Penguatan UMKM Melalui Digital Branding, Digital Marketing, dan Literasi Digital Masyarakat untuk Menunjang Pola Wisata Pergi-Pulang Sehari (Excursionist) dan MICE (Meeting-Incentive-Convention-Exhibition) di Kalurahan Sidoarum

  • Rini Rachmawati Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia; Pusat Studi Sosial Asia Tenggara, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Lidwina Mutia Sadasri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia; Pusat Studi Sosial Asia Tenggara, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Anindya Puteri Eka Susilowati Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Atalla Rahadewi Neta Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Mellinia Ananda Pusat Studi Sosial Asia Tenggara, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Iclashul Winantya Wicaksana Pusat Studi Sosial Asia Tenggara, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: UMKM, Teknologi, Pengembangan masyarakat, Pemasaran, Digitalisasi

Abstrak

UMKM merupakan salah satu usaha ekonomi produktif yang berdampak nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kalurahan Sidoarum, Kapanewon Godean, Kabupaten Sleman memiliki potensi di sektor pariwisata dan UMKM dan telah dikukuhkan sebagai Rintisan Desa Budaya oleh Pemerintah Kabupaten Sleman pada tahun 2023. Tingginya potensi UMKM ini membutuhkan peningkatan kesadaran di kalangan pelaku usaha mengenai teknologi digital sebagai sarana pemasaran dan promosi yang efektif. Dengan demikian, perlu adanya penguatan kapasitas digital UMKM, pengembangan ekonomi lokal, peningkatan literasi digital masyarakat, serta upaya mendukung pola wisata pergi-pulang sehari dan kegiatan MICE (Meeting-Incentive-Convention-Exhibition) di Kalurahan Sidoarum. Metode yang digunakan meliputi observasi, pemetaan lokasi UMKM, wawancara, kuesioner, dan diskusi kelompok terarah. Melalui kegiatan ini, dua puluh pengusaha UMKM di Kalurahan Sidoarum telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam digital branding, digital marketing, dan literasi digital yang relevan untuk memajukan bisnis mereka di era digital, termasuk Canva, media sosial, dan platform e-commerce. Dampak yang dirasakan pelaku UMKM secara langsung adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman mengenai pemanfaatan teknologi dalam bisnis UMKM melalui media sosial dan e-commerce beserta strategi pengembangan yang perlu dilakukan. Rencana selanjutnya adalah menyesuaikan materi pelatihan dengan kebutuhan peserta dan memperluas target pengusaha UMKM. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi lokal dan sinergi antara sektor pariwisata dan UMKM di Desa Sidoarum.

Referensi

Amri, F. (2014). Permasalahan UMKM: Strategi dan kebijakan. Proceedings of the Pluralisme dalam Ekonomi dan Pendidikan: Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, 368—380.

Anas, M. S., Maddiah, A., Uzma, N., Sulaiman, A., & Wee, H. (2019). Key success factors toward MICE industry: A systematic literature review. Journal of Tourism, Hospitality & Culinary Arts (JTHCA), 12(1), 188—221.

Armutcu, B., Tan, A., Amponsah, M., Parida, S., & Ramkissoon, H. (2023). Tourist behaviour: The role of digital marketing and social media. Acta Psychologica, 240, 104025. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2023.104025

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sleman. (2023). Kabupaten Sleman dalam angka 2023. Slemankab.bps.go.id. Diakses pada 7 Desember 2024 melalui https://slemankab.bps.go.id/id/publication/2023/02/28/d7689b2f3a1709f8c80cec4a/kabupaten-sleman-dalam-angka-2023.html

Bai, C., Quayson, M., & Sarkis, J. (2021). COVID-19 pandemic digitization lessons for sustainable development of micro-and small-enterprises. Sustainable Production and Consumption, 27, 1989—2001.

Cahyana, B & Sunartono. (2024). Pembangunan Tol Jogja-Solo tahap 1 tuntas di awal 2024, ini jadwal lengkapnya. Harian Jogja. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2022/11/03/510/1116599/pembangunan-tol-jogja-solo-tahap-1-tuntas-di-awal-2024-ini-jadwal-lengkapnya

Choirunnisa, U., Rijanta, R., & Rachmawati, R. (2021). Digital transformation readiness: How ‘Sonjo Pangan’ movement assists SMEs’ product distributions during COVID-19 Pandemic. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 916, 1—7. https://doi.org/10.1088/1755-1315/916/1/012025

Devi, M. K. (2018). Struktur ekonomi dan disparitas wilayah Kabupaten Sleman. Jurnal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design (KURVATEK), 3(1), 91—99. https://doi.org/10.33579/krvtk.v3i1.742

Eljawati. (2021). Peran UMKM dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pengandaran. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Publik (JEKP), 8(1), 32—46.

Febrianita, R., Pratama, R. S., Budiasih, J. D., Musa, F. B., & Ismail, T. (2022). Peran UMKM sebagai penunjang peningkatan pariwisata di daerah pesisir di Kelurahan Kedungcowek. Karya: Jurnal Kepada Pengabdian Masyarakat, 2(2), 140—145.

Hallak, R. & Lee, C. (2023). Managing tourism enterprises: Start-up, growth and resilience. CABI. https://www.cabidigitallibrary.org/doi/book/10.1079/9781789249446.0000

Herawati, M. (2023). Kelurahan Sidoarum dikukuhkan sebagai rintisan Desa Budaya di Sleman. Harian Jogja. https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2023/06/10/512/1138172/kelurahan-sidoarum-dikukuhkan-sebagai-rintisan-desa-budaya-di-sleman

Humas Pemda DIY. (2024). Jalan Tol Jogja-Solo dibuka, dorong pertumbuhan ekonomi baru. Portal Pemerintah Daerah DIY. https://jogjaprov.go.id/berita/detail-berita/jalan-tol-jogja-solo-dibuka-dorong-pertumbuhan-ekonomi-baru

Kurniasari, K. K., Widanti, E. M., & Hidayah, A. N. (2024). Literatur review: Pengaruh media sosial terhadap industri pariwisata dari perspektif destinasi dan wisatawan. Indonesian Journal of Tourism Business and Entrepreneurship, 1(1), 71—82. https://doi.org/10.31002/ijtbe.v1i1.1467

Livicansera, S. (2024). Ratusan agenda wisata siap digelar di Sleman tahun ini. Republika. https://news.republika.co.id/berita/s7uo83488/ratusan-agenda-wisata-siap-digelar-di-sleman-tahun-ini

Mahajan, P., Gupta, B., & Pedapalli, S. C. (2024). How does social media influence tourist behavior? A conceptual framework for exploration. International Journal of Tourism & Hospitality Reviews, 1(t24/1), 01–08. https://doi.org/10.18510/ijthr.2024_t24_01

Mali, A.V. & Rachmawati, R. (2022). The utilization of e-commerce in the SMEs development to support smart village in Turi District, Sleman Regency. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 012068, 1—8.

Martín-Rojo, I. & Gaspar-González, A. I. (2024). The impact of social changes on MICE tourism management in the age of digitalization: A bibliometric review. Review of Managerial Science. https://doi.org/10.1007/s11846-024-00751-3

Nugroho, M. R. (2018). Penerapan pola sinergitas antara BUMDes dan UMKM dalam menggerakkan potensi desa di Kecamatan Saptosari. Sembadha, 1(1), 28—37.

Pemerintah Kabupaten Sleman-Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Sleman. (2024). Satu data UMKM Kabupaten Sleman. dataumkm.slemankab.go.id. Diakses pada 7 Desember 2024 melalui https://dataumkm.slemankab.go.id/newportal2

Putra, A. H. (2016). Peran UMKM dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 40—52.

Rachmawati, R., Hapsari, S. A., & Cita, A. M. (2018). Virtual space utilization in the digital SMEs kampongs: Implementation of smart city and region. Jurnal of Studies and Research in Human Geography (Human Geographies), 12(1), 42—53.

Rachmawati, R., Mali, A. V., Anifa, V. N., Sekartaji, D. A., & Sejati, M. A. (2022). Pelatihan pembuatan video untuk virtual tour dan branding smart village di Dusun Samberembe, Kalurahan Candibinangun. Dalam D. R. Hizbaron, S. Arjakusuma, & U. Suarma (Eds.), Implementasi pembangunan masyarakat dari perspektif geografi (pp. 275—280). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmaturrahman, M. A. (2022). Analisis kebutuhan pelatihan untuk pengembangan kompetensi pelaku UMKM (Studi di lembaga perekonomian Nahdlatul Ulama Pamekasan). Jejaring Administrasi Publik, 14(2), 118—128.

Ratnaningtyas, E. M. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kunjungan wisatawan yang berdampak pada Pengembangan UMKM implikasinya pada penciptaan lapangan kerja dan penerimaan Daerah DKI Jakarta. Jurnal EBBANK, 10(1), 69—84.

Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM sebagai pilar membangun ekonomi bangsa. Jurnal Riset Ekonomi Pembangunan (REP), 4(2), 137—146.

Siegel, L. A., Tussyadiah, I., & Scarles, C. (2023). Exploring behaviors of social media-induced tourists and the use of behavioral interventions as salient destination response strategy. Journal of Destination Marketing & Management, 27, 100765. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2023.100765

Smit, Y. & Watkins, J. A. (2012). A literature review of small and medium enterprises (SME) risk management practices in South Africa. African Journal of Business Management, 6(21), 6324—6330.

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dalam perekonomian Indonesia. Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 11(1), 33—64.

Wijoyo, H., Vensuri, H., Widiyanti, M., Sunarsi, D., Haudi, Prasada, D., Kristianti, L. S., Lutfi, A. M., & Akbar, I. R. (2020). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri.

Diterbitkan
2025-05-19
Bagaimana cara mengutip
Rachmawati, R., Sadasri, L. M., Susilowati, A. P. E., Neta, A. R., Ananda, M., & Wicaksana, I. W. (2025). Penguatan UMKM Melalui Digital Branding, Digital Marketing, dan Literasi Digital Masyarakat untuk Menunjang Pola Wisata Pergi-Pulang Sehari (Excursionist) dan MICE (Meeting-Incentive-Convention-Exhibition) di Kalurahan Sidoarum. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 3(1), 41-57. https://doi.org/10.22146/parikesit.v3i1.17408
Bagian
Articles