Penilaian kualitas billing sytsem dengan pendekatan model Delone dan Mclean di rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/jisph.17020

tutik wahyuningsih(1*)

(1) Stikes Surya Global Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK -Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta adalah rumah sakit yang menerapkan teknologi informasi dalam pelayanan kepada pasien sejak tahun 2007, kendala yang dihadapi, sistem informasi billing yang terintegrasi tidak mendukung pelayanan pasien menjadi cepat. Proses transaksi elektronik di rumah sakit terhambat, seperti entry dan pengambilan data dari sistem akibatnya pelayanan pasien dan kepuasan pasien menjadi menurun.

Metode penelitian: Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel 73 operator billing namun ada 2 kuesioner yang tidak termasuk kedalam kriteria inklusi, sehingga hanya 71 data kuesioner yang dapat diolah. Analisis data kuantitatif menggunakan aplikasi smartPLS yang dilakukan dengan mencari nilai inner model dan outer model.

Hasil Penelitian: Berdasar hasil pengujian hipotesis pada inner model dalam path-analysis beberapa konstruk yang tidak berpengaruh yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan, kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, kepuasan pengguna terhadap penggunaan serta sebaliknya. Sedangkan untuk konstruk kualitas informasi terhadap penggunaan, kualitas layanan terhadap penggunaan, kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna, penggunaan terhadap net benefit dan kepuasan pengguna terhadap net benefit secara signifikan berpengaruh.

Kesimpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa tidak semua hipotesis yang diajukan terbukti secara empiris. Beberapa hipotesis yang tidak berpengaruh antara lain kualitas sistem terhadap penggunaan, kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna, kepuasan pengguna terhadap penggunaan serta sebaliknya dikarenakan sistem informasi yang digunakan bersifat mandatory sehingga operator billing tidak mempunyai alasan untuk tidak menggunakan sistem tersebut karena sistem tersebut digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi..

Kata kunci: Kualitas Sistem,Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Intensitas Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Kentungan Bersih.


Keywords


sistem informasi,



References

Jubilee. 119 Trik Rahasia Aplikasi Internet. Yogyakarta: Elex Media Komputindo; 2007. 2. Pressmann RS. Software Engineering: A Practitioners Approach. Mc Graw Hill Companies, Inc; 2002. 3. Srinivasan A. Alternative measures of system Effectiveness: Association and Implications. MIS Q. 1985;9(3):243-253. 4. Jogiyanto. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Offset; 2007. 5. Mirani L, Lederer A. An Instrument For Assessing the Organizational Benefits of Information System Projects. Decis scieces. 1998;29(4):803-838. 6. Seddon P, Kiew M-Y. A Partial Test and Development of Delone and Mclean’s Model of IS Success. Australas J Inf Syst. 1996;4(1):90-109. doi:10.3127/ajis.v4i1.379. 7. Radityo D, Zulaikha. Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen ( Kajian Sebuah Kasus ). Simp Nas Akunt X. 2007:1-25. 8. Roldán JL, Leal A. A Validation Test of an Adaptation of the DeLone and McLean’s Model in the Spanish EIS Field. Crit reflections Inf Syst a Syst approach. 2003:66-84. doi:10.4018/978-1-59140-040-0.ch004. 9. Wang Y, Wang H, Shee D. Measuring e-learning systems success in an organizational context: Scale development and validation. Comput Human Behav. 2007;23(4):1792-1808. doi:10.1016/j.chb.2005.10.006. 10. Hanmer L. Assesment of Success of a Computerised Hospital Information System in a Sector Hospital in South Africa. MEDINFO. 2004. 11. Bharata W, Astuti ES, Kertahadi. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, kulaitas Pelayanan terhadap Minat Pengguna dan Kepuasan Pengguna serta Dampaknya Terhadap Net Benefit pada Pengguna Layanan Mobile Broadband EVDO REV B (Studi Kasus pada Pengguna Layanan Mobile Broadband REV B. E-Journal. 2014;8(10):11-12. 12. Ali M. Validating IS Success Model: Evaluation of Swedish e-Tax System. 2010. http://lup.lub.lu.se/luur/download?func=downloadFile&recordOId=1612757&fileOId=1612762. 13. Livari J. An Empirical Test of The DeLone-McLean Model of Information System Success, The Database for Advences In information System. ABI/ Inf. 2005:8-27. 14. Purwanto A. Rancangan dan Implementasi Model Keuangan Republik Indonesia atas Aplikasi E-Goverment di Pemerintah Daerah: Studi Kasus Kabupaten Sragen. 2007. doi:10.13140/RG.2.1.1040.1128. 15. Susanto A. Sistem Informasi Manajemen Konsep Dan Pengembangnnya. Bandung: Lingga Jaya; 2004. 16. Venkatesh, Moris GB, Davis GB, Davis FD. User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Q. 2003;27(3):425-427.



DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.17020

Article Metrics

Abstract views : 908 | views : 661 | views : 235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats