Strategi Peningkatan Minat Siswa Sekolah Dasar terhadap Keilmuan Geografi melalui Pembelajaran Atlas Anak untuk Mendorong Pengembangan Spatial Marketing UMKM Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri
Abstrak
Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah memiliki beragam sumberdaya yang potensial untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Potensi UMKM di Desa Lemahbang, lebih tepatnya Dusun Lemahbang dan Dusun Janggle, perlu dikenalkan kepada khalayak luas melalui sebuah media digital guna meningkatkan engagement produk dan profil Desa Lemahbang itu sendiri. Dewasa ini, seluruh bentuk informasi dapat disajikan dan disebarluaskan menggunakan sebuah teknologi. Di era yang tidak dapat lepas dari pertanyaan tentang lokasi seperti saat ini, teknik marketing sebuah produk tidak ayal berkolaborasi dengan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG) hingga melahirkan terobosan baru bernama spatial marketing. Tim KKN-PPM UGM membuat peta cetak digital dan web mapping application yang diharapkan mampu menjadi media promosi digital UMKM di Desa Lemahbang. SIG merupakan anak dari induk keilmuan Geografi yang dapat dikolaborasikan dengan berbagai disiplin keilmuan lain sehingga telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai sektor. Keunggulan tersebut menjadikan SIG penting untuk dipelajari guna meningkatkan jumlah tenaga ahli Informasi Geospasial di Indonesia. Hal tersebut dapat dimulai dari dasar dengan menanamkan minat siswa sekolah dasar terhadap keilmuan Geografi. Dalam rangka mengupayakan hal tersebut, Tim KKN-PPM UGM membuat program kerja pembelajaran Atlas Anak berbasis fun learning terhadap siswa kelas lima dan enam SD Negeri 1 Lemahbang.
Referensi
Arkham, I. F. A., Nugraha, A. L., Awalludin, M. (2023). Analisis Ruang Terbuka Hijau di Kampus Universitas Diponegoro dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis. Jurnal Geodesi Undip, 12(3), 330-340.
Christensen, C. M., & Tedlow, R.S. (2000). Patterns of Disruption in Retailing. Harvard Business Review, 78(1), 42-45.
Cliquet, G. (2021). From Geomarketing to Spatial Marketing in Spatial Economics Volume II. Milan, Italia: Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1007/978-3-030-40094-1_10.
Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, Agustini, I. G. Yudawisastra, H. G., Maknunah, L. U., Amaria, H. Witi, F. L., Nuryanti, Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Bandung, Jawa Barat: Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung.
Suhendi, H., & Ali, F. U. (2020). Sistem Informasi Geografis berbasis Web untuk Pemetaan Jalan dan Jembatan di Kota Cirebon. Naratif: Jurnal Ilmiah Nasional Riset Aplikasi dan Teknik Informatika, 2(1), 6-15.
Zhafir, M. (2021). Studi Penentuan Zona Rawan Bencana Gerakan Tanah berdasarkan Analisis SIG dan Data Geologi di Daerah Nagari Tanjung Balik, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat. Pekanbaru, Riau: Universitas Islam Riau.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, dan Teknologi Tepat Guna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.