PENGARUH SCHOOL FROM HOME SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP ORANG TUA
Delia Cahyaning Tiyas(1*), Dwi Swastri Mahesharani(2), Fahima Ulya Hanza(3), Tian Malitha Desy(4)
(1) Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris, Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris, Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris, Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(4) Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris, Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Wabah pandemi COVID-19 mengharuskan pemerintah mengambil langkah pencegahan untuk menekan laju penyebaran virus. Salah satu langkah pencegahan yang dilakukan adalah menutup sekolah dan memindahkan proses belajar secara online yang dapat dilakukan di rumah. Kegiatan belajar mengajar secara online, yang kemudian akan disebut sebagai school from home, tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh murid, tetapi juga dengan bantuan para orang tua. Jika penelitian sebelumnya hanya berfokus pada pengalaman orang tua selama school from home ketika pandemi COVID-19, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan penelitian. Penelitian kualitatif ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah memahami hubungan antara ibu pekerja dan anak mereka sebelum dan selama pelaksanaan school from home. Yang kedua adalah untuk mengobservasi strategi yang digunakan oleh ibu pekerja dalam mendukung pelaksanaan school from home. Dalam memilih partisipan, penelitian ini menggunakan teknik convenience dan purposive sampling, sementara metode yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui studi literatur dan wawancara terhadap para ibu yang bekerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan para ibu pekerja dengan anak mereka menjadi lebih baik selama pelaksanaan school from home, karena mereka dapat berkomunikasi dan berinteraksi lebih sering. Seluruh partisipan menyatakan mereka mengalami kesulitan selama school from home, tetapi mereka juga memiliki langkah-langkah untuk mengatasi kesulitan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bertuol, M., Cheng, Z., Mendolia, S., Paloyo, A., & Savage, D. (2020). Working Parents, Financial Insecurity, and Childcare; Mental Health in the Time of COVID-19. 5.
Bhamani, S., Makhdoom, A. Z., Bharuchi, V., Ali, N., Kaleem, S., & Ahmed, D. (2020). Home Learning in Times of COVID: Experiences of Parents. Journal of Education and Educational Development, 12.
Brazendale, K., Beets, M., Weaver, R., R.R., P., G.M., T.-M., A.T., K., et al. (2017). Understanding differences between summer vs. school obesogenic behaviors of children: the structured days hypothesis. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 100.
Fathiyah, W. (2020, March 21). Wabah Virus Corona, Gubernur DKI Serukan Perkantoran Tutup Sementara. Retrieved October 25, 2020, from VOA Indonesia: https://www.voaindonesia.com/a/wabah-virus-corona-gubernur-dki-serukan-perkantoran-tutup-sementara/5339168.html
Greene, K., Derlega, V., & Mathews, A. (2006). Self-Disclosure in Personal Relationships. Cambridge University Press.
Kassamali, N., & Rattani, S. A. (2014). Factors that affect attachment between the employed mother and the child, infancy to two years. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159, 6-15.
Kingsley, M. (2020). The Role of Context in Work-Family Challenges and the Implications for Children's Development.
Liu, Q., Zhou, Y., Xie, X., Xue, Q., Zhu, K., Wan, Z., et al. (2020). The prevalence of behavioral problems among school-aged children in home quarantine during the COVID-19 pandemic in China. Journal of Affective Disorders.
Mattingly, M. J., & Bianchi, S. M. (2003). Gender differences in the quantity and quality of free time: The U.S. experience. Social Forces, 999-1030.
Nurulita, D., Naryoso, A., Lestari, S. B., & Lailiyah, N. (2016). Pengaruh Intensitas Komunikasi dalam Keluarga dan Tingkat Kedekatan Fisik terhadap Intimate Relationship. Interaksi Online, 4.
Ritchie, J. (1982). Child-rearing practices and attitudes of working and full-time mothers. Women's Studies International Forum, 5, 419-425.
Roeters, A., Van der Lippe, T., & Kluwer, E. (2010). Work Characteristics and Parent-Child Relationship Quality: The Mediating Role of Temporal Involvement. Journal of Marriage and Family, 72, 1317-1328.
Sharps, P., & Francis, L. (2020, August 18). Kids are bigger coronavirus spreaders than many doctors realized. Retrieved October 25, 2020, from The Conversation: https://theconversation.com/kids-are-bigger-coronavirus-spreaders-than-many-doctors-realized-heres-how-schools-can-lower-the-risk-144562
Tang, S., Xiang, M., Cheung, T., & Xiang, Y.-T. (2020). Mental Health and Its Correlates among Children and Adolescents during COVID-19 School Closure: The Importance of Parent-Child Discussion. Journal of Affective Disorders.
Tong, L., Shinohara, R., Sugisawa, Y., Tanaka, E., Maruyama, A., Sawada, Y., et al. (2009). Relationship of working mothers' parenting style and consistency to early childhood development: A longitudinal investigation. Journal of advanced nursing, 2067-2076.
Valdés-Cuervo, A. A., Grijalva-Quiñonez, C. S., & Parra-Pérez, L. G. (2020). Mothers’ motivational beliefs and children's learning purpose for doing homework: The mediate effects of autonomy support and control. Revista de Psicodidáctica (English ed.), 25, 100-108.
WHO. (2020, September 18). Coronavirus disease (COVID-19): Schools. Retrieved October 25, 2020, from World Health Organization Website: https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-schools-and-covid-19
Wilder, S. (2014). Effects of parental involvement on academic achievement: A meta-synthesis. Educational Review, 66, 377-397.
DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.65790
Article Metrics
Abstract views : 950 | views : 1162Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Gama Societa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.