Representasi Pelayanan Pada Iklan Maskapai Fly Emirates “Perjalanan Monumental” Edisi 2022: Analisis Semiotika Pierces

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v4i2.92052

Fikri Fikri(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat elemen apa saja yang digambarkan dalam iklan tersebut dan melihat bagaimana cara maskapai fly emirates dalam menyampaikan pesannya melalui iklan tersebut. Fokus penelitian ditetapkan pada Analisis Semiotika Iklan fly emirates berdurasi 30 detik mengenai pesan tersembunyi tentang kenyamanan pelanggan dan persamaan service atas keberagaman. Untuk mendukung penelitian ini penulis menggunakan teori dari Charles Sander Pierce yang mengklasifikasi jenis tanda berdasarkan objek kedalam tiga jenis, yaitu icon, index dan symbol. Dengan teori Pierce (1996) tersebut makna tanda-tanda yang terkandung di dalam iklan Fly Emirates fly better akan di analisis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiologi komunikasi. Data penelitian ini merupakan data kualitatif sehingga data bersifat kategori substansif yang kemudian diinterpretasikan dengan rujukan referensi-referensi ilmiah. Dalam analisis semiotika Peirce, iklan ini berusaha untuk menciptakan hubungan positif antara tanda (iklan) dan objek (pengalaman penerbangan) sehingga pemirsa membuat interpretan bahwa pilihan untuk terbang dengan Emirates adalah pilihan yang lebih baik. Penggunaan gambar-gambar pesawat dan penekanan pada "Fly Better" adalah cara iklan ini menciptakan tanda-tanda yang kuat yang mengarah pada interpretan yang positif terkait sebuah pelayanan. Di sisi lain, representasi kenyamanan mungkin mencakup semua elemen dalam menciptakan kesan bahwa memilih maskapai fly emirates akan memberikan pengalaman penerbangan yang luar biasa dan penuh kenyamanan.




References

Adji, M., & Rahayu, L. M. (2019). Representasi Gaya Hidup Dan Tradisi Minum Kopi Dalam Karya Sastra. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 11(3), 381. https://doi.org/10.30959/patanjala.v11i3.523 Alfonso, M. N., Yasa, I. N., & Wisudariani, N. M. R. (2021). Aspek Gramatikal Keambiguitasan Iklan Komersial Media Cetak Balipost. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.38404 Barker, C. (2004). The SAGE Dictionary of Cultural Studies. SAGE Publications. Dewi, B. K. (2022, November 17). 5 Fakta tentang Angsa, Tak Semuanya Berwarna Putih . Https://Www.Kompas.Com/Sains/Read/2022/11/17/190500523/5-Fakta-Tentang-Angsa-Tak-Semuanya-Berwarna-Putih?Page=all. Dimas Tutik, A., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan Fungsi Ragam Bahasa Pada Iklan dan Slogan Situs Belanja Online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5089 Hall, S. (1997). Representation: Cultural Representation and Signifying Practices. Sage Publication. Hoon, L. S., Syihabuddin, S., Sudana, D., & Gunawan, W. (2023). Analisis Multimodal pada Teks Iklan untuk Mengidentifikasi Aspek Ketulusan Iklan. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 303–318. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.579 Inderasari, E., Hapsari, D. A., Rosita, F. Y., & Ulya, C. (2021). Analisis penggunaan gaya bahasa iklan layanan masyarakat bijak bersosial media di radio Kota Surakarta. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7(2). https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.17893 Kartika, K. W. P., Rahman, Z., & Al Hakim, M. S. M. (2020). Analisis Makna Lagu Sazanka (Kajian Semiotika). Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 6(3), 308. https://doi.org/10.23887/jpbj.v6i3.25813 Liszka, J. J. (1996). A General Introduction to the Semiotic of Charles S. Peirce. Indiana University Press. Nurleli, D. Y., & Rahmawati, L. E. (2020). Bentuk Deiksis Tempat Dalam Iklan Belanja Online. Linguistik : Jurnal Bahasa & Sastra, 5(1), 41–48. Octaviani, R., Anantanyu, S., & Ihsaniyati, H. (2018). Analisis Keefektifan Iklan Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Jenang CV. Mubarookfood Cipta Delicia Menggunakan EPIC Model. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 14(2), 114. https://doi.org/10.20961/sepa.v14i2.24998 Pangestuti, M. (2021). Analisis Semiotika Charles S. Pierce Pada Poster Street Harassment Karya Shirley. JURNAL KONFIKS , 8(1). Puspitasari, D. R. (2021). Nilai Sosial Budaya Dalam Film Tilik (Kajian Semiotikacharles Sanders Peirce). Semiotika: Jurnal Komunikasi, 5(1). Rahmah, U. S., Sujinah, S., & Affandy, A. N. (2020). Analisis Semiotika Pierce pada Pertunjukan Tari Dhânggâ Madura. Jurnal Sosial Humaniora, 13(2), 203. https://doi.org/10.12962/j24433527.v13i2.7891 Samsuar. (2018). Hegemoni Media Massa dan Pentingnya Membangun Kompetensi Khalayak. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 9(1), 12–23. https://doi.org/10.32505/hikmah.v9i1.1723 Tinambunan, T. M. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa Dikalangan Pelajar. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.31602/jm.v5i1.6756 Wijayanti, I., & Anggapuspa, M. (2020). Kajian Semiotika Video Musik Berjudul Instagram Oleh Dean. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 1(1), 82–97. Wulandari, S., & Siregar, E. D. (2020). Kajian Semiotika Charles Sanders Pierce: Relasi Trikotomi (Ikon, Indeks dan Simbol) dalam Cerpen Anak Mercusuar Karya Mashdar Zainal Authors. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(1). Yumielda, V. D., & Zulkifli, Z. (2022). Kajian Semiotika Peirce Pada Karya Seni Lukis di Sanggar Seni Rupa Simpassri. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 5(1), 28–38. https://doi.org/10.30998/vh.v5i1.6524



DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v4i2.92052

Article Metrics

Abstract views : 318 | views : 142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.