Rekayasa Konsentrat Bekatul dengan Tepung Jantung Pisang Dapat Meningkatkan Berat Badan dan Menurunkan Kadar Kolesterol Kambing

https://doi.org/10.22146/jsv.26492

Dina Deviana(1*), Nur Prabowo Dwi Cahyo(2), Dwi Retna Kumalaningrum(3), Widya Ayu Kusuma(4), Fahlevi Lailiyah(5), Muhammad Thohawi Elziyad Purnama(6)

(1) Laboratory of Veterinary Anatomy, Universitas Airlangga, Surabaya
(2) Laboratory of Veterinary Histology, Universitas Airlangga, Surabaya
(3) Wet Laboratory, Surabaya
(4) Laboratory of Veterinary Pathology, Universitas Airlangga, Surabaya
(5) Laboratory of Veterinary Pathology, Universitas Airlangga, Surabaya
(6) Department of Veterinary Anatomy, Universitas Airlangga, Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan: tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol pada kambing.

 

Metode Penelitian: metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pemberian feed additive pakan konsentrat bekatul dengan tepung jantung pisang menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian ini menggunakan 5 perlakuan dengan 4 pengulangan, jumlah hewan coba yaitu kambing 20 ekor. Kambing yang kita gunakan berjenis kelamin jantan dengan umur 1,5 tahun. Pengumpulan data diambil dari peningkatan berat badan dan kadar kolesterol kambing.

 

Hasil: pemberian feed additive konsentrat bekatul dengan tepung jantung pisang dapat meningkatkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol pada kambing. Nilai keberhasilan dengan skala P<0.05, menunjukan adanya perbedaan nyata pada tiap perlakuan yang dilakukan. Perlakuan terbaik yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pada P2 dengan kenaikan berat badan 2,95 ons/hari dan kadar kolesterol dalam dua minggu turun sebanyak 87,75.

 

Kesimpulan: pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada tiap perlakuan memiliki perbedaan nyata untuk kenaikan berat badan dan penurunan kadar kolesterol kambing. Dapat disimpulkan juga bahwa penambahan pakan konsentrat bekatul dan tepung jantung pisang dapat meningkatkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol pada kambing.


Keywords


kambing, konsentrat, jantung pisang, berat badan, FCR, rendah kolesterol

Full Text:

PDF


References

Advena, Diandra, Sri Mulyani dan Fridarti. 2014. Fermentasi Batang Pisang Menggunakan Probiotik dan Lama Inkubasi Berbeda Terhadap Perubahan Kandungan Bahan Kering, Protein Kasar dan Serat Kasar. Padang: Fakultas Pertanian Universitas Tanan siswa.

Al-Arif, M. anam, Tri Nurhajati, Romziah Sidik, Mirni Lamid, Herman Setyono, dan Widya P Lokapirnasari. 2015. Teknologi Pakan Hewan. Surabaya: PT. REVKA PETRA MEDIA

Antonius dan S.P. Ginting. 2011. Pengaruh Pemberian Feed Suplemen Viterna Plus Terhadap Pertumbuhan Kambing Boerka yang Diberi Indigofera sp. As basal Diet. Sumatra Utara: Seminar Nasional teknologi Peternakan dan Veteriner.

Ariantya, Florentia Shella. 2016. Kualitas Cookies dengan Kombinasi Tepung Terigu, Pati Batang Aren (Arenga pinnata) dan Tepung Jantung Pisang (Musa Paradisiaca). Yogyakarta: Fakultas Teknobiologi Universitas Atmajaya.

Dinas Peternakan Kabupaten Banyuwangi (2016). Potensi Peternakan di Banyuwangi tahun 2016. Banyuwangi. disnak.banyuwangikab.go.id

Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur (2015). Statistik Popolasi Ternak Kabupaten Jawa Timur tahun 2015. Surabaya.

Kumar, K.P. Sempath, Debjit Bhowmik, S. Duraivel, dan M. Umadevi. 2012. Journal Of Pharmacognosy and Phytochemistry. India: IC JOURNAL ASSN. Vol. 1, No. 3

Kusriningrum. 2012. Perancangan Percobaan. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair (AUP).

Lamid, Mirni, Tri Nurhajati dan Retno Sri Wahyuni. 2014. Potensi Konsentrat untuk Penggemukan Sapi Potong di Kelompok Ternak Harapan Mulya dan Kelompok Tani Ternak Jaya Mulya di Kabupaten Bangkalan-Madura. Surabaya: AGROVETERINER. Vol. 3, No. 1.

Mamuaja, Christine. F., dan Yuannita Aida. 2014. Karakteristik Gizi Abon Jantung Pisang (Musa p.) Dengan Penambahan Ikan Layang. Manado : Universitas Sam Ratulangi.

Munir, Ivan Mambaul dan kardiyanto E. 2015. Peningkatan Bobot Badan Domba Lokal Di Provinsi Banten Melaui Penambahan Dedak Dan Rumput. Banten: Nalai Pengkajian Teknologi Pertanian Banten.

Namita. 2015. Amaging Health Benefits Of Banana Flowers. Article Ilmiah Of STYLECRAZE. www.stylecraze.com. Diakses pada pukul 21.30 WIB, 27 April 2017.

Saputro, Thomas. 2015. Dedak Padi Untuk Pakan Ternak. www.ilmuternak.com. Diakses pada pukul 11.49, 16 September 2016.

Susanti, Sri dan Eko Marhaeniyanto. 2007. Kecernaan, Retensi Nitrogen dan Hubungannya dengan Produksi Susu Pada Sapi Peranakan Frisian Holstein (PFH) yang Diberi Pakan Pollard dan Bekatul. Malang: Fakultas Peternakan Universitas Tribhuwana Tunggadewi. ol. 15, No. 2.

Tekha, Kalmud Nia, Erwin Akas dan Rudi Kartika. 2015. Uji Toksisitas Ekstrak Kelopak Jantung Pisang Kepok (Musa paradisiaca linn) dengan Metode Shrimp Lethality Test. Samarinda: Jurnal Kimia FMIPA Universitas Mulawarman. Vol. 13 No. 1.

Wulandari, Mita dan Erma Handarsari. 2010. Pengaruh Penambahan Bekatul Terhadap Kadar Protein dan Sifat Organoleptik Biskuit. Semarang: Jurnal Pangan dan Gizi.Vol. 01, No. 02.

Rahly, Fawwa. Kualitas Susu Dan Kadar Kolesterol Darah Kambing Sapera Yang Disuplementasi Senyawa Fenol Dari Kulit Bawang Putih (Allium sativum). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sigit, Setiawati, Kadek Rachmawati, dan Bimo Aksono HP. 2013. Biokimia Veeriner I. Surabaya: Pusat Penerbitan Dan Percetakan Unair (AUP).

Putri, AR, DS Wisnu Cahyadi, dan D Ina Siti Nurminabari. 2016. Karakteristik Dendeng Jantung Pisang Kepok
(Musa paradisiaca) Dengan Penambahan Ikan Patin (Pangasius sp) dan Ampas Tahu.
Bandung: Repository Universitas Of Journal Universitas Pasundan.

Ekananda AR, Narita. 2015. Bay Leaf In Dyslipidemia Therapy. Bandarlampung: Faculty Of Medicine Lampung University.



DOI: https://doi.org/10.22146/jsv.26492

Article Metrics

Abstract views : 9227 | views : 2835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Sain Veteriner

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sain Veteriner Indexed by

    CrossrefROADCOREProduct DetailsDESKRIPSI GAMBAR


Copyright of JSV (Jurnal Sain Veteriner) ISSN 0126-0421 (print), ISSN 2407-3733 (online).

Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Gadjah Mada

Jl. Fauna No.2, Karangmalang, Yogyakarta

Phone: 0274-560862

Fax: 0274-560861

Email: jsv_fkh@ugm.ac.id

HP. 0895363078367

Jurnal Sain Veteriner is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

free
web stats View My Stats