STRATEGI CORPORATE MELALUI MEDIA SOSIAL DI PT ANGKASA PURA I (PERSERO) JUANDA SURABAYA

https://doi.org/10.22146/jgs.64024

Hifzhan Frima Thousani(1*), Agustinus Doedyk Setiyawan(2)

(1) Politeknik Negeri Madiun
(2) Politeknik Negeri Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Komunikasi memegang peranan penting untuk kegiatan operasional perusahaan. Pelaksanaan strategi komunikasi yang baik akan mempermudah perusahaan dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui strategi corporate communication yang diterapkan PT Angkasa Pura I (Persero) Juanda Surabaya melalui Instagram. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi corporate communication yang diterapkan di PT Angkasa PuraI (Persero) Juanda Surabaya melalui Instagram didasarkan pada kerangka kerja yang mencakup perusahaan, pesan-pesan, konstituen, dan respon konstituen.

Keywords


jgs;admnistrasi bisnis;jurnal administrasi bisnis; vokasi;

Full Text:

PDF


References

Argenti, P.A. 2010. Komunikasi Korporat (Edisi 5). Aila Idris, P. (Penerjemah). Jakarta: Salemba Humanika Corporate.

Cakranegara, Pandu Adi & Susilowati, Ety. 2017. Analisis Strategi Implementasi Media Sosial (Studi Kasus UKM “XYZ”). FIRM Journal of Management Studies, 2(2):1-16.

Caleb T Carr, Rebecca A Hayes. 2015. Social Media: Defining, Developing and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23: 46–65. Tersedia di https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/15456870.2015.972282

Chandra, Arie. 2011. Strategi Komunikasi Bisnis yang Efektif dalam mengatasi Krisis. Jurnal Administrasi Bisnis FISIP Universitas Katolik Parahyangan, 6(2) : 191-203.

Communication, 5th ed. CupoNation, 2019. SosialMedia dan Messenger di Indonesia di https://cuponation.co.id/magazin/indonesia (akses 30 Maret 2020).

Daryanto. 2010. Ilmu Komunikasi 1. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Direksi PT Angkasa Pura I (Persero). 2019. Organisasi dan Tata Kerja Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Juanda Surabaya. Surabaya: PT Angkasa Pura I (Persero).

Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kietzmann, J. H. (2011). Social Media? Get Serious! Understanding the Functional Building Block of Social Media. Business Horizon, 241-251.

Mohamad, Bahtiar dan Bungin, Burhan. 2020. Corporate Communication [Komunikasi Perusahaan] Teori, Aplikasi, dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

PT Angkasa Pura I (Persero). 2018. Sejarah, Visi, Misi, dan Nilai di https://www.ap1.co.id (akses 24 Juni 2020).

Razak.M& Hidayat.M. 2016. Developing the Office of Strategic Management as a Tool to Support the Implementation of Balanced Scorecard in Bosowa Corporation. American Journal for Applied Science, 13(11) : 1315-1325 DOI : 10.3844/ajasp.2016.

Rusmana, Agus., dkk. 2019. Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer. Bandung: Unpad Press.

Safko, L. 2010. The Social Media Bible: The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Bussines Success. Second Edition. New Jersey: John Wiley & Sons

Sanuantari, Malik. 2012. Penerapan Budaya Perusahaan Dalam Pembentukan Citra Perusahaan Jasa Perhotelan. Journal Communication Spectrum, 2(1): 43–62.

Solis, B. 2010. Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate and Measure Success on the Web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulianta, Feri. 2015. Keajaiban Media Sosial. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Tosepu, Yusrin Ahmad. 2018. Media Baru dalam Komunikasi Politik. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.

Yunanda, Martha. 2011. Metode Inquary dalam Pembelajaran. Artikel Social-Science.

Zein, Mohamad Fadhilah. 2019. Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Generasi Emas Milenial. Jakarta: Mohamad Fadhilah Zein.



DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.64024

Article Metrics

Abstract views : 179 | views : 224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Gama Societa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently, Jurnal Gama Societa indexed by: