Pengaruh Pelatihan Ultrasonografi terhadap Tingkat Pengetahuan Residen Obstetri dan Ginekologi mengenai Keamanan Penggunaan Ultrasonografi Obstetri

https://doi.org/10.22146/jkr.41409

Suryani Puspa Dewi(1*), Rukmono Siswishanto(2), Djaswadi Dasuki(3)

(1) Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, UGM
(2) Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, UGM
(3) Departemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan: Untuk mengetahui perbandingan tingkat pengetahuan residen Obgin mengenai keamanan penggunaan USG obstetri di RSUP Dr. Sardjito antara yang sudah dan belum mengikuti pelatihan USG.

Metode: Kuasi eksperimen dengan desain Post Test Only. Subyek penelitian adalah seluruh residen Obgin FK-KMK UGM yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data melalui pengisian kuesioner yang berisi pertanyaan mengenai bioeffects dan safety index pemeriksaan USG obstetri.

Hasil dan Pembahasan: Subyek penelitian terdiri dari 64 subyek yang sudah mengikuti pelatihan USG dan 24 subyek yang belum mengikuti pelatihan USG. Seluruh subyek yang belum mengikuti pelatihan memiliki klasifikasi pengetahuan kurang. Dan dari 64 subyek yang sudah mengikuti pelatihan hanya 1 subyek yang memiliki pengetahuan baik (1,56%), 14 subyek dengan pengetahuan cukup (21,87%), dan sisanya dengan pengetahuan kurang (76,56%). Dari analisis tidak ditemukan perbedaan yang bermakna diantara kedua kelompok tersebut (p=0,29).

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan  mengenai keamanan penggunaan USG obstetri antara residen Obgin yang sudah dan belum mengikuti pelatihan ultrasonografi.

 

Kata kunci: Ultrasonografi; bioeffects; safety index; pengetahuan; pelatihan ultrasonografi; residen Obstetri dan Ginekologi

 


Keywords


ultrasound; bioeffects; safety index; knowledge; ultrasound training; Obgyn resident;Ultrasonografi; bioeffects;pengetahuan; pelatihan ultrasonografi;

Full Text:

PDF


References

  1. Abramowicz JS. Benefits and risks of ultrasound in pregnancy. Semin Perinatol. 2013;37(5):295–300.
  2. Sheiner E, Vardi IS, Abramowicz JS. What do clinical users know regarding safety of ultrasound during pregnancy? J ultrasound Med. 2007;26(3):319–25; quiz 326–7.
  3. Abuhamad A, editor. Ultrasound in Obstetrics and Gynecology: A Practical Approach. First Edit. 2014. 24-28 p.
  4. Maršál K. The output display standard: Has it missed its target? Ultrasound Obstet Gynecol. 2005;25(3):211–4.
  5. Custers EJFM. Long-term retention of basic science knowledge: a review study. Adv Health Sci Educ Theory Pract. 2010;15:109–28.
  6. Purnamawati Y. Pengaruh pembelajaran berorientasi retensi terhadap kemampuan koneksi siswa. UIN Syarif Hidayatullah; 2011.
  7. Wawan A, Dewi M. Teori & Pengukuran Pengetahuan, sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika; 2010.
  8. Ebbinghaus H. Memory: A Contribution to Experimental Psychology. Ann Neurosci. 2013;20(4):155–6.
  9. Lipson MY. Learning new information from text: The role of prior knowledge and reading ability. J Lit Res. 1982;14(3):243–61.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkr.41409

Article Metrics

Abstract views : 690 | views : 633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kesehatan Reproduksi Indexed by:

 



SEKRETARIAT JURNAL KESEHATAN REPRODUKSI
Departemen Obstetri dan Ginekologi, FK-KMK, UGM/RS Dr. Sardjito
Jl. Kesehatan No. 1, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Tlp: (0274) 511329 / Faks: (0274) 544003
Email: jurnal.kesehatanreproduksi@ugm.ac.id
Cp: Dwi Astuti +6281802698043