PEMBUATAN ILUSTRASI BERJUDUL “AUROBOROS” HASIL VISUALISASI PERTUNJUKAN SENI “RHYTHM 0” OLEH MARINA ABRAMOVIC

https://doi.org/10.22146/jksks.80228

Thomas Hanandry Dewanto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ilustrasi berfungsi menyampaikan cerita dalam bentuk visual agar lebih mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah menginterpretasikan narasi yang terbangun dari pertunjukan seni oleh seniman Serbia bernama Marina Abramovic, tahun 1974 di Italia, berjudul Rhythm 0, menjadi sebuah lukisan ilustrasi berjudul Auroboros. Berdasar pertunjukan seni tersebut, dibuatlah ilustrasi untuk mengakomodir cerita dalam pertunjukan seni tersebut. Simbol ular Auroboros dipakai untuk menunjukkan siklus yang berulang dan abadi, melalui penggunaan media cat air, tinta, dan daun emas. Metode penelitian kualitatif dengan model deskriptif naratif adalah jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian pustaka, dokumentasi objek dalam bentuk foto, dan video. Kemudian data diolah dengan metode deskriptif naratif untuk memunculkan elemen-elemen visual. Elemen visual disusun berdasarkan prinsip-prinsip dasar seni yang meliputi kesatuan, irama, dominasi, keseimbangan, proporsi, dan kesederhanaan. Hasil dari penelitian dimaksudkan agar dapat dijadikan referensi oleh ilustrator untuk menyusun ilustrasi dengan menerapkan metode yang terstruktur melalui pengaplikasian prinsip2 seni rupa.


Keywords


Emas; Auroboros; Rhythm 0; Ilustrasi; Cat Air.



References

Adisasmito, N. Y. D. (2016). KOMUNIKASI VISUAL GAMBAR ILUSTRASI TRADISI PADA NASKAH TUA JAWA MASA KOLONIALISME. Jurnal Kajian Seni, 2, 95–96.

Baldinger, W. S. (1960). The Visual Arts (1st ed.). Holt, Rinehart and Winston.

Dewanto, T. H. (2024). Pembuatan Ilustrasi Berjudul “Auroboros” Hasil Visualisasi Pertunjukan seni “Rhythm 0” oleh Marina Abramovic. Jurnal Kajian Seni, 11(1).

Irawan, B., & Tamara, P. (2013). Dasar-Dasar Desain (1st ed.). Griya Kreasi.

Irvin, S. (2022). Immaterial (1st ed.). Oxford University Press.

Mathieu, C. (2021). Dark Personalities in the Workplace. Elsevier Science.

Murphy, B. (2019, January 3). Marina Abramovic’s Rhythm 0. Delphian Gallery. https://delphiangallery.com/marina-abramovic-rhythm-0/

Renzi, K. (2013). Safety in Objects: Discourses of Violence and Value—The “Rokeby Venus” and “Rhythm O.” SubStance, 42(130), 120–145. https://www.jstor.org/stable/41818957

Richards, M. (2018). Marina Abramović (2nd ed.). Taylor & Francis.

Sanyoto, S. E. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain (Nirmana) (1st ed.). Arti Bumi Intaran.

Shifman, L. (2013). Memes in a Digital World: Reconciling with a Conceptual Troublemaker. J. Comput. Mediat. Commun., 18, 362–377. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:28196215

Tresidder, J. (2011). The Watkins Dictionary of Symbols. Watkins Media.

Wang, Y. (2022). Illustration Art Based on Visual Communication in Digital Context. Mobile Information Systems, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/7364003

White, J. V. (1982). Editing by Design A Guide to Effective Word-and-picture Communication for Editors and Designers. R.R. Bowker.

Widiastuti, T. (2016). Rekayasa Gambar Diri Remaja dalam Mencapai Pengakuan Sosial di Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14, 215–4. https://doi.org/https://doi.org/10.31315/jik.v14i3.2134

Wilson, M. (2022). The Hidden Language of Symbols. Thames and Hudson Limited.



DOI: https://doi.org/10.22146/jksks.80228

Article Metrics

Abstract views : 351 | views : 162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Thomas Hanandry Dewanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This journal is published by Performing Arts and Visual Arts Studies, Graduate School, Universitas Gadjah Mada.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats