Dampak Pemakaian Alat Ortodontik terhadap Kesehatan Jaringan Periodontal

https://doi.org/10.22146/majkedgiind.15547

Sri Pramestri Lastianny(1*)

(1) Departemen Periodonsia, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendahuluan. Perawatan ortodontik terutama yang cekat sudah banyak digunakan, bahkan akhir-akihir ini tidak hanya untuk kepentingan perawatan maloklusi gigi, tapi juga untuk estetika. Namun banyak pasien mengeluh adanya peradangan, bau mulut bahkan sampai terjadinya periodontitis berat, sampai kegoyahan gigi. Tujuan penulisan. Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari pemakaian alat ortodontik terhadap kesehatan jaringan periodontal. Dampak tersebut ditinjau dari efek alat ortodontik yang dapat meningkatkan akumulasi plak, iritasi yang ditimbulkan pada pemakaian band dan braket pada alat ortodontik, juga akibat tekanan yang ditimbulkan pada jaringan periodontal. Kesimpulan. Untuk meminimalkan dampak pemakaian alat ortodontik tersebut, seharusnya ditekankan pentingnya plak kontrol, juga harus dipertimbangkan tekanan yang diberikan pada jaringan periodontal. 

 

Introduction. Fixed orthodontic appliances is widely used, not only for treatment dental malacclusion, but also for aestetically. But many patient complain of gingival inflamation, severe periodontitis, event to luxation tooth. The aim of this review. Was to know the side effects of orthodontic appliances for periodontal healthy. Which was evaluated the effect of orthodontic appliances could increased the number of plaque retention, irritation of use appliances and also the pressure of this orthodontic appliances on periodontal tissues. The conclusion. To minimize the side effect of using orthodontic appliances, beside instruction for controle plaque, also consider the pressure exerted for periodontal tissues.


Keywords


alat ortodontik; jaringan periodontal; pertimbangan perawatan; orthodontic appliance; periodontal tissue; treatment consideration

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/majkedgiind.15547

Article Metrics

Abstract views : 8645 | views : 25780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Majalah Kedokteran Gigi Indonesia




Currently, Majalah Kedokteran Gigi Indonesia indexed by:

        

 

 

 

 

 

 View My Stats


real
time web analytics