Analisis Kebijakan dan Efektivitas Organisasi

https://doi.org/10.22146/jkap.7535

Amir Syarifudin Kiwang(1*), David B. W. Pandie(2), Frans Gana(3)

(1) Program Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Nusa Tenggara, Kupang
(2) Program Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Nusa Tenggara, Kupang
(3) Program Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Nusa Tenggara, Kupang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerapan Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 8 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah dalam rangka untuk meningkatkan efektivitas kerja organisasi pada UPT Diklat Koperasi dan UMKM. Penelitian ini berusaha untuk melihat dampak kebijakan organisasi terhadap efektivitas organisasi dengan menggunakan enam elemen variabel dari kebijakan dan praktik manajemen. Keenam elemen tersebut adalah penetapan tujuan strategis, pencarian dan pemanfaatan sumber daya, lingkungan prestasi, proses komunikasi, kepemimpinan dan pengambilan keputusan, serta adaptasi dan inovasi organisasi. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman, yang terdiri atas reduksi data, display/penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas organisasi pada UPT Diklat koperasi dan UMKM belum berjalan secara baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa hal antara lain, belum adanya tenaga spesialisasi pengelola diklat dan tenaga khusus (sarjana) di bidang perkoperasian dan kondisi lingkungan kerja (lingkungan prestasi) pada UPT Diklat koperasi dan UMKM yang belum efektif. Penempatan pegawai juga belum tepat, mutasi ke UPT Diklat Koperasi dan UMKM tidak memperhatikan latar belakang pendidikan dan spesialisasi/keahlian pegawai sehingga membutuhkan waktu dalam proses penyesuaian serta menurunkan jumlah pelaksanaan diklat dikarenakan keterbatasan alokasi dana.

Keywords


Efektivitas, kebijakan, organisasi

Full Text:

PDF


References

Aktual. 2012. Jumlah Koperasi di NTT Mencapai 2.340 Unit. http://www.aktual.co/ekonomibisnis/ 104637jumlah-koperasi-di-ntt-mencapai-2.340-unit.

Damanpour, F. 1991. Organizational innovation: A meta-analysis of effects of determinants and moderators. Academy of Management Journal, 34(3): 555-590.

Gibson, James L., John M. Ivancevich, dan James H. Donnelly. 1990. Organisasi: Perilaku, Struktur dan Proses, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Handoko, T. Hani, 2000. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE UGM. Yogyakarta.

Hidayat. 1986. Teori Efektivitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Hitt, M. A., R. E. Hoskisson, dan H. Kim. 1997. International diversification: Effects on innovation and firm performance in product-diversified firms. Academy of Management Journal, 40.

Kartono, Kartini, 2005. Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Keputusan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 119/Kep/.KUKM/IX/2004 tentang Pedoman Kurikulum dan Silabi Pendidikan dan Pelatihan dalam rangka Pemberdayaan SDM Koperasi, Usaha kecil dan Menengah.

Koontz, H., C. O ’Donnell, dan H. Weihrich. 1990. Manajemen, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Maciariello, Joseph A. dan Calvin J. Kirby. 1994. Management Control Systems, Using Adaptive Systems to Attain Control. 2nd edition. Prentice Hall. New York.

Mardiana. 2005. Manajemen Produksi. Badan Penerbit IPWI. Jakarta.

Merchant, K. A. 1998. Modern Management Control System. Prentice Hall. New York.

Miles, Raymond E. dan Charles C. Snow. 1978. Organization Strategy, Structure, and Process. McGraw-Hill Kogakusha, Ltd (International Student Edition). Tokyo.

Monge, PR., M.D. Cozzens, dan NS. Contractor. 1992. Communication and Motivational Predictors of the Dynamics of Organizational Innovation. Organization Science, 3(2): 250-274.

Nitisemito, Alex S. 2001. Manajemen Personalia. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Peraturan Gubernur Nusa Tenggara Timur Nomor 8 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dan Pelatihan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menen- gah Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Robbins, S. P. dan T. A. Judge. 2007. Perilaku Organisasi, Jilid 2. Salemba Empat. Jakarta.

Robbins, Stephen. 1990. Organization Theory: Structure, Design, and Applications. Prentice-Hall, Inc., Englewood Clifs. New York.

_____. 1996. Perilaku Organisasi: Konsep Kontroversi Aplikasi Edisi Kedua. PT. Prenhallindo. Jakarta. Safaria, T. 2004. Kepemimpinan. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Schemerhorn, John R. 1986. Management for Productivity. John Wiley & Sons. New York.

Sedarmayanti. 2010. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa De- pan. Refika Aditama. Bandung.

Sendjaja, S Djuarsa.1994. Teori Komunikasi. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Jakarta.

Stoner, James AF., R. E. Freeman, dan J. R. Gilbert. 1996. Manajemen. PT Indeks, Gramedia Group. Jakarta.

Steers, M. Richard. 1985. Efektivitas Organisasi. Erlangga. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Van de Ven, A. 1986. Control Problem in the Management of Innovation. Management Science 32(1986): 591.

Vroom, V. H., dan P. W. Yetton. 1973. Leadership and Decision-Making. University of Pittsburgh Press. Pittsburgh.

Yukl, G. 1998, Kepemimpinan dalam Organisasi. Terjemahan Jusuf Udaya. Universitas Katolik Indo- nesia Atma Jaya. Prehallindo. Jakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkap.7535

Article Metrics

Abstract views : 42980 | views : 32812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik