Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Anak Sekolah Dasar Leuwilaja III di Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat

  • Vania Rahmasari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Sri Rum Giyarsih Tidak ada Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Siswa Sekolah Dasar, Sosialisasi, Mitigasi, Gempa bumi

Abstrak

Gempa bumi menjadi salah satu bencana yang rentan terjadi di Desa Leuwilaja, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut dapat terjadi sebagai efek dari adanya 20 sesar, di mana sesar merupakan rekahan di antara dua blok batuan yang dapat bergerak, kemudian mengakibatkan gempa bumi. Apabila suatu daerah rentan terhadap gempa bumi, sosialisasi mitigasi bencana menjadi sangat penting sebagai langkah preventif untuk mempersiapkan masyarakat, termasuk siswa di sekolah dasar. Pemahaman dan praktik mengenai mitigasi bencana kemudian dikemas dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi dan mengurangi risiko dari bencana gempa bumi. Metode yang digunakan berupa metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berfokus pada pemahaman yang mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Media poster, tayangan presentasi, dan demonstrasi Langkah-langkah mitigasi bencana gempa bumi dilakukan dalam pelaksanaan program sosialisasi pada bulan Juli 2023 bertempat di SD N Leuwilaja III khususnya kelas 5 (lima) yang berjumlah 30 siswa. Melalui sosialisasi tersebut, siswa-siswi menyatakan mengalami peningkatan pada pemahaman mengenai mitigasi bencana gempa bumi dan bersedia untuk mempraktikkannya apabila terjadi bencana gempa bumi. Untuk itu, kegiatan sosialisasi ini dapat menjadi Langkah awal untuk mengurangi risiko dan korban bencana gempa bumi.

Referensi

Angela, N. (n.d.). Sosiologi Sosialisasi. Jakarta : Universitas Esa Unggul.
Arisona, R. D. (2020). Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa SDN 2 Wates Ponorogo. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Atmojo, S., & Muhandis, I. (2019). Sistem Informasi Geografis Bencana Gempa Bumi dengan Pendekatan PGA untuk Mitigasi Bencana. Jurnal Ilmiah Edutic. 6(1), 10-14.
Daniar Yulistiya, Y. (2022). Sosialisasi Tanggap Bencana Gempa Bumi Untuk Anak Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 5(1), 65-71.
Dinas PUPR. (n.d.). Penanganan dan Mitigasi Bencana Alam. Jakarta: Badan Pengembangan SDM Pusdiklat Jalan, Perumahan, Pemukiman, dan Pembangunan Infrastruktur Wilayah.
Ginting, Budi, Sunardi, & Sukanta. (2020). Analisis Kerawanan Seismik di Permukaan Tanah untuk Mitigasi Gempa Bumi di Kabupaten MajalengkaMenggunakan Metode PSHA. Seminar Nasional Fisika, 7-13.
Institut Teknologi Sumatera. (2020). Teori Dasar Gempa Bumi. Lampung: Institut Teknologi Sumatera.
Meilano, I. (202). Analisis Potensi Gempa di Selatan Pulau Jawa Berdasarkan Pengamatan GPS. Jurnal Lingkungan dan Bencana Geologi. 11(3), 151-159.
Qurrotaini, L., & Nuryanto, N. (2020). Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Alam. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 37-44.
Setyowulan, D. (2022). Edukasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Di SD Islam Terpadu Insan Permata Malang. TEKAD : Teknik Mengabdi. 1(1), 18-22.
Diterbitkan
2024-11-30
Bagaimana cara mengutip
Rahmasari, V., & Tidak ada, S. R. G. (2024). Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Untuk Anak Sekolah Dasar Leuwilaja III di Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 2(2), 342-349. https://doi.org/10.22146/parikesit.v2i2.11640
Bagian
Articles