Meningkatkan Potensi, Minat, dan Self-Awareness Siswa SMA Memasuki Perguruan Tinggi Melalui Program Faculty Fair KKN-PPM UGM

  • Cahyo Wulandari Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Heni Prasetyaningrum Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Salma Salsabila Firdausa Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada
Kata Kunci: Self-awareness, Faculty Fair, Johari Window, SWOT

Abstrak

Mengenali minat dan potensi diri terkadang masih menjadi hal yang sulit bagi sebagian remaja. Mereka akan banyak melakukan eksplorasi untuk mengetahui minat dan potensi mereka. Akan tetapi, masih banyak dari mereka yang kesulitan dalam menjalani prosesnya, termasuk pada remaja yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Kebingungan dalam memilih program studi, kurangnya informasi terkait kehidupan perkuliahan serta macam-macam beasiswa yang ditawarkan merupakan masalah yang seringkali mereka alami. Untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, maka dilaksanakan serangkaian kegiatan pengenalan berbagai program studi yang ada di Universitas Gadjah Mada melalui program faculty fair KKN-PPM UGM. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan minat dan self-awareness untuk mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan tinggi. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah wawancara, sosialisasi menggunakan Johari Window dan SWOT serta sosialisasi melalui faculty fair yang dilaksanakan di SMAN 1 Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Selain sosialisasi, para siswa juga diberikan kuesioner pre-test dan post-test untuk mengetahui kondisi sebelum dan setelah diadakan kegiatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan membandingkan jawaban kuesioner tersebut untuk mengetahui dampak kegiatan yang telah dilakukan. Hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan persentase jawaban ‘setuju’ dan ‘sangat setuju’ pada pertanyaan pre-test dan post-test sebesar 14% pada aspek pemahaman terkait program studi dan 23% terkait jalur masuk perguruan tinggi, peningkatan 36% terkait kehidupan perkuliahan, 24% terkait beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi, peningkatan 7% pada rencana setelah lulus sekolah dan 30% pada gambaran terkait masa depan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa program ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terkait rencana masa depan, pengetahuan dan minat mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Referensi

Amalia, V. (2020). Pengaruh self efficacy terhadap orientasi masa depan pada siswa SMA PGRI 1 Padang
[Bachelor’s Thesis]. http://scholar.unand.ac.id/61687/
Arofah, L., & Sancaya, S. A. (2022). Self awareness: Suatu kecakapan yang harus dikuasai dalam pengambilan
keputusan karier. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 907–914.
https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2412
Chow, B. C., Choi, P. H. N., Huang, W. Y., & Pan, C. (2020). Promoting physical activity in group home settings:
Staff perspectives through a SWOT analysis. International Journal of Environmental Research and Public
Health, 17(16), 5805. https://doi.org/10.3390/ijerph17165805
Ganesha, A. B. S., Dahlan, T. H., & Adiwinata, A. H. (2024). Profil kecemasan dan psychological wellbeing serta
implikasinya terhadap orientasi masa depan siswa SMAN 6 Bandung. Prosiding Seminar Psikologi
Pendidikan, 1(1), 105–118. https://jurnal.yoii.ac.id/index.php/pspp/article/view/308
Hidayati, K. F. (2022, May 26). Johari Window: Apa itu, sejarah, kuadran, manfaat, dan contohnya. Glints Blog.
https://glints.com/id/lowongan/johari-window-adalah/
Lowes, R. (2020). Knowing you: Personal tutoring, learning analytics and the Johari Window. Frontiers in
Education, 5(101). https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00101
Murdaningsih, D. (2019, February 7). 87 persen mahasiswa mengaku salah pilih jurusan. Republika Online.
https://republika.co.id/berita/pmjuhw368/87-persenmahasiswa-mengaku-salah-pilih-jurusan
Phadermrod, B., Crowder, R. M., & Wills, G. B. (2019). Importance-Performance analysis based SWOT analysis.
International Journal of Information Management, 44(12), 194–203. Sciencedirect.
https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0268401216301694
Preska, L., & Wahyuni, Z. I. (2017). Pengaruh dukungan sosial, self-esteem dan self-efficacy terhadap orientasi
masa depan pada remaja akhir. Uinjkt.ac.id, 22(1). https://doi.org/1412-1735
Renata, N. (2020, February 24). Analisis SWOT diri sendiri? Begini caranya. PARADIGM.
https://paradigm.co.id/id/analisis-swot-diri-sendiri/
Santrock, J. W. (2018). A topical approach to life-span development (9th ed., p. 158). Mcgraw-Hill Education.
Diterbitkan
2024-11-30
Bagaimana cara mengutip
Cahyo Wulandari, Heni Prasetyaningrum, & Salma Salsabila Firdausa. (2024). Meningkatkan Potensi, Minat, dan Self-Awareness Siswa SMA Memasuki Perguruan Tinggi Melalui Program Faculty Fair KKN-PPM UGM. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 2(2), 314-324. https://doi.org/10.22146/parikesit.v2i2.17403
Bagian
Articles