Doktrin Filsafat Politik Jokowi Dan Janji Nawacita (Mengurai Gagasan Revolusi Mental)



Hastangka Hastangka(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi tentang Nawacita menjadi menarik perhatian dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Awal kampanye Jokowi dan JK untuk maju menjadi calon presiden tahun 2014, jargon Nawacita mulai diperkenalkan dan dipopulerkan. Gagasan Nawacita menjadi menarik perhatian karena selama 15 tahun reformasi istilah negara hadir, negara tidak boleh absent, memperkuat negara, dan mempercepat pembangunan nasional menjadi semangat baru dalam percaturan pemilihan presiden dan wakil presiden di Indonesia. Studi ini akan menganalisis, relasi dan relevansi Nawacita dengan nilai nilai Pancasila. Metode yang digunakan dalam studi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari jurnal ilmiah, berita, dan tulisan hasil penelitian sebelumnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Nawacita menjadi doktrin filsafat politik kenegaraan yang disampaikan oleh Jokowi dan Jusuf Kalla sebagai bentuk komitmen politik untuk membangun negara berdasarkan semangat dan nilai nilai Pancasila. Revolusi mental menjadi bagian instrument untuk dapat mewujudkan filsafat politik Nawacita yang dirumuskan oleh Jokowi.

Full Text:

PDF


References

Elsam.2015. Nawacita dan RPJMN sebagai Kesatuan Rencana Pembangunan Bidang Hukum

dan Hak Asasi Manusia. Policy Brief Elsam seri Kebijakan Maret 2015. Jakarta: Elsam.

Lembaga Kajian Nawacita.2020. Dialog Nasional Mencetak SDM Unggul Menuju Indonesia Maju. Jakarta. LKN.

Sugianto.2016. Problematika Penegakan Hukum Dan Nawacita Jokowi-Jk Dalam Perspektif Hukum Tata Negara Di Indonesia. Paper. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Revolusi Mental ASN dan UU ASN. Jakarta: Kementerian PAN dan RB.

Usadhi.Naleka.2017. Implementasi Program Nawacita dalam Bidang Pendidikan untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Bantul Tahun 2017. Manuscript. Unpublished.




Article Metrics

Abstract views : 137 | views : 135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.