Profesi Kearsipan : Antara Pengakuan dan Integritas (Studi Kasus Pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral)

https://doi.org/10.22146/diplomatika.43437

Wisudowati Ayu Sugito(1*)

(1) Ministry of Energy and Mineral Resources of the Republic of Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) sebagai instansi yang bertanggung jawab terhadap keamanan pasokan energi dalam negeri, dimana dalam pelaksanaan tugas dan fungsi akan mempengaruhi ketahanan ekonomi nasional dan ketahanan energi nasional sehingga arsip yang tercipta memiliki nilai sejarah tapak tilas bangsa Indonesia dalam sektor energi dan sumber daya mineral. Sudah selayaknya arsip dimaksud dikelola oleh sumber daya manusia kearsipan profesional. Namun, meskipun kebutuhan akan jabatan fungsional arsiparis sangat besar, pandangan dan minat pemilihan karir profesi kearsipan tergolong rendah.

Penelitian ini mencoba mengkaji motivasi pilihan karir profesi kearsipan lebih dipengaruhi oleh pengakuan profesi kearsipan dari pihak eksternal atau integritas kearsipan dalam diri pejabat fungsional arsiparis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan dengan melaksanakan wawancara dengan para fungsional arsiparis dengan penyesuaian/inpassing serta pejabat struktural yang menangani ketatausahaan dan kearsipan dengan wawancara sistem terbuka, melakukan pengamatan terhadap kondisi kerja serta melakukan kajian terhadap dokumen yang relevan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi aparatur negeri sipil terhadap pilihan karir sebagai fungsional arsiparis sebagian besar karena kepangkatan yang stagnan serta prosedur inpassing yang relative mudah. Integritas kearsipan sendiri menjadi sangat tidak berarti dalam pilihan karir profesi kearsipan.

 


Keywords


arsiparis; pengakuan; integritas; profesi

Full Text:

PDF


References

Ardyawin, Iwin, ’Kompetensi Arsiparis Dalam Pengelolaan Kearsipan Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat’, UIN Sunan Kalijaga, Jogjakarta

Asih, Candra Dewi, ‘Self Concept dan Self Efficacy di Kelompok Pengelola Arsip Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT)’.

Ayu, Aryni 2012, ‘Isu Tentang Penghargaan Sebuah Arsip’. [Diakses pada 11 Agustus 2018] pada http://www. kompasiana.com

Azmi, 2005, ‘Membangun Budaya Baca Arsiparis’. Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi, ANRI, Jakarta

Basuki, Sulistyo 2005, Kamus Istilah Kearsipan, Kanisius, Jogjakarta

Effendi, Ully Isnaeni, 2014, ‘Reframing Sumber Daya Manusia Kearsipan’, Khazanah, Jogjakarta

Effendi, Ully Isneni, 2016,’Peningkatan Kualitas Arsiparis melalui Personal Branding’, Khazanah, Jogjakarta.

Jeurgens, Charles, 2007, ‘Pengalaman-pengalaman seorang Arsiparis Belanda di Indonesia’

Kurniatun, 2014, ‘Arsiparis : Antara Realita dan Harapan’, Khasanag, Jogjakarta

Kurniatun, 2016, ‘Kebijakan Pengembangan Arsiparis di Indonesia dan Tantangannya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean(MEA)’, Khasanah, Jogjakarta

Mahmudah, Rihlatul, A & Rahmi, L 2016, ‘Urgensi dan Integritas Arsip dalam Konteks Kebangsaan dan Kesadaran Sejarah’, Lentera Pustaka, Vol 1-8

Nuryani, Anna Nunuk, ’Persepsi Pejabat Struktural terhadap Pelaksanaan Tata Kearsipan di Pemerintah Daerah DIY’, BPAD DIY, Jogjakarta

Peraturan Kepala ANRI Nomor 30 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyesuaian / Inpassing Jabatan Fungsional Arsiparis.

Peraturan Kepala ANRI Nomor 6 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan Fungsional Arsiparis Melalui Penyesuaian/Inpassing.

Peraturan Kepala ANRI Nomor 4 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Kepala ANRI Nomor 6 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan Fungsional Arsiparis Melalui Penyesuaian/Inpassing

Peraturan Kepala Nomor 12 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyesuaian / Inpassing, Pelaksanaan Uji Kompetensi, dan Penetapan Kebutuhan Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian, Auditor Kepegawaian, dan Assesor Sumber Daya Manusia Aparatur.

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dala Jabatan Fungsional Pustakawan melalui Penyesuaiaan/Inpassing.

Pratama, Rizky Ardian, ‘Persepsi Pengelola Arsip Terhadap Jabatan Fungsional Arsiparis (Studi Deskriptif tentang Persepsi Arsip Terhadap Jabatan Fungsional Arsiparis di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur di Bagian Kearsipan’.

Rusidi,  ‘Catatan Kecil tentang Arsiparis Indonesia’, BPAD DIY, Jogjakarta

Siambaton, Ernita, ‘Motivasi Kerja Arsiparis pada Departemen Pekerjaan Umum’ Universitas Indonesia, Jakarta

Surat Edaran Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Sekretaris Utama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 0331/SES/01/2018 tentang Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional nomor 17 Tahun 2017 tentang petunjuk Teknis Pelaksanaan Penyesuaiaan/Inpassing ke Dalam Jabatan dan Angka Kredit Fungsional Perencana.

Wahyani, ’Kompetensi Arsiparis: Membangun Citra Diri Menguatkan Profesi’, UIN Sunan Kalijaga, Jogjakarta

Widodo, Bambang P, ‘Kedudukan Arsiparis dalam Melakukan Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan’, ANRI



DOI: https://doi.org/10.22146/diplomatika.43437

Article Metrics

Abstract views : 190 | views : 116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Diplomatika: Jurnal Kearsipan Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN (online) : 2598-0009

ISSN (print)   : 2597-9981

View My Stats