ANALISIS METAFORA VISUAL ADEGAN PENOBATAN RATU ELIZABETH II DALAM DRAMA BIOPIK ‘THE CROWN’

Anggun Rezky Anugerah(1*), Wiwik Sushartami(2), Budi Irawanto(3)
(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(3) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini menganalisis penggunaan metafora visual dalam adegan penobatan Ratu Elizabeth II pada season satu episode 5 dari serial drama biografi The Crown. Tujuannya adalah mengidentifikasi berbagai bentuk metafora visual, seperti pencahayaan, komposisi gambar, dan simbol visual lainnya yang memperkaya narasi dan penggambaran sejarah. Teknik yang dianalisis meliputi Potret/Gambar Gabungan, Konstruksi Gabungan, Fotomontase, Kategori Animasi, dan Superimposisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis tekstual untuk mengevaluasi efektivitas setiap teknik. Hasil menunjukkan bahwa metafora visual dalam The Crown memperkuat narasi visual sekaligus meningkatkan apresiasi terhadap kompleksitas sejarah dan karakter. Fotomontase menggambarkan peristiwa penting secara kompleks, Konstruksi Gabungan menciptakan citra visual yang kaya, sementara Superimposisi dan Potret/Gambar Gabungan menambah kedalaman emosional dan simbolik. Kategori Animasi menghadirkan dinamika dan gerakan dalam cerita. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metafora visual dalam film dan drama dapat menjadi strategi efektif untuk menghidupkan kembali peristiwa sejarah secara menarik dan bermakna.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku dan Jurnal
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Barsam, Richard & Dave Monahan. (2016). LooRaja at Movies; An Introduction to Film Fifth Editions. New York: W.W Norton & Company.
Botham, Noel. (2007). The Ultimate Book of Useless Information. London: Penguin Publishing Group.
Bradley, Ian. (2012). God Save The Ratu: The Spiritual Heart of the Monarchy. London: Continuum International Publishing.
Carroll, Noël. (2001). Beyond Aesthetics: Philosophical Essays. Cambridge: Cambridge University Press.
Chandler, Andrew & Hein, David. (2012). Archbishop Fisher, 1945-1961: Church, State and World. England: Ashgate Publishing
Custen, George (1992). How Hollywood Constructed Public History. New Brunswick. New Jersey: Rutgers University Press.
Fleming, M. (2017). Starting Drama Teaching. 4th edn. Florida: Taylor and Francis.
Forceville, C. (2006). “Non-verbal and multimodal metaphor in a cognitivist framework: Agendas for research.”Gitte Kristiansen, Michel Achard, René Dirven & Francisco Ruiz de Mendoza Ibàñez (eds.), Cognitive Linguistics: Current Applications & Future Perspectives. Berlin/New York: Mouton de Gruyter.
Given, Lisa. (2008) The SAGE Encyclopedia of Qualitative Research Methods. 1st edn. London: SAGE Publications.
Hilmes, Michele & Jacobs, Jason. (2021). The Television History Book. London: Bloomsbury Publishing.
Himawan, Pratista. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Huberman, A. M. & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher's Companion. California: SAGE Publications.
Joyce, J. (2022). Aesthetics of Film Production. New York: Routledge.
Knappett, Gill. (2022). The Crown's Royal Britain. Norwich: Pitkin.
Kuntowijoyo. (2005). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.
Lakoff, George & Johnson, Mark. (2003). Metaphors We
Live. Chicago & London: The University of Chicago Press.
Middeke, Martin et al. (2016). English and American Studies: Theory and Practice. Germany: J.B. Metzler.
Nirwana, A. (2018). Sekelumit tentang Risalah “Poetics”, Karya Aristoteles (384-322 SM). Malang: KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, dan Sastra).
Pomerance, Murray. (2019). Virtuoso: Film Performance and the Actor's Magic. USA: Bloomsbury Publishing.
Ricoeur, P. (2004). The Rule of Metaphor. London and New York: Routledge.
Saptaria, Rikrik El. (2006). Acting Handbook: Panduan Praktis Akting Untuk Film dan Teater. Bandung: Rekayasa Sains.
Shah, Jigar. (2019). What is drama and how it is written. London: Lambert Academic Publishing.
Tracy, S. (2019). Qualitative Research Methods. 2nd edn. New Jersey: Wiley-Blackwell.
Wray, A & Bloomer A. (2006). Project in Linguistics. New York: Oxford University Press.
Zaluchu, Sonny Eli. (2019). Pola Hermeneutik Sastra Hikmat Orang Ibrani. Evangelikal: Jurnal. Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 21–29.
Ziegler, Philip. (1923). Raja Edward VIII: The Official Biography. London: Fontana.
Tesis dan Disertasi
Comanducci, Carlo. (2010). Metaphor and Ideology in Film. Birmingham: The University of Birmingham.
Dienaputra, Reiza D. (2012). Rekonstruksi Sejarah Seni Dalam Konstruk Sejarah Visual. Bandung: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran.
Kartika, B.A., Prihatini, N.S., Hastanto, S., & Dharsono. (2020). Soegija Biopic Film, Political Afirmation, and Political Identity: Deconstruction of Indonesian Historiography. Surakarta: Jurnal Seni Media Rekam ISI Surakarta.
Fandy, Rizal. (2018). Fakta Sejarah Peristiwa Penyerangan Ishiyama Honganji dan Insiden Honnoji dalam Film Nobunaga Concerto The Movie karya Hiroaki Matsuyama (Tinjauan Pendekatan Historis). Malang: Universitas Brawijaya.
Izquierdo, Miriam. (2019). A Study on The Crown: History and Fiction about the Historical Figure of Ratu Elizabeth II. Galicia: Universidade de Santiago de Compostela.
Sakr, Adel. (2016). The Effect of Visual Metaphor on Advertising Response An Integrative Framework. Birmingham: Aston University.
Serig, Daniel. (2006). A Conceptual Structure of Visual Metaphor. Alexandria: National Art Education Association.
Website
Miller, Julie. 2017.
https://www.vanityfair.com/hollywood/2017/06/the-crown-Ratu-elizabeth-coronation. Diakses pada tanggal 15 Januari 2024.

Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anggun Rezky Anugerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.