Isi Artikel Utama

Abstrak

Latar belakang: Tindakan anestesi dapat berpotensi menyebabkan perubahan fisiologis yang menyebabkan risiko morbiditas dan mortalitas. Angka kematian perioperatif sendiri lebih tinggi pada anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Pada masa pandemi COVID-19 ini telah mempengaruhi perawatan anestesi di seluruh dunia. Praktik bedah anak menunjukkan adanya penurunan yang signifikan terhadap frekuensi operasi elektif selama pandemi dibandingkan dengan tiga bulan terakhir sebelum pandemi. Penundaan operasi yang terjadi terutama pada operasi yang bersifat "time-sensitive" dan penyakit yang urgent pada anak dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan kualitas hidup anak tersebut. Terdapat beberapa faktor risiko terkait dengan mortalitas dan morbiditas pada pasien pediatrik yaitu usia, status fisik ASA (American Society of Anesthesiologists) III-V, operasi darurat, penggunaan ventilator, dukungan oksigen, dukungan obat inotropic, sepsis preoperasi dan pasien menolak resusitasi.


Tujuan: Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi mortalitas pada Pasien Pediatrik yang Menjalani Pembiusan di Masa Pandemi COVID-19.


Metode: Penelitian ini adalah sebuah studi observasional kohort retrospektif. Sample pada penelitian ini adalah semua pasien pediatrik yang menjalani pembiusan di RSUP  Dr Sardjito dalam rentang waktu antara 1 April 2020 – 31 Maret 2021. Pada penelitian ini, Variabel yang diduga mempunyai hubungan dengan mortalitas akan diuji secara bivariat dan bila p<0.25 akan masuk kedalam analisis multivariat, dan apabila p<0.05 dianggap bermakna.


Hasil: Faktor yang mempengaruhi kejadian mortalitas pada pasien pediatrik yang menjalani pembiusan di RSUP Dr Sardjito adalah status fisik ASA III-V dengan nilai p=0,004 (OR3,47) dan pemakaian ventilasi mekanik pasca operasi dengan nilai p=<0,001 (OR 9,46) sebagai kedua faktor yang berpengaruh signifikan dengan nilai p<0,05.


Kesimpulan: Status fisik ASA III-V dan penggunaan ventilasi mekanik pasca operasi menjadi faktor yang yang berpengaruh signifikan terhadap mortalitas pasien pediatrik yang menjalani pembiusan di RSUP Dr Sardjito di masa pandemi COVID-19.


 

Kata Kunci

Mortalitas,Pediatrik, Pandemi COVID-19

Rincian Artikel

Bagaimana cara mengutip
Getar M, G. G. M., Djajantisari, & Widyastuti, Y. (2024). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Mortalitas pada Pasien Pediatrik yang Menjalani Pembiusan di Masa Pandemi Covid-19 di RSUP DR Sardjito. Jurnal Komplikasi Anestesi, 11(2), 17-26. https://doi.org/10.22146/jka.v11i2.12975