KEMITRAAN AGRIBISNIS TIGA TUNGKU



Azril Azahari(1*)

(1) Universitas Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebijakan strategis untuk memberdayakan petani telah dimasyarakatkan, yaitu dengan melakukan perubahan pendekatan masalah yang semula menitikberatkan pada peningkatan produksi beralih kearah kebijakan yang berorientasi pasar yang dikenal dengan pendekatan agribisnis. Strategi yang digunakan dalam pengembangan SDM Tiga Tungku adalah dengan pendekatan sistem usahatani terpadu, yaitu: (1) program pengembangan pelopor, motivator dan mandiri, (2) peningkatan peranan wanita pedesaan, (3) program pengembangan usahatani terpadu, (4) pemasaran, kredit dan tabungan. Sebelum melakukan kegiatan kemitraannya, terlebih dahulu mengadakan temu usaha antara calon pembeli atau calon pemasar termasuk “middle market” LSM dan instansi pemerintah terkait. Sedangkan rantai jaringan distribusi tataniaga yang sering digunakan petani adalah : petani-pedagang, pengumpul-pengecer atau petanipedagang, pengumpul-eksportir. Model kemitraan agribisnis yang dikembangkan adalah : model pemasaran bersama, model saham, don model kontrak lepas.

Full Text:

PDF


References

Anonimus. 1993. Pedoman Umum Sekolah Lapangan Usahatani Berorientasi Agribisnis

Azahari, A., Diding Hardedi. 1995. Kebijakan, Strategi dan Program Pengembangan Kesempatan Kerja Produktif Sektor Pertanian pada Pelita VI. Ciawi-Bogor: AMDC

Azahari, A., Iwan Rifianto, Diding Hardedi, Kusmayadi. 1995. Metode dan Bahan/ Materi Penyuluhan Agribisnis.

Bachriadi, D. 1995. Ketergantungan Petani dan Penetrasi Kapital. Bandung: Akatiga.

Badan Agribisnis. 1994. Kebijaksanaan, Strategi Agribisnis.

Badan Pendidikan Latihan dan Penyuluhan Pertanian. 1986. Evaluasi Latihan Teknis Pertanian Unit Pengembangan Tenaga Kerja Pertanian.

Biro Pusat Statistik. 1993. Sensus Pertanian Tahun 1993. Jakarta: BPS

Collins, D.J. and C.A. Montgomery. 1995. Competing on Resources: Strategy in 1990s. Harvard Business Review (JulyAugust 1995).

Darling, PH. 1993. Training for Profit : A guide in the integration of training in an organization. London: Mc.Graw Hill.

Kusmana. 1985. Proses Belajar Mengajar. Bandung: IKIP

Mitzberg, H. 1987. The Strategy Concept: Five Form Strategy. California Management Review 30.

Mintzberg, H. 1990. Strategy Formation: School of Thought in Fredrikson, J.W. (ed) New York: Harvard Business

Mitzberg, H, J.B. Quinn and J.Voyer. 1995. The Strategy Process. New Jersey: Prentice Hall. Padmanegara, S. 1993. Petani, Kemarin Hari ini dan Esok.

orter, M.E. 1990. The Competitive Advantage of Nation.. London: MacMillan.

Robinson, D.G. and J.C. Robinson. 1984. Training for Impact: How to Link Training and Measure the Results. San Franscisco: Josey Boss.

Sluck, F.W. 1980. Strategic Management for Competitive Advantage. Harvard Business Review 7-8.

Suprapto, A. 1993. Strategi Peningkatan Kemampuan dan Kualitas Sumberdaya Manusia Dalam Mengantisipasi Perkembangan Agribisnis pada Pembangunan Jangka Panjang Tahap Kedua.

Veter, E.W. 1967. Manpower Planning For High Talent Personnel. University of Michigan

Walker, J.W. 1992. Human Resource Strategy. New York: McGraw Hill.

Whittington, R. 1993. What is Strategy and Does it Matter. London: Routledge.




Article Metrics

Abstract views : 3993 | views : 15113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Journal of Indonesian Economy and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics