Persepsi Mahasiswa Terhadap Layanan Online Aplikasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pada Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kudus
Triana Ratnasari(1*)
(1) IAIN Kudus
(*) Corresponding Author
Abstract
Instansi pendidikan tinggi Agama Islam menyediakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Kudus secara Online dalam mendukung sistem manajemen mutu perguruan tinggi yang ditujukan bagi mahasiswa, dosen dan pegawai. Penelitian ini bertujuan menjelaskan sejauh mana perkembangan layanan online aplikasi PTSP pada Biro AUAK IAIN Kudus, khususnya layanan Subbag Administrasi Akademik dan Subbag Kemahasiswaan dan Kerjasama. Layanan mahasiswa menjadi penting untuk diteliti, bagaimana sesungguhnya tingkat kepuasan pengguna karena persepsi mahasiswa (pengguna) diperlukan sebagai masukan dalam pengembangan layanan PTSP ke depannya. Penelitian ini mengidentifikasi layanan mahasiwa antara sebelum dan sesudah diimplementasikannya layanan online aplikasi PTSP tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan dari penelitian ini mendeksripsikan tingkat kepuasan mahasisws terhadap layanan online yang merupakan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mendukung mahasiswa secara mandiri. Hasil yang diperoleh menunjukkan pengguna layanan online PTSP menyatakan puas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daraba, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Rangka Mewujudkan Pemerintahan yang Baik Di Kabupaten Takalar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 5(1), 1. https://doi.org/10.26858/jiap.v5i1.1066
Rizky Fitriyansyah, Aries Djaenuri, & Mansyur. (2020). Efektivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Aceh. Visioner : Jurnal Pemerintahan Daerah Di Indonesia, 12(4), 685-694. https://doi.org/10.54783/jv.v12i4.329
Sumartini, S., Harahap, K. S., & Sthevany, S. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Menggunakan Metode Skala Likert Di Perusahaan Pembekuan Tuna. Aurelia Journal, 2(1), 29-38.
Murtikasari, R. A., Asrivana Yusuf M, & Lukman Arif. (2020). Efektivitas Pengelolaan Arsip Elektronik Di Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 1(3), 47–55. https://doi.org/10.46799/jst.v1i3.30
Paramita, A. S., Maryati, I., & Tjahjono, L. M. (2023). Perancangan Infrastruktur Teknologi Informasi Untuk Aplikasi Penilaian Kolaboratif Pada Perguruan Tinggi. Technomedia Journal, 8(1), 1-10.
Siahaan, A., Anggara, A. B., Ramadani, I., Mtd, N. P., & Rozzaqiyah, Z. (2023). Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3645-3651.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wahyuningtias, D., Putranto, T. S., & Kusdiana, R. N. (2014). Uji kesukaan hasil jadi kue brownies menggunakan tepung terigu dan tepung gandum utuh. Binus Business Review, 5(1), 57-65.
Indonesia. (2009). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2009 TENTANG KEARSIPAN.
Indonesia. (2012). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 28 TAHUN 2012 TENTANG PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 43 TAHUN 2009 TENTANG KEARSIPAN.
Indonesia. (2018). PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 95 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK.
Indonesia. (2021). PERATURAN ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2021 TENTANG PEDOMAN UMUM TATA NASKAH DINAS. Arsip Nasional Republik Indonesia.
Indonesia. (2022). PERATURAN REKTOR INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS NOMOR 01 TAHUN 2022 TENTANG TATA NASKAH DINAS DI LINGKUNGAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS. IAIN Kudus.
Pustaka website
http://www.iainkudus.ac.id/
Baca artikel detikedu, "Pengertian Indikator, Fungsi, dan Contoh Sehari-hari" selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6165964/pengertian-indikator-fungsi-dan-contoh-sehari-hari.
DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.83121
Article Metrics
Abstract views : 1276 | views : 808Copyright (c) 2023 Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
....................................................................................................................................................................................................................................................
The Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan with online ISSN: 2598-0009 and print ISSN: 2597-9981 is published by Universitas Gadjah Mada. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.