Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Hotel (Studi Kasus Hotel Baha-Baha Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat) Tahun 2012-2016

https://doi.org/10.22146/jgs.40422

Wahyu Haryadi(1*), Binar Dwiyanto Pamungkas(2)

(1) Program Studi Manajemen/Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Universitas Samawa, Indonesia
(2) Program Studi Ekonomi Pembangunan/Fakultas Ekonomi dan Bisnis/Universitas Samawa, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa jauh faktor-faktor yang diteliti yang mampu mempengaruhi pendapatan kamar, serta menentukan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan kamar pada hotel Baha-Baha Sekongkang. Metode analisis data yang digunakan dalam analisis ini adalah koefesien regresi linier berganda. Variable-variabel yang diteliti yang dianggap berpengaruh terhadap pendapatan kamar pada Hotel Baha-Baha Sekongkang adalah tarif kamar, biaya promosi dan jumlah kamar. Berdasarakan metode penelitian, penelitian ini menggunakan metode interview dan ovservasi dalam memperoleh data, sedangkan data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, ternyata faktor jumlah kamar merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan kamar. Faktor-faktor tariff kamar dan biaya promosi walaupun tidak sedominan faktor jumlah kamar, namun secara bersama-sama mampu mempengaruhi pendapatan kamar yang telah dibuktikan melalui uji F dengan menggunkan program SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah ternyata pada Hotel Baha-Baha Sekongkang jumlah kamar merupakan hal yang paling mendominasi pendapatan kamar yang ada

Keywords


biaya promosi, jumlah kamar dan pendapatan kamar, tarif kamar

Full Text:

PDF


References

Alma, B. (2004). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, CarlMcdaniel. (2001).

Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Gitosudarmo, Indriyo. (1994). Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE.

Henry Simamora. (2002). Akuntansi Manajemen, Jakarta: Salemb Empat.

Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Husein Umar. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Cetakan kedua. Gramedia, Jakarta: Pustaka Utama.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2002). Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Khotijah, S. (2004). Smart Strategy of Marketing. Bandung: Alfabeta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 1991. Principle of Marketing, Fifth edition New Jersey: Prentice-Hall Inc.

-------. (1997). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Jakarta: Prenhalindo.

-------. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan, Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kusnadi. (2000). Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate) (Prinsip, Prosedur, dan Metode), Malang: Universitas Brawijaya.

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Nastalia, Hetty. (2013). Pengaruh Biaya Promos terhadap Penjualan pada PT. Mahakam Vision Network di Samarinda, Samarinda: e-JournaI ilmu Administrasi Bisnis.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication

Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rumekso. (2001). Housekeeping Hotel. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulastiyono, A. (2006). Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu DH dan irawan, (1990). Manajemen PemasaranModern. Edisi kedua, Yogyakarta: Liberty.

-------. (2001). Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: BPFE. Theodorus M. Tuanakotta. (2000). Teori Akuntansi, Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Swastha, B. (1999). Azas-Azas Marketing. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (1997). “Prinsip – prinsip Total Quality Service”. Yogyakarta: CV. AndiOffset.

Walpole, R. E. (1995). Pengantar Statistika. Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.



DOI: https://doi.org/10.22146/jgs.40422

Article Metrics

Abstract views : 4004 | views : 22101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Gama Societa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently, Jurnal Gama Societa indexed by: