Perancangan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Klinik (Smartclinic) di Nima Medical and Rehabilitation Center Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/jisph.71312

Syarah Mazaya Fitriana(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah meliputi hampir seluruh bidang kehidupan manusia, tidak terkecuali di bidang kesehatan. S/eiring dengan perkembangan teknologi, fasilitas kesehatan termasuk didalamnya yaitu Klinik mempunyai kewajiban untuk menyelenggarakan rekam medis dan melaksanakan sistem rujukan dengan tepat. Sistem pelayanan di klinik Nima Medical and Rehabilitation Center masih belum belum menggunakan sistem informasi sehingga belum efektif dan efisien.

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian UCD (User Centered Design). UCD (User Centered Design) merupakan sebuah metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yang berfokus pada tampilan pengguna.

Hasil: Perancangan desain yang dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada di Klinik. Beberapa yang di update dari sistem sebelumnya antara lain memasukkan profil klinik yang sesuai, menambah user pengguna Smartclinic, membuat desain tampilan dashboard klinik yang relevan sesuai dengan kebutuhan, menambah modul poli anak, poli kulit kelamin, fisioterapi, okupasi terapi dan terapi wicara, Melakukan customisasi master data. menambah master data disabilitas pada modul objektif, menambah diagnosis ICPC dan diagnosis naratif pada modul Asessment, menambah master data obat, vaksin dan tindakan, membuat desain tampilan dashboard tumbuh kembang anak yang diproyeksikan pada grafik Z-Score, menambahkan daftar gambar bagian tubuh manusia untuk dokumentasi klinik dengan gambar, menambahkan fitur pedigree (silsilah keluarga) dalam dokumentasi klinik. Kelebihan yang dimiliki Smartclinic antara lain sistem ini merupakan sistem cloud berbasis SAAS (software as a service) sehingga dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan dari pengguna. Sistem ini memiliki sistem back end yaitu proses yang terjadi di belakang layar dan front end yaitu menggunakan pendekatan visual untuk merancang user interface dalam bentuk form.

Kesimpulan: Dalam sistem informasi manajemen klinik ini dapat mempermudah dalam penulisan, penambahan, pengubahan dan pembuatan laporan klinik. Sehingga dengan kemudahan tersebut akan mengurangi risiko kesalahan pencatatan yang diakibatkan tidak atau kurang jelasnya informasi yang didapat agar pekerjaan lebih efektif dan efisiensi.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.71312

Article Metrics

Abstract views : 533 | views : 303

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats