Program Indonesia Pintar (PIP): Implementasi Kebijakan Kesejahteraan dalam Upaya Meningkatkan Angka Partisipasi Pendidikan

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i1.66256

Nurokhmah Nurokhmah(1*)

(1) Sekola Pascasarjana UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan pendidikan di Indonesia masih terkendala oleh adanya permasalahan kemiskinan yang mengakibatkan rendahnya angka partisipasi terhadap pendidikan. Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu kebijakan kesejahteraan berupa jaminan sosial yang diperuntukkan bagi anak yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk dapat mengakses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak imlementasi Program Indonesia Pintar (PIP) dalam meningkatkan angka partisipasi pendidikan. Metode dalam penelitian yaitu menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa PIP mampu meningkatkan angka partisipasi pendidikan secara signifikan yang dilihat melalui indikator Angka Partisipasi sekolah (APS), Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM). Namun dalam implementasinya, PIP memiliki banyak kendala seperti penerima yang tidak tepat sasaran dan keterlambatan pendistribuisan di daerah 3T.

Kata kunci : Kebijakan kesejahteraan, Partisipasi Pendidikan, PIP





DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i1.66256

Article Metrics

Abstract views : 2450 | views : 14674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

Jurnal ini diterbitkan oleh:

Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada

69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Dengan dukungan dari:

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia