PANDUAN PENULISAN DI JURNAL PANCASILA

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diajukan untuk dipublikasikan di media lain, tidak mengandung unsur plagiarisme.
  2. Artikel  merupakan hasil penelitian, aplikasi teori, studi kasus, atau review buku. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sekitar 25-30 halaman termasuk daftar pustaka dan tabel. Artikel ditulis dengan margin atas dan kiri 3 cm, margin kanan - bawah 2,5 cm, font Time New Roman ukuran 12, spasi 1,5.
  3. Judul ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris menggunakan  huruf Times New Romanukuran 12, maksimal 15 kata, rata tengah.
  4. Mencantumkan nama penulis dengan urutan yang telah disepakati para penulis, mencantumkan lembaga afiliasi dan alamat email penulis.
  5. Menuliskan abstrak dengan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ditulis menggunakan Times New Roman dengan ukuran font 10pt. Abstrak diatur dengan menggunakan spasi 1, terdiri dari 150 -200 kata. Abstrak terdiri dari latar belakang masalah,tujuan, metode, dan hasil penelitian. Dilengkapi dengan kata kunci sebanyak 5 kata atau frasa.
  6. Artikel terdiri dari PENDAHULUAN, PEMBAHASAN, KESIMPULAN, dan DAFTAR PUSTAKA. Contoh penulisan Daftar Pustaka:
    a. Buku:

    Badan Pusat Statistik (2016).  Judul diketik italic. Jakarta.
    Kirono, Sasi .(2010). Judul Buku.  Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
    Heri, Baskoro, et.al. (2014) Judul Buku. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. (lebih dari tiga pengarang)

    b. Buku yang dirangkum oleh editor.

    Markonah, Siti. (2014). “Babad Tanah Jawa”. Dalam Sabar et.al (ed), Bunga Rampai Lokal Wisdom Jawa. Yogyakarta: Chan Publishing.

    c. Buku terjemahan

    Davidson, Herb. (2009). Neoliberalisme (Terjemahan Joko Wardoyo).Yogyakarta: X Book.

    d. Skripsi/tesis/desertasi

    Surono. (2014). Kebijakan dan Arena Studi Kasus di PAUD Wira Melati IV Yogyakarta  (tesis, Universitas Gadjah Mada).

    e. Dari jurnal:

    Friedman, Lawrence M. (1967).  “Legal Rules and the Process of Social Change”, Stanford Law Review, Vol.19, No.14, April.1967. 29-35.

    f. Dari kumpulan abstrak penelitian atau proceeding:

    Sutrisno, Slamet. (2013). Strategi Pembudayaan Pancasila di bidang kebudayaan dan Pendidikan: Mendulang Ethos dan Pathos Kebangsaan. Prosiding Kongres Pancasila V Strategi Pembudayaan Nilai-nilai Pancasila dalam Menguatkan Semangat Ke-Indonesia-an yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada tanggal 30 Mei-1 Juni 2013. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Hal.29-39.

    g. internet

    BBC News.(2017). “Google Earth Prompts Indian Fears”, http:/news.bbc.co.uk/go/pr/fr/-/1/hi/technology/6331033.stm, akses 13 April 2018.

    h.Peraturan Perundang-undangan
    Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

    i. 
    Karya Antologi
    Sinclair, John.(2011). “Collins Cobuild English Language Dictionary” in Harlen V. Sinaga, Dasar-Dasar Profesi Advokat. Jakarta: Erlangga. Hal.20-45.

    j.artikel surat kabar atau majalah
    Falaakh, Mohammad Fajrul.(2010). “Monarki Yogyakarta Inkonstitusional?”, kompas, 1 Desember 2010, hal.6.

    k. Makalah pidato

    Hardjoseomantri Koesnadi.(1985). “Aspek Hukum Peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup”, Pidato, Pengukuhan Guru Besar pada Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 15 April 1985.

 Sebelum mengirimkan silakan MENDAFTAR dulu kemudian silakan LOGIN  kemudian kirim naskah melalui KIRIM NASKAH

terimakasih