SISTEM DOKUMENTASI PENGELOLAAN LIMBAH CAIR BERACUN DAN BERBAHAYA (B3) DI LABORATORIUM JASA UJI



Tia Amina Setiawati(1*)

(1) Laboratorium Jasa Uji Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract


Laboratorium sebagai sarana utama dalam kegiatan tri darma perguruan tinggi, menghasilkan limbah beracun dan berbahaya (B3). Limbah B3 tersebut selalu bertambah setiap harinya sehingga perlu dibuatkan sistem pengelolaannya. Laboratorium jasa Uji FTIP sebagai laboratorium layanan pengujian pangan melayani 28 jenis parameter uji kimia, dihasilkan 22 jenis limbah cair B3 pula. Sebagai langkah awal pengelolaan, perlu dibuatkan sistem pendokumentasian agar pendataan terhadap limbah bisa lebih tertata. Pada penelitian ini, pendokumentasian pengelolaan limbah dikhususkan untuk limbah cair B3 yang dihasilkan oleh laboratorium jasa Uji yang berada di lingkungan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran. Sistem dokumentasi limbah cair B3 berdasarkan bahan dasar penyusun limbah yang pendokumentasiannya disesuaikan dengan yang tertera pada dokumen KAN-P-15, tentang Pedoman Teknis untuk Pengelolaan Limbah Laboratorium untuk Akreditasi Laboratorium Lingkungan. Hasil pendokumentasian telah dapat mengelompokkan limbah cair B3 menjadi 6 kelompok, yaitu A (kelompok yang mengandung pelarut organik, 50%), B (kelompok yang mengandung sianida, 4,5%), C (kelompok yang mengandung Fluorida dan Fosfor,9,1%), F (kelompok yang mengandung logam berat, 4,5%), G (kelompok yang mengandung asam dan basa, 22,7%) dan H (kelompok yang mengandung senyawa lainnya, 9,1%). Pendokumentasian ini memudahkan dalam pengelompokkan dan pendataan limbah.

Keywords


Laboratorium, limbah cair B3, pengelolaan, sistem pendokumentasian

Full Text:

PDF


References

Brawijaya, U. 2015. Hazardous Waste Sanitasi Dan Pengolahan Limbah.

Komite Akreditasi Nasional. 2009. Pedoman Teknis untuk Pengelolaan Limbah Laboratorium untuk Akreditasi Laboratorium Lingkungan. Jakarta

Putri, A. A. 2012. Desain Pengolahan Limbah Kimia Laboratorium Dengan Prinsip Reduce, Reuse, Dan Recycle (Studi Di Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo Semarang). 27–31.

Sidik, A.A, Damanhuri,E. 2012. Studi Pengelolaan Limbah B3 (Bahan beracun dan berbahaya) Laboratorium-Laboratorium di ITB. Jurnal Teknik Lingkungan. Volume 18 No 1 12-20. Bandung.




Article Metrics

Abstract views : 912 | views : 516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Laboratory

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats