Compressor for Mini Jet-Turbine Engine 200 N Thrust, Thermofluid XI

Hartono, Firman., Arizal (2013) : Analisis Computational Fluid Dynamic (CFD) Ruang Bakar Mesin Turbojet TJE500FH V.1, Jurnal Teknologi Dirgantara Vol. 10, No.2

Oppong F, S.JvanderSpuy a, T.W.vonBackström a, A.LacinaDiabyb, 2015, An overview on the performance investigation and improvement of micro gas turbine engine, R & D Journal of the South African Institution of Mechanical Engineering 2015, 31, 35-41



DOI: https://doi.org/10.22146/jmdt.63201

Article Metrics

Abstract views : 675 | views : 559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.