POTENSI PERTANIAN PEDESAAN DAN SWASEMBADA PANGAN



Gunawan Sumodiningrat(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Prioritas pembangunan sejak awal Pelita I tampak terlalu banyak menekankan pada pencapaian tujuan akhir yaitu produksi nasional yang tinggi atau pada orientasi target, tapi kurang memperhatikan keikutsertaan pelaku ekonomi dalam proses tersebut. Prioritas yang kurang memberi perhatian pada pelaku ekonominya ternyata tidak sepenuhnya memberikan hasil seperti yang diharapkan. Hal ini terlihat dari kurang siapnya pelaku ekonomi untuk tanggap terhadap keadaan yang "normal" karena keikutsertaan mereka dalam pembangunan relatif kecil. Kekurangsiapan ini merupakan kendala bagi proses pembangunan, khususnya di sektor pertanian.
Sehingga, bila sektor pertanian diharapkan untuk tetap mempunyai peranan dalam menjaga ketahanan ekonomi nasional, jelas akan memerlukan waktu dalam pembenahannya. Namun demikian, pembenahan ini akan mampu menjaga momentum pembangunan dan memanfaatkan keberhasilan pembangunan nasional yang telah dicapai hingga saat ini.


Full Text:

PDF


References

Biro Pusat Statistik, Statistik Indonesia 1983, Jakarta. 1984 (dan beberapa edisi tahun lainnya). ________, Indikator Pemerataan Pendapatan Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin Di Indonesia 1976-1981, Jakarta 1984. ________, Statistik Industri Kecil 1979, Jakarta, 1982 ________, "Perkembangan Jumlah Rumah Tangga Yang Mengusahakan Tanah Pertanian 1973 - 1980 dan 1980 - 1983" Jakarta, 1985. Collier, William L., Soentoro, Kliwon Hidayat, and Yayuk Yuliati, "Labour Absorbtion in Javanese Rice Cultivation", in Agriculture : Case Studies form South-East Asia, Acean Employment Programme, Artep, Bangkok, 1982. Department of Finance, Republic of Indonesia, Nota Keuangan, and RAPBN 1985 - 1986, Jakarta, 1985. Indonesia : Policies for Growth and employment, World Bank 1985. I.B. Teken and Herman Suwardi, dalam Mubyarto, editor, Growth and Equity in Indonesian Agricultural Development, Yayasan Agroekonomika, Jakarta, 1982. Loekman Soetrisno, et. al., Pelaksanaan Peran Serta Petani Dalam Program Pengembangan Irigasi Di Enam Desa Di Ponorogo dan Ngawi, PPSPKUGM, 1983. Mubyarto, Editor, Growth and Equity in Indonesian Agricultural Development, Yayasan Agroekonomika, Jakarta, 1982. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol 2 Tahun 1987 Murasa Sarkaniputra, Analisis Input-Output Sebagai Kerangka Strategi Pembangunan Pertanian, Disertasi Doktor, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1986. Perhepi, "Mengatasi Masalah Petani Gurem dan Buruh Tani Di Jawa", Jakarta, 1982. Pudjiwati Sajogyo, "Teknologi Pertanian dan Peluang Kerja Wanita Di Pedesaan (Suatu Kasus Padi Sawah)", in Mubyarto, editor, Peluang Kerja dan Berusaha Di Pedesaan, BPFE, Yogyakarta, 1985. Sajogyo, Pola Pemilikan Tanah Di Indonesia, Pembahasan Hasil Analisa Sensus Pertanian 1983, Biro Pusat Statistik, Jakarta l"




Article Metrics

Abstract views : 11025 | views : 7794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 1987 Journal of Indonesian Economy and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics