JANGAN MELIHAT BUKU DARI WAJAHNYA1: STUDI TENTANG INTERAKSI DAN KOMUNIKASI DALAM FACEBOOK



Odit Budiawan(1*)

(1) Jurusan Antropologi Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini mencoba memaparkan secara detail bagaimana proses
interaksi dan komunikasi di dalam jejaring sosial Facebook.
Bagaimana Facebook mampu menyebar dan “menjangkiti”
hampir seluruh penduduk dunia, menjadikan dunia tanpa batas.
Kajian ini terkait dengan Facebook sebagai ruang publik baru.
Kata Kunci: jejaring sosial, Facebook, interaksi, komunikasi




References

Askew, Kelly dan Richard R.Wilk. 2000. The Anthropology of Media. Minneapolis:

University of Minneapolis Press.

Ahimsa-Putra, Heddy Shri. 2006. Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra.

Yogyakarta: Kepel Press.

Ajidarma, Seno Gumira. 2002. Kisah Mata. Yogyakarta: Galang Press.

Apadurai, Arjun.1996. Modernity at Large: Cultural Dimensions of Globalization.

London: Routledge

Bakhtin, M.M. 1981. The Dialogic Imagination. Austin: University of Texas Press.

Barker, Chris. 2005. Cultural Studies, Teori dan Praktik. Yogyakarta: Bentang.

Barnard, Alan. 2000. History and Theory in Anthropology. Cambridge University Press.

Barth, Fredrik. 2005. One Discipline. Four Ways: British, German, French, and

American Anthropology ED. University of Chicago Press.

Bellah, R.N. 1976. Habits of the Heart: Individualism and Commitment in American

Life. New York: Harper and Row.

Boudrillard, Jean. 2004. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Featherstone, Mike. 1995. Consumer Culture and Postmodernism. London: Sage.

Douglas, Mary dan Baron Isherwood. 1996. The World of Goods, towards an

Anthropology of Consumtion. London and New York: Routledge.

Daiches, David. 1981. Critical Approaches to Literature. New York: Longman.

De Certeau, Michel. 1984. The Practice of Everyday Life. Berkeley: University of

California Press.

Dominick, Josep R. 1990. The Dynamics of Mass Communication, Third Edition.

McGraw-Hill

Harvey, David. 1989. The Condition Of Postmodernisme. Oxford: Basil Blackwell.

Hojsgaard, Morten T. dan Margaret Wartbung (eds.). 2005. Religion and Cyberspace.

New York: Routledge.

_________. 2007. Cyber Religion on the Cutting Edge Between the Virtual and the Real.

New York: Routledge.

Kleden, Ignas. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: LP3ES

Laksono, Paschalis Maria. 2004. “Memotret Wajah Kita Sendiri (kata pengantar)” dalam

Roem Topatimasang (ed.), Orang-orang Kalah. Yogyakarta: Insist Press.

_________. 2007. Visualitas Gempa Yogya 27 Mei 2006. Yogyakarta: Rumah Sinema.

Miller, Daniel. 2000. The Internet: An Ethnographic Approach. New York: Berg.

Mrazek, Rudolf. 2006. Engineers Of Happy Land: Perkembangan Teknologi dan

Nasionalisme di Sebuah Koloni. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rogers, Everett M. 1994. A History of Communication Study: A Biographical Approach.

Free Press.

Strinati, Dominic. 2003. Popular Culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Popular.

Yogyakarta: Bentang.

Turner, Victor. 1990. Beyond the Body Proper: Reading the Anthropology of Material

Life (Body, Commodity, Text). Duke University Press.

Verhaar. J.W.M. 1989. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: UGM Press.

Walker, John A. dan Sarah Chaplin. 1997. Visual Culture. Manchester & New York:

Manchester University Press.

Wirodono, Suwardian. 2005. Matikan TVmu: Teror Media Televisi di Indonesia.

Yogyakata: Resist Book.

Winangun, Wartaya. 1990. Masyarakat Bebas Struktur, Liminalitas dan Komunitas

Menurut Victor Turner. Yogyakarta: Pustaka Filsafat Kanisius.

Jurnal

Kleden, Ignas. 1987. “Kebudayaan Pop: Kritik dan Pengakuan” dalam Prisma No. 5

Tahun XVI Mei 1987. Hal: 3-7.

Surat kabar

Kompas. 2009. Dunia tersihir Facebook, 15 Maret.

Kompas. 2009. Kekerabatan Baru itu Facebook, 15 Maret.

Koran Tempo. 2009. Waspada dengan Jejaring dunia Maya, no. 7, 19 April.




Article Metrics

Abstract views : 654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ranah

ISSN: 2088-4133

shopify analytics