Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for BALAIRUNG: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Indonesia?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Dewan Redaksi BALAIRUNG membuka kesempatan untuk semua mahasiswa yang sedang menempuh studi S1 / Diploma untuk berkontribusi dalam Jurnal BALAIRUNG Vol.1 No.2 (2018). Tema besar yang diangkat dalam edisi ini adalah "Hewan dan Manusia". Penjelasan lebih lanjut terkait tema ini dapat dilihat dan diunduh di sini.

Dewan Redaksi BALAIRUNG menerima submisi artikel yang sesuai dengan ketentuan berikut:  

  1. Artikel belum pernah dipublikasi, diterima dalam publikasi manapun, atau sedang dipertimbangkan untuk publikasi manapun. Sebagai tambahan dokumen, pernyataan tertulis harus dilampirkan untuk membenarkan bahwa artikel yang diunggah adalah orisinil dan tidak mengandung elemen plagiarisme. Formulir pernyataan dapat diunggah di sini.

  2. Artikel boleh ditulis lebih dari satu orang penulis, maksimal dua orang.

  3. Penulis dituntut memahami fenomena yang terkandung dalam tema secara detail dengan berbagai perspektif keilmuan yang didalami. Artikel dapat ditulis dalam berbagai pendekatan dan metode ilmiah. Artikel bersifat analitis yang disertai oleh data-data yang presisi dengan mempertimbangkan kebaruan.

  4. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia. Pemaparan penulis harus mengikuti kaidah-kaidah penulisan artikel ilmiah. Walaupun begitu, sebaiknya artikel disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Penulis mengasumsikan pembaca adalah orang yang awam dengan tema yang dibahas. Apabila terdapat istilah dalam disiplin ilmu yang bersifat eksklusif, penulis harus memberi penjelasan terkait istilah tersebut.

  5. Artikel ditulis dalam format 1 spasi dalam kertas ukuran A4 (21cm x 29.7 cm), antara 5000-8000 kata termasuk referensi, gambar, dan tabel. Batas tepi (margin) dari artikel adalah 3 cm untuk sisi kiri dan atas; dan 2 cm untuk sisi kanan dan bawah.

  6. Artikel harus dalam bentuk esai yang meliputi:

    • Judul

    • Nama penulis (tanpa gelar akademik) dengan nama institusi dan alamat surel.

    • Abstrak dalam Bahasa Indonesia (150-200 kata) yang meliputi: (1) pertanyaan utama dari penelitian; (2) tujuan penelitian; (3) metode; dan (4) hasil.

    • Kata kunci dalam Bahasa Indonesia (maksimal 5 kata).

    • Pendahuluan yang meliputi latar belakang penelitian dan posisi penelitian penulis di antara penelitian lain yang bersangkutan; metode dan literature review, serta bangunan teoretis dari penelitian. Pendahuluan diakhiri dengan penekanan pada hal yang akan dibahas. Ditulis tanpa sub bagian.

    • Pembahasan, berisi sintesis dan analisis data. Bagian ini berisi pembahasan dari isu yang diangkat. Dimungkinkan untuk menambahkan bagian (section) sebanyak yang dibutuhkan.

    • Kesimpulan

  7. Penulis dapat mengunduh template artikel di sini.

  8. BALAIRUNG menggunakan format catatan kaki (bukan catatan perut ataupun catatan akhir). Catatan kaki menggunakan format Chicago Styles.

  9. Daftar pustaka harus dicantumkan di akhir artikel. Daftar pustaka diurut secara alfabetis dan kronologis. Daftar pustaka menggunakan format Chicago Styles. Panduan penggunaan format ini dapat dilihat di sini.

  10. Kelayakan pemuatan artikel dalam BALAIRUNG adalah berdasar kriteria dan indikator sebagai berikut:

    • Orisinalitas (35%)

      1. Aktualitas artikel

      2. Kebaruan topik

    • Kualitas argumen (45%)

      1. Kesesuaian dengan tema

      2. Kejelasan tesis dan posisi penulis

      3. Kredibilitas referensi teoretis dan/atau empiris

    • Penulisan (20%)

      1. Logika bahasa

      2. Gaya bahasa

      3. Kesesuaian metodologi

 

Naskah yang diserahkan pada BALAIRUNG: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Indonesia harus melalui prosedur sebagai berikut:

  1. Penyerahan naskah harus dilakukan dengan Online Submission System di portal jurnal elektronik BALAIRUNG: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Indonesia.

  2. Pertama, penulis harus terdaftar sebagai author atau reviewer dalam bagian “Register” di sini.

  3. Setelah menyelesaikan registrasi, log in sebagai author, klik “New Submission”. Penyerahan naskah terdiri dari lima tahap, yakni: (1) Start, (2) Upload Submission, (3) Enter Metadata, (4) Upload Supplementary Files, dan (5) Confirmation.

  4. Dalam kolom “Start”, pilih Journal Section (Article), dan centang semua daftar centang.

  5. Dalam kolom “Upload Submission”, unggah dokumen naskah dalam format Microsoft Word di kolom tersebut.

  6. Dalam kolom “Enter Metadata”, isi semua data penulis dan afiliasinya, termasuk judul naskah, abstrak, dan kata kunci.

  7. Dalam kolom “Upload Supplementary Files”, unggah data tambahan seperti surat pernyataan dan sebagainya.

  8. Dalam kolom “Confirmation”, jika data yang dimasukkan sudah benar, klik “Finish Submission”.

  9. Jika penulis memiliki kesulitan dalam proses penyerahan naskah melalui sistem daring, silakan kontak Maria Hana selaku Journal Manager BALAIRUNG: Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Indonesia di hanaanistya.maria@gmail.com

  10. Pemberitahuan penerimaan naskah dan keputusan dewan redaksi akan dikabarkan ke penulis melalui surel. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan dikembalikan ke penulis.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel belum pernah dipublikasi, diterima dalam publikasi manapun, atau sedang dipertimbangkan untuk publikasi manapun.
  2. Dokumen berformat OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.

  3. URL untuk referensi telah dicantumkan, jika ada.

  4. Dokumen berspasi single; menggunakan huruf berukuran 12-point; menggunakan italics dan bukan underlines (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel ditempatkan dengan sesuai di dalam teks, bukan di akhir teks.

  5. Dokumen mengikuti ketentuan yang telah dicantumkan di Author Guidelines.

  6. Pastikan sudah mengikuti instruksi dalam Ensuring a Blind Review.

     

 

Privacy Statement

Nama dan alamat surel yang didaftarkan dalam situs jurnal ini hanya akan digunakan untuk tujuan yang tertera dalam jurnal ini dan tidak akan dibagikan untuk tujuan lainnya atau untuk pihak lain.