Pengembangan Kinerja Phantom Nasogastric Tube Menggunakan Sensor Pendeteksi Warna
Putra Mulia(1*), Trivini Valencia(2), Qodry Alamsyah(3)
(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(*) Corresponding Author
Abstract
Penggunaan phantom pada praktikum pemasangan nasogastric tube (NGT) bertujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman simulasi mendekati kondisi klinis di rumah sakit. Namun, kekurangan penggunaan phantom tersebut tidak bisa menunjukkan respon fisiologis dan indikator-indikator yang menandakan selang NGT telah masuk sesuai organ sasaran (lambung). Hal ini menyulitkan mahasiswa untuk memastikan ketepatan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kinerja phantom NGT setelah ditambahkan sensor. Desain penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) berdasarkan Borg and Gall Steps Scheme. Sensor yang digunakan yaitu sensor pendeteksi warna TCS3200 dengan sistem operasi ardiuno. Sampel penelitian ini adalah 25 orang mahasiswa dan 4 dosen pengampu praktikum NGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem sensor dapat membantu mahasiswa dan dosen memastikan ketepatan pemasangan selang NGT. Nilai uji coba lapangan didapatkan hasil 90,6 % dengan kualifikasi sangat baik dan tidak perlu revisi. Kesimpulan penelitian bahwa pengembangan phantom NGT menggunakan sensor pendeteksi warna dapat membantu mahasiswa dan dosen pada praktikum NGT di Laboratorium.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini dan Yuli. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Pocket Book untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Manual (PAM). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
Angko, N. dan Mustaji, F.N. 2013. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. KWANGSAN: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1 (1): 1-15
Berman, A., Snyder. S. & Fradsen, G. 2016. Kozier & Erb’s Fundamentals on Nursing 10th edition. New York, Pearson Education
Crouch, R., Charters A., Dawood, M., and Bennet P. 2017. Oxford Handbook of Emergency Nursing. New York, Oxford University Press
Fitri, A., Mulia, P., dan Febriyanti, E. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Alternatif Phantom Injeksi Modifikasi pada Kegiatan Praktikum di Laboratorium Keperawatan. HEALTH CARE: Jurnal Kesehatan, 10 (1): 8-14
Gall, M.D., Gall, J.P., and Borg, W.R. 2006. Educational Research: An Introduction 8th edition. New York, Pearson Education
Hodin, R.A. and Bordeianou, L. 2019. Inpatient Placement and Management of Nasogastric and Nasoenteric Tubes in Adults. Waltham, MA: UpToDate Inc
Lim, R., Chen, Y., Ven Wee, J.Y., M. Sikkandhar and Cheng, M.Y. 2023. Integrated pH and Strain Sensors Development for Nasogastric Tube Placement Application. IEEE 73rd Electronic Components and Technology Conference (ECTC), Orlando, FL, USA, 2023, pp. 1703-1707
Miyasaka, M., Li, H., Tay, K.V., and Phee, S.J. 2021. A Low-Cost, Point-of-Care Test for Confirmation of Nasogastric Tube Placement via Magnetic Field Tracking. Sensors, 21 (4491): 1-17
Nomleni, E.T., dan Manu, T.S.N. 2018. Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8 (3): 219-230
DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v1i3.90093
Article Metrics
Abstract views : 2193 | views : 7515Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Laboratory
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.