Uji Daya Hambat Bakteri Escherichia coli pada Produk Hand Sanitizer

https://doi.org/10.22146/ijl.v4i2.68103

Sumarsih Sumarsih(1*)

(1) Laboratory of Agrobiotechnology, Faculty of Agriculture, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat bakteri Escherichia coli pada produk hand sanitizer. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal menggunakan 3 variabel perlakuan dan tiap perlakuan diulang tiga (3) kali. Perlakuan yang diujikan adalah penambahan gliserol 98% dan H2O2 3% pada hand sanitizer dengan bahan kimia serta penambahan gel aloe vera dan esensial oil jeruk nipis pada produk hand sanitizer dengan bahan alami dibandingkan dengan produk hand sanitizer komersial sebagai kontrol.  Parameter yang diamati merupakan diameter zona hambat bakteri Eschericia coli. Analisis data hasil penelitian menggunakan teknik analisis sidik ragam ANOVA 5% dan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) untuk perlakuan yang berbeda nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk hand sanitizer komersial memiliki daya hambat bakteri Escherichia coli yang lebih besar dibandingkan dengan produk hand sanitizer dengan bahan kimia maupun hand sanitizer dengan bahan alami buatan sendiri.


Keywords


Hand sanitizer; daya hambat; bahan kimia; gel aloe vera; Escherichia coli

Full Text:

PDF


References

Aminah Asngad, Aprilia Bagas R, Nopitasari. (2018). Kualitas Gel Pembersih Tangan (Handsanitizer) dari Ekstrak Batang Pisang dengan Penambahan Alkohol, Triklosan dan Gliserin yang Berbeda Dosisnya. Jurnal Bioeksperimen. 4 (2) : 61-70.

Baizuroh. N , Yahdi, Y. K. Dewi, 2021. Uji Kualitas Hand Sanitizer Ekstrak Daun Kunyit (Curcuma Longa Linn). Jurnal Al-Kimiya Ilmu Kimia dan Terapan Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 8 (1).

Fatisa. Y. (2013). Daya Antibakteri Ekstrak Kulit dan Biji Buah Pulasan (Nephelium mutabile) Terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli Secara In Vitro. Jurnal Peternakan Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 10 (1).

Lusiana R. A., D. S. Widodo, L. Suyanti, Gunawan, A. Haris. 2020. Edukasi Pembuatan Hand Sanitizer Berbasis Lidah Buaya pada Masyarakat Desa Harjowinangun, Grobogan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN FMIPA Universitas Lampung. 1 (1).

Nelintong N, Isnaeni, N. E. Nasution. 2015. Aktivitas Antibakteri Susu Probiotik Lactobacilli Terhadap Bakteri Penyebab Diare (Escherichia coli, Salmonella typhimurium, Vibrio cholerae). Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 2 (1).

Susanty, T .Y. Hendrawati , W. D. Rusanti, 2020. Pengaruh Penambahan Gel Aloe Vera Terhadap Efektifitas Antiseptik Gel. Jurnal Teknologi Universitas Muhammadiyah Jakarta. 12 (1).



DOI: https://doi.org/10.22146/ijl.v4i2.68103

Article Metrics

Abstract views : 5011 | views : 7142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

View My Stats