How Smart Can We Go? The Quality of Campaign Information in the 2009 Presidential Election

https://doi.org/10.22146/jsp.10928

Kuskridho Ambardi(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi informasi politik yang disajikan Harian Kompas dan Mingguan Tempo selama periode kampanye Pemilihan Presiden 2009. Sejauh mana informasi politik tersebut bisa membantu pemilih untuk membuat keputusan secara rasional? Temuan pokok penelitian ini menunjukkan bahwa dari segi kuantitas, hanya sedikit berita kampanye yang memuat isu kebijakan yang ditawarkan para kandidat presiden. Dari jumlah yang sedikit ini, isu kebijakan yang disentuh oleh kandidat presiden pun rendah kualitasnya. Tidak ada proposal kebijakan yang didasarkan pada data memadai, yang ditopang dengan justifikasi yang meyakinkan, dan disertai cara pencapaian tujuan. Berita-berita tentang kampanye ini tidak cukup untuk membantu pemilih untuk memilih secara rasional. Namun rendahnya kualitas informasi politik itu lebih bersumber pada kandidat, bukan pada medianya.

Keywords


campaign; presidential election; mass media; strategy; voters behavior; kampanye; pemilu presiden; media massa; strategi; perilaku pemilih

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jsp.10928

Article Metrics

Abstract views : 399 | views : 442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik



  Information:

     Call for Paper 2019

    Read

    

    



  View My Stats