ALIANSI STRATEGIS UNTUK MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF UMKM (STUDI PADA SP ALUMUNIUM YOGYAKARTA)

https://doi.org/10.22146/abis.v6i3.59091

Ulfa Afifah(1*), C. Budi Santoso(2)

(1) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(2) Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan aliansi strategis untukmendapatkan keunggulan kompetitif dan menentukan faktor-faktor penghambatoptimalisasi pelaksanaan aliansi strategis yang dilakukan SP Alumunium.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustakauntuk mendapatkan data. Penelitian ini menggunakan konsep tahapan aliansistrategis untuk mendapatkan keunggulan bersaing untuk menilai optimalisasialiansi strategis yaitu, tahap pembentukan, tahap operasional, dan tahap evaluasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aliansi strategis belum optimal dalammemberikan keunggulan bersaing bagi SP Alumunium. Bantuan produksi mitrabelum membantu SP Alumunium dalam memenuhi 100% pesanan dari distributordan masih banyak produk dari mitra yang tidak sesuai dengan kualitas SPAlumunium. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor penghambat yaitu:tidak adanya kesepakatan tertulis (kontrak), tidak adanya perencanan produksiinternal yang berdampak pada perencanaan pemesanan kepada mitra, rendahnyakomptetensi mitra, tidak adanya penilaian kinerja dan sistem insentif ataupenghargaan, dan komunikasi yang tidak rutin

Keywords


Abis, Abisugm, Maksi,Maksiygm, Feb, FebUgm, aliansi strategis, keunggulan kompetitif

Full Text:

PDF


References

Atkinson, A.A., R.S. Kaplan, E. M.Matsumura, dan S.M. young. 2012.Management Accounting: Informationfor Decision Making And StrategyExecution. Upper Saddle River: PearsonPrentice Hall.Anthony, Robert N., dan V. Govindarajan.2007. Management Control System.Edisi 12. New York: McGraw-Hill.Bamford, James D., Benjamin GomesCasseress, dan Michaels S. Robinson.2003. Mastering Alliance Strategy: AComprehensive Guide to Design,10Management, and Organization. UnitedStates of America: John Wiley & Sons.Barney, M., dan C. Booth. 2007. Gainingand Sustaining Competitive Advantage.Edisi 2. New Jersey: Prentive Hall.Besanko, D. Dranove, D. Shanley, M. danSchaefer, S. 2013. Economic ofStrategy. Edisi 6. Singapore: JhonWiley Sons. Ltd.Bleeke, J., dan Ernst, D. 1991. “The Wayto Win in Cross-Border Alliances”.Harvard Business Review. Vol 69 (6),p. 127teorities35.Buchel, B. 2002. “Framework of Jointventures Development: TheoryBuilding Through qualitativeResearch.” Journal of ManagementStudies, 37, p 637-661.Creswell, John W. 2014. Research Design:Qualitative, Quantitative, and MixedMethod. Edisi 4. California: SagePublication, Inc.Das, T.K., dan B.Teng. 2000. “A ResourceBased theory of Strategic Alliances”.Journal of Management, 26:1, 31-61.Doz, Y.L., dan G. Hamel. 1998. “WinningAlliance”. Harvard Business Review.67 (1): 133-139.Dussage, P., dan B. Garrette. 1999.Cooperative Strategy: CompetingSuccessfully through StrategicAlliances. England: John Willey andSons Ltd.Dussage, P., dan B. Garrette. 2000.“Learning from Competitor Mitra;Outcome and Duration of Scale andLink Alliance in Europe, NorthAmerica, an Asia”. StrategicManagement Journal. 21 p 99-126.Gopar, Achamd H. 2011. Aliansi Strategissebagai Praktik Kewirausahaan Usahakecil dan Menengah. Infokop Vol 19.Juli 2011: 121-132.Habermas, J. 2001. On the Pragmatic ofSocial Interaction: Preliminary Studiesin the Theory of Communicative Action.Cambridge: The MIT Press.Hamel, G., dan Prahalad, C., K. 1990.“The Core Competence of TheCorporation”. Harvard Businessreview. May-June, pp. 80-90.Hidayat, Anang, 2013. Aliansi Strategisdalam Membangun KeunggulanKompetitif Usaha Kecil Menengah diIndonesia. Pusat Penelitian SumberDaya Regional LIPI. Jurnal Vol. 16 No1. Jakarta Selatan.Hill, Charles W. L., dan Jones, Gareth R.2009. Strategic Management Theory:An Integrated Approach. SouthWestern Cengage Learning, Mason.Kaplan, Robert S. 1986. "The Evolution ofManagement Accounting," TheAccounting Review, Vol 14, No 3. July.Kementerian Koperasi dan Usaha kecildan Menengah Republik Indonesia.2016. Membangun Koperasi danUMKM Mandiri, Kreatif dan BerdayaSaing Tinggi. Laporan TahunanKementerian Koperasi dan Usaha kecildan Menengah Republik Indonesia.Diakses dari www.depkop.go.id padatanggal 24 September 2017.King, A. W., S. W. Fowler, dan C. P.Zeithami. 2001. “ManagingOrganizational Competencies forCompetitive Advantage: The middleManagement Edge”. Academy ofManagement Executive. Vol. 15, No. 2,p. 95-106.Kuglin, Fred A. 2002. Building, Leadingand Managing Strategic Alliances –How to Work Effectively and Profitablywith Mitra Companies. New York:AMACOM.11Lembaga Pengembangan PerbankanIndonesia, dan Bank Indonesia. 2015.Profil Bisnis Usaha Mikro, kecil, danMenengah (UMKM). Diakses dariwww.bi.go.id pada tanggal 24September 2017.Miles, M.B., dan Huberman, A.M. 2014.Qualitative Data Analysis. BaeverlyHills: Sage Publication Inc.Murray, E.A., dan J. F. Mahon. 2000.“Strategic Alliance: Gateway to theNew Europ”. Long Range Planing. 26.P. 102-111.Nikolova, Liudmila Vasilevna, Rodionov,Dmitriy Grigorievich, dan Mokeeva,Tatiana Vasilievna. 2014. “TheFormation of the Conflicts ManagementModels of the Strategic Alliances underthe Conditions of the Globalization”.Journal of Asian Social Science. Vol.10. No. 19. Canadian Center of Scienceand Education.Nooteboom, B. 1999. Interfirm Alliance:Analysis and Design. London: RutledgePorter, M. E. 1985. Competitive Strategy:Techniques for Analyzing Industriesand Competitors. The Free Press.Rahimi, Najmi. 2016. Aliansi Strategisuntuk Keunggulan Bersaing padaAPIPS Kerajinan Batik Yogyakarta.Tesis. Universitas Gadjah Mada.Robbins, P.S., dan Coulter M. 2016.Management. Edisi 13. Harlow.England: Pearson.Sekaran, Uma., dan Roger Bougie. 2013.Research Methods for Business. Edisi 6.United Kingdom: John Willey and SonsLtd.Thompson, A.A., Gamble, J.E., danStrickland, A.J. 2016. Crafting andExecuting Strategy: Concepts and cases(Global edition). Edisi 20E. MC. GrawHill International Edition.Yoshino, M.Y., dan U.S, Rangan. 1995.Strategic Alliances: an EntrepreneurialGuide to Globalization. Boston. Mass:Harvard Business School Press.



DOI: https://doi.org/10.22146/abis.v6i3.59091

Article Metrics

Abstract views : 2264 | views : 21652

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

______________________________________________________________________________________________________

2302 - 1500