Cover Image

PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI ISTRI DALAM KELUARGA

https://doi.org/10.22146/jp.8561

Setiadi Setiadi(1*), Lilik Iswanto(2)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu kunci kesuksesan keluarga berencana adalah partisipasi para istri dan suami dalam pemakaian kontrasepsi. Penggunaan kontrasepsi selama ini masih didominasi oleh istri. Pembuatan keputusan dalam pemakaian kontrasepsi oleh istri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tingkat pengetahuan dan pengalaman pemakaian kontrasepsi akan mempengaruhi pembuatan keputusan. Banyak istri tidak mengetahui jenis kontrasepsi yang terbaik buat dirinya dan bagaimana kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode kontrasepsi. Faktor istri yang bekerja di luar rumah mempunyai pengaruh dalam meningkatnya determinasi sang istri dalam pembuatan keputusan. Dalam kelompok umur di atas 24 tahun, istri juga memiliki peran yang cukup kuat. Demikian juga, determinasi pengambilan keputusan masalah-masalah dalam keluarga baik oleh istri atau bersama-sama dengan berkontribusi besar akan meningkatkan kemampuan istri untuk mengambil keputusan dalam pemakaian kontrasepsi.


Keywords


bonus demografi , pertumbuhan ekonomi, kelas menengah, alat kontrasepsi, pengambilan keputusan

Full Text:

PDF


References

BKKBN. 2009. Indonesia Survey Demografi dan Kesehatan 2007: Ringkasan Hasil. Jakarta: BKKN.

Hanartani, dkk. 1994. Posisi Wanita Pedesaan Dalam Pengambilan Keputusan Pada Aspek Kesehatan, Gizi dan KB di Pulau Lombok. Laporan Penelitian. Mataram: Pusat Studi Wanita, Universitas Mataram.

Ekasari, Farida. 2006. ”Informed Choice“ Membantu Masyarakat Membuat Keputusan dalam Ber-KB”. http://prov.bkkbn.go.id/gemapria/ article-detail.php?artid=48. Diakses pada 26 Februari 2009.

Yudhoyono, Susilo Bambang. 2007. “Keluarga Kecil Berkualitas Tumpuan Masa Depan Bangsa”. http://pustaka.bkkbn.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=85&Itemid=9 Diakses pada 3 Februari.

Samekto, Bambang. 2008. ”Peranan Agama dalam Program KB Nasional”. http://pustaka.bkkbn.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=109&Itemid=9. Diakses pada 3 Februari.

T.n.. 2009. ”Konsumen KB”. http://situs.kesrepro.info/kb/referensi2. htm. Diakses pada 26 Februari 2009.

Sukeni, Ni Nyoman. T.t. “Hegemoni Negara dan Resistensi Perempuan dalam Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Kecamatan

Tejakula Kabupaten Buleleng Bali”. Http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/e_journal_ sukeni.pdf. Diakses pada 2 Februari 2009.

Uyanto, Stanislaus S. 2009. Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Jakarta: Graha Ilmu.



DOI: https://doi.org/10.22146/jp.8561

Article Metrics

Abstract views : 8249 | views : 6177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Populasi




Copyright of Jurnal Populasi ISSN 0853-6202 (PRINT), ISSN: 2476-941X (ONLINE).


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Populasi Indexed by:

ROAD

web
analytics View My Stats