Peningkatan Kompetensi Mahasiswa dalam Komposisi Musik melalui Penggunaan Software Sibelius
Dani Nur Saputra(1*)
(1) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the process of using Sibelius software in effort to improve student competence in composing a piece of music. In addition, this research is expected to add insight to music educators and students regarding the use of music software as a literacy of 21st century music education in application of learning in digital age.
This research method uses qualitative methods with a research and development approach. Data collection is done by interview, observation, and documentation. Furthermore, this study would like to examine the effectiveness and efficiency of the application of Sibelius software in making music.
The results showed that with the use of beam notation writing software (Sibelius), students could maximize their abilities and knowledge. The current technology-based learning model needs to be applied in universities so that it is not left behind by the development of a fast moving era.
Keyword: Students Competence, Music Composition, Software Sibelius
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan software sibelius dalam upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menkomposisikan sebuah karya musik. Selain itu penelitian ini diharapkan menambah wawasan bagi pendidik dan mahasiswa musik mengenai penggunaan software musik sebagai literasi pendidikan musik abad-21 dalam penerapan pembelajaran di era digital.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lebih lanjut penelitian ini hendak mengkaji efektifitas dan efisiensi penerapan software sibelius dalam pembuatan karya musik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya penggunaan software penulisan notasi balok (Sibelius), maka mahasiswa dapat lebih memaksimalkan kememampuan dan keilmuan yang mereka dapatkan. Model pembelajaran berbasis teknologi saat ini perlu sekali untuk di terapkan di perguruan tinggi agar tidak tertinggal oleh perkembangan jaman yang bergerak sangat cepat.
Keyword: Kompetensi Mahasiswa, Komposisi Musik, Software Sibelius.
Keywords
Full Text:
Deni Nur Saputra PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, Zainal. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain Sampai Implementasi. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani. Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta. Harsanto, R. (2007). Pengelolaan Kelas yang Dinamis, Paradigma Baru Pembelajaran Menuju Kompetensi Siswa. Yogyakarta: Kanisius. Hill, Brad. 1998. Going Digital: A Musician’s Guide to Technology. USA: Schirmer Books. Karpati, Andrea. 2011. Digital Literacy in Education. UNESCO Institute for Information Technologies in Education. Mack, Dieter. (1995). Ilmu Melodi, Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Schoenberg, A. (1972). Models for Beginners in Composition. Rev. Leonard Stein. New York :Schirmer. Soeharto, M. (1986). Belajar Membuat Lagu. Jakarta : Gramedia Stein, Leon. (1979). Structure and Style : Expanded Edition The Study an Analysis of Musical Forms. Summy Birchard Music. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Syaodih, Nana Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Parker, Judhith. (1993). The Explorer of Musical World, Canada : Olympic. Prier, Karl-Edmund. (1996). Ilmu Bentuk Musik, Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi. Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara, Jakarta Timur.
DOI: https://doi.org/10.22146/jksks.55817
Article Metrics
Abstract views : 1911 | views : 2974Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Kajian Seni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.