Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh media sosial terhadap partisipasi pemilih pemula pada pemilihan presiden 2019 yang difokuskan kepada mahasiswa FISIPOL UGM. Seiring dengan perkembangan teknologi, media sosial semakin masif digunakan sebagai saluran informasi dalam berbagai bidang. Di bidang politik, media sosial memberikan peran yang sangat signifikan terhadap para pemilih, khususnya pemilih pemula pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Setiap pasangan calon menyebarkan informasinya lewat media sosial dengan harapan mendapatkan dukungan dan simpati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melakukan survey online melalui penyebaran google form kepada mahasiswa Fisipol UGM. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tentang pemilih pemula, Teori Stimulus Organisme Respons (SOR), dan teori tentang partisipasi politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilih pemula aktif mengunakan media sosial dan menjadikan media sosial sebagai sumber informasi utama. Lebih kurang, pemilih pemula adalah pemilih yang paling berpengaruh dalam perebutan suara, khususnya melalui kampanye di media sosial. Pemilih pemula cenderung memilih pasangan yang aktif memberikan informasi lewat media sosial karena dianggap menarik dan mudah dijangkau.

Keywords

media sosial pemilih pemula pemilu

Article Details

References

  1. Abidin, Y. Z., Khoerunnisa, R., & Ma'arif, A. A. (2018). Aktivitas Kampanye Public Relations dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 79-96.
  2. Febriantanto, P. (2019). Analisis Faktor Determinan Peningkatan Partisipasi Politik Penyandang Disabilitas pada Pilkada Kota Yogyakarta 2017. Jurnal Polgov, 157-190.
  3. Harsan, T., Prasetyo, W. D., & Pujiyana. (2019). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum 2019 Di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 87-104.
  4. Lukman, S., Priyatna, C. C., & Sani, A. (2017). Pelatihan Literasi Komunikasi Politik
  5. Pemilih Pemula Sma Darul Hikam Bandung. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 250-253.
  6. Perangin-angin, L. L., & Zainal, M. (2018). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Bingkai Jejaring Sosial di Media Sosial. Jurnal ASPIKOM, 737-752.
  7. Rachmat, H. B., & Esther. (2016). Perilaku Pemilih Pemula Dalam Pilkada Serentak di Kecamatan Ciomas Kabupaten Serang Tahun 2015. Jurnal llmu Pemerintahan Widyapraja, 25-35.
  8. Subekti, T. (2014). Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum. Journal of Governance and Policy, 01, 1-16.