STRATEGI PUBLIC RELATIONS KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

https://doi.org/10.22146/jgs.66015

Trishna Dewi Wulandari(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract



Penelitian ini mendiskusikan pemanfaatan media sosial sebagai alat komunikasi suatu perusahaan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat. Secara spesifik, pemanfaatan media sosial berfokus pada Instagram yang digunakan sebagai sarana kehumasan untuk menyampaikan pesan melalui beberapa campaign dan untuk mendapatkan kepercayaan publik terhadap pembukaan kembali objek pariwisata di tengah pandemi COVID-19. Penelitian ini membahas studi kasus terhadap cara pandang Public Relations Kebun Binatang Gembira Loka sebagai salah satu kebun binatang terbesar di sekitar Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta, juga sebagai salah satu tempat wisata utama di kota Yogyakarta dalam beradaptasi dengan pandemi. Data penelitian dikumpulkan dari wawancara dengan Kepala Bagian Humas Kebun Binatang Gembira Loka, dan analisis dari konten Instagram resmi mereka. Hasil studi menunjukkan bahwa Public Relations Officers (PRO) Kebun Binatang Gembira Loka memandang pandemi sebagai tantangan untuk beradaptasi dengan melakukan digital campaign dalam tiga tahap, yaitu Pra-Reopening dengan mengusung tema ‘Jendela GL-Zoo’ selama tiga bulan, pre-reopening, reopening, dan post-reopening untuk mendapatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap Kebun Binatang Gembira Loka. Campaign tersebut mendapat respon positif dari masyarakat dan pembukaan kembali Kebun Binatang Gembira Loka berhasil menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa kebun binatang tersebut aman untuk dikunjungi di tengah pandemi COVID-19.

Kata kunci: Public Relations, Kebun Binatang Gembira Loka, COVID-19, digital campaign


Keywords


journal vocational; komunikasi; Public Relations; Humas; hubungan masyarakat; Kebun Binatang Gembira Loka; vokasi; digital campaign

Full Text:

PDF


References

Atkin, CK, Rice., RE (2009), “Theory and Principles of Public Communication Campaigns”

Apriananta, Y. J., & Wijaya, L. S. (2018). “Penggunaan Website Dan Media Sosial Dalam Membangun Citra Positif Perguruan Tinggi”. Komunikatif. 7(2), 187–209.

Bertrandias, L., & Goldsmith, R. (2006). Some Psychological Motivations for Fashion Opinion Leadership and Fashion Opinion Seeking. Journal of Fashion Marketing and Management.

Digital 2020: 3,8 Miliar Orang Menggunakan Media Sosial (Januari, 2020). https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media

Elvina, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 2(1), 106-118. https://doi.org/10.36987/ecobi.v2i1.722

Herlina, S. (2015). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintahan di Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 4(3).

Hidayat, D., & Hafiar, H. (2019). Nilainilai budaya soméah pada perilaku komunikasi masyarakat Suku Sunda. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 84–96

Hidayat, Dasrun., et.al. (2020). “Digital Media Relations Pendekatan Public Relations dalam Menyosialisasikan Social Distancing di Kota Bandung”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 18, No. 3 December 2020, 257-268 DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3575

Hudson, Matthew. (2020). “What is Social Media?’. https://www.thebalancesmb.com/what-is-social-media-2890301

Instagram Resmi Gembira Loka Zoo. @glzoojogja

Kadarisman, Ade. (2020). “Government public relations dalam pengembangan pariwisata masa pandemi

COVID-19 di Geopark Ciletuh”. PRofesi Humas, Volume 5, No. 2, 2021, hlm. 270-290

“Mahfud MD Kunjungi Gembira Loka Bersama Cucu”. (2020) Situs Resmi Kebun Binatang Gembira Loka. Berita. https://gembiralokazoo.com/mahfud-md-kunjungi-gembira-loka-bersama-cucu.html

Parthawa, Krisyantoro, R., dan W. (2015). “A Test Of Five Factor Model on Different Roles of Government and Private Public Relations Practitioners in Indonesia”. Global Journal of Human Social Science, XV, 17–22.

Pratama, N. A., & Hidayat, D. (2020). Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat Memaknai Social Distancing. Jurnal Digital Media & Relationship, 2(1), 1–10.

Ramadhan, Fahmi. Humas Gembira Loka. Wawancara 1 Desember 2020

Subekti, P., Hafiar, H., & Bakti, I. (2020). “Penggunaan Instagram oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengoptimalkan destination branding Pangandaran”. PRofesi Humas,4(2), 174–192.

Syarah, Maya May. (2020). “Strategi Humas Dalam Menyampaikan Informasi Terkait Eksistensi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Masa Pandemi COVID-19”. Jurnal Public Relations (J-PR), Jilid 1, Vol. 2, 97-101

Wahab, Salah (1996). Menenjemen Kepariwisataan. PT. Pradnya Paramita, Jakarta. http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/20099

White, Kaylee S.,(2012). "Effective Poster Design". Proyek Capstone Honours Sarjana. 116.

https://digitalcommons.usu.edu/honors/116

Yin, R. K. (2014). Study Kasus: Desain dan Metode (1st ed.). Rajawali Pers.



DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.66015

Article Metrics

Abstract views : 3093 | views : 3871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Gama Societa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

topreneur/