Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Dalam Sektor Pertanian Tanaman Pangan (Studi Di Kabupaten Kulon Progo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

https://doi.org/10.22146/jkn.16975

Sumarta dan Edhi Martono(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Era globalisasi yang di antaranya di tandai dengan globalisasi ekonomi, merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, di mana negara-negara di seluruh dunia menjadi suatu kekuatan pasar yang semakin terinteggrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial Negara (Hamid:2006). Perwujudan nyata dari globalisasi ekonomi yang akan di hadapi bangsa indonesia antara lain terjadi dalam bentuk produksi , dengan sasaran agar biaya produksi menjadi lebih rendah.

Pemberdayaan sumberdaya manusia menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menyongsong era globalisasi karena sumberdaya manusia yang berkualitas dan produktif akan mampu menciptakan hasil yang baik. Menurut Hastuti (1995:15), pemberdayaan sumberdaya manusia harus dilakukan sesuai dengan kondisi masyarakat dan potensi yang dimiliki termasuk kondisi geografisdan sumber daya alamnya, baik pada tataran kelompok masyarakat, atau anggota masyarkat yang diharapkan dapat mengembangkan kelompok maupun rumahtangga, untuk dapat mengoptimalkan sumberdaya keluarga


Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jkn.16975

Article Metrics

Abstract views : 14147 | views : 7615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 1970 Sumarta dan Edhi Martono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


web
analytics View My Stats